Written by 1:11 am Tips Mobil

4 Tips Belajar Mengemudi/Menyetir Mobil Yang Aman dan Nyaman

Modifikasi.co.id – Mengendarai mobil memang membutuhkan yang namanya perjuangan dan selalu menghargai setiap proses yang kita lakukan ,karena belajar menyetir mobil bukan satu dua hari langsung bisa melainkan rutinitas dan kebiasaan yang harus dilakukan agar kita mengenal dan menghapal cara mengoperasikan mobil.

Dalam menyetir mobil tentunya kita harus memenuhi syarat terlebih dahulu misalnya umur kita sudah 17 tahun keatas ,jika sudah berumur 18 atau 19 tahun keatas maka sudah saatnya anda membuat surat izin mengemudi atau singkatan dari SIM. Tentunya harus mempunyai KTP terlebih dahulu ,banyak sekali manfaat dari pembuatan SIM tersebut diantaranya anda bisa berpergiaan menggunaan mobil sendiri (pribadi) , mengatar ibu berbelanja hingga aman dari razia polisi ,dan manfaat lainya tentunya anda akan mendapatkan pengalaman baru selama di jalan saat berkendara menggunakan mobil .

Saat anda sudah bisa menyetir mobil dan  sudah pertama kalinya anda berhasil mendaftar SIM pasti umumnya akan ugal ugalan di jalan raya dalam berkendara, hal ini wajar saja karena memang umumnya anda sangat senang mendapatkan SIM dan ingin mengexplore kemampuan berkendara kamu di jalan yang besar, tetapi sebelum anda memutuskan berkendara di jalan anda harus memahami terlebih dahulu apakah saya sudah mempunyai pemahaman yang cukup untuk mengendarai mobil agar tidak membahayakan pengedara yang lain ,itu sebabnya SIM diperoleh saat anda sudah memasuki usia 17 tahun, karena dalam usia tersebut diperkirakan anda sudah bisa mengendalikan emosi dalam mengendarai mobil.

Tips Belajar Menyetir/mengemudi Mobil

Berikut ini ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar bisa menyetir mobil dengan aman , nyaman dan seru.

  1. Pahami Teori Mengemudi/Menyetir
    Saat anda ingin belajar mengemudi dengan baik ,benar dan aman ,anda harus memahami yang namanya dasar mengemudi mobil yaitu bukan hanya bisa menyetir mobil saja tapi banyak faktor diantaranya anda harus bisa menjaga sikap saat berkendara,mengerti pengetahuan dasar yang bisa di dapatkan dari les atau minta ajarkan orang yang sudah berpengalaman. Teori mengemudi ini bisa anda dapatkan dari orang yang sudah berpengalaman dalam mengemudikan mobil. Perhatikan juga kebiasaan buruk anda ,usahakan untuk menghindari  menggunakan hp saat menyetir mobil pertama kalinya anda berkendara ,karena apabila sudah terbiasa maka bisa berbahaya saat anda berada di jalan,selain itu jika anda mengantuk lebih baik anda beristirahat jangan di paksakan untuk belajar menyetir mobil.
  2. Jangan langsung di Jalan Raya
    Saat anda belum mengusai betul dasar menyetir mobil misalnya (menginjak pedal gas, menginjak kopling, menyetir mobil,mengatur gigi persneling dan hal hal teknis lainya yang berhubungan dengan menyetir mobil) maka jangan langsung ke jalan raya tapi kuasai terlebih dahulu jalan yang ada di tempat anda tinggal , anda bisa latihan terus menerus di lapangan yang besar untuk memahami (feeling) mobil anda .atau bisa juga di jalan komplek2 yang ada di tempat anda.
    Pilihlah rute perjalanan yang tidak terlalu sulit dilalui misalnya jangan terlalu memilih jalan yang sempit, banyak belokan , jika anda sudah mahir mengemudi tidak masalah tapi jika masih belum mengusai  kan nanti jadi repot. Jika anda sudah bisa secara keseluruhan ujilah mental anda untuk mengendarai  mobil di jalan raya
  3. Jangan Marah Saat di kritik
    Kritikan dan saran dari teman,keluarga, sahabat adalah untuk melihat anda bisa menyetir mobil , saran tersebut bertujuan agar anda tidak sembarangan dalam menyetir mobil, ugal ugalan , zig zag dan lain sabagainya. Anda harus menerima dengan ikhlas apa bila ada masukan , kritikan atau saran ,jadikan semua hal tersebut adalah pelajaran. Anda jangan cepat marah terhadap kritikan yang membuat emosi naik, tapi tetep ikhlas dan mengerti dari kritikan tersebut pasti ada yang salah terhadap diri anda.
  4. Membuat Jadwal dan Aturan Sendiri
    Jika anda ingin bisa dan cepat menyetir mobil maka buatlah jadwal dan aturan untuk diri anda sendiri hal ini bertujuan agar anda lebih cepet kejar target untuk bisa mengemudi mobil di jalan. Misalnya anda bisa mengatur jadwal dengan orang yang mengajarkan menyetir mobil kepada anda kemudian bisa di tulis dijadwal dan mempersiapkan segala sesuatunya. Dengan begitu akan lebih cepat dapat belajar mengemudi dan yang pasti adalah menghilangkan kebiasaan MALAS,

Bagaimana dengan tips menyetir mobil diatas,semoga bermanfaat terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

(Visited 49 times, 1 visits today)
Tags: , , , , , , , Last modified: Sep 9, 2015