Written by 2:57 pm Tips Motor

Apakah Bahaya Bensin Premium diCampur dengan Pertamax..?

Modifikasi.co.id – Harga bensin premium yang ada di indonesia ini semakin hari semakin naik dan mahal. Walaupun dulu harga bensin pernah sempat turun tapi sekarang ini kembali naik lagi karena ekonomi yang ada di indonesia masih kurang optimal dan tentunya beragai faktor juga.

Bagi pengendara sepeda motor harga bahan bakar minyak (BBM) khususnya untuk bensin (premium) sangat memberatkan apa lagi seorang mahasiswa hehe 😀 dari pengalaman kadang rela jalan kaki karena memang harga bensin sekarang ini lebih mahal :(.

Ada yang berpendapat bahwa menggunakan pertamax lebih irit dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar bensin (premium). karena ditunjukan dengan nilai oktan yang lebih tinggi sehinga hasil pembakaran pada motor menjadi lebih sempurna.

Permasalahanya adalah apakah bahaya jika mencampurkan bahan bakar bensin dengan pertamax tujuanya tidak lain agar lebih hemat . Pertamax memiliki nilai oktak yang tinggi (pembakaran di dalam mesin menjadi lebih sempurna ) lalu di oplos dengan bensin ) …?

Menurut beberapa sumber ada yang mengatakan tidak berbahaya asal cara yang dilakukannya benar, untuk lebih jelasnya mungkin anda bisa melihat ulasan dibawah ini :

Sebenarnya tidak ada masalah jika anda mencampurkan bensin dengan pertamax saat digunakan untuk kendaraan motor anda karena sama sama bahan bakar yang berasal dari satu jenis. namun untuk bahan bakar pertamax telah di berikan zat yang dapat membersihkan urang bakar di dalam mesin dan proses pembakaran tentunya lebih sempurna , bersih dan lebih baik.

Hanya saja jika anda mencampurkan bensin ke pertamax maka efek yang ditimbulkan yaitu keunggulan dari bahan bakar pertamax menjadi menurun ,namun masih tetep baik dari pada bensin .  Hal ini dikarenakan setelah proses pencampuran tersebut yaitu bensin dengan pertamax nilai kotan jadi meningkat, premium dengan nilai oktan 88 dan pertamax dengan nilai oktan 92 ,jika di campurkan maka akan menghasilkan bahan bakar dengan nilai oktan sekitar 90. Sedangkan apa bila anda mencampur bensin dengan pertamax plus dengan oktan 95 maka hasil campuran tersebut akan memiliki nilai oktan sekitar 91,5

Selama anda hanya melakukan pencampuran bensin (premium murni) dan juga pertamax murni dari pom bensin menurut dari berbagai sumber tidak masalah. namun jika anda menambahkan zat atau cairan menghemat bbm malah bisa menjadi masalah. sebaiknya anda tidak perlu menggunakan zat seperti penghemat bbm , anda cukup mencampurkannya saja itu sudah cukup . Usahakan untuk mencari SPBU yang terpercaya di kota anda tinggal, karena menurut beberapa sumber ada yang mengatakan bahwa SPBU ada yang curang yaitu dengan menambahkan beberapa zat lain ke dalam BBM yang mereka jual.

Selain itu juga saya pernah mempunyai pengalaman yaitu mencampur bensin dan pertamax pada mobil honda beat , alhasil sampai sekarang tidak mengalami masalah apapun. Sebenarnya pengen terus dan konsisten menggunakan pertamax tapi berhubung mahal ya kadang kadang menggunakan pertamax hehe 😀

Demikian informasi yang membahas mengenai Mencampur Bensin Premium Dengan Pertamax Apakah Bahaya,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui facebook ,twitter dan google +

(Visited 36 times, 1 visits today)
Tags: , , , , , , Last modified: Sep 7, 2015