1 Tahun Pengalaman Bersama Yamaha New Vixion Lightning

Modifikasi.co.id – Motor yamaha memang memiliki produk produk yang menurutku sangat mantab šŸ˜€ Mantab disini dalam arti luas ,desain yang sporty, engine yang menggunakan teknologi terbaru. Alasan saya membeli motor vixion pada tahun 2014 dulu yaitu karena ngikutin trend #ehh Maksudnya kebanyakan teman teman didesaku banyak membeli motor New Vixion, niatnya dulu bukan membeli si sichan ini tapi KLX 150 ,Ya motor idaman saya dulu adalah motor trail ,berhubung kena racun dari kanan kiri belok deh šŸ™

Motor vixion ini sampai dirumah saya kurang lebih sekitar pada tahun 2014 bulannya agak lupa šŸ˜€ tapi tercantum kok di STNKSTNK Vixion

Motor yang dibeli dengan sistem kredit dengan DPĀ sekitar 10.000.000 dengan lama proses pembayaran 11 Bulan , / bulannya (kota baturaja, palembang) saya mengeluarkan uang sekitar Rp. 1.723.500. Saya Kredit melaluiĀ Jasa Oto FinanceĀ 

Kredit Motor VixoinBuat pemula yang ingin membeli motor saya sarankan jangan kredit , kenapa ..? ya kredit hanya menambah masalah dan beban hidup , kecuali anda mempunyai penghasilan tetap . Saya membeli motor tersebut dari bekerja menjadi PNS (Pencari Nafkah Serabutan ) jadi hasilnya gak pasti šŸ™ ,kadang dapat banyak , kadang sedikit, kadang cukup.

Hasil dari menjadi penulis di beberapa blog, jualan Jasa , dan sebagainya yang ane kumpulkan selama 2 tahun , akhirnya bisa membeli motor tersebut. Saat Lunas rasanya “MERDEKA”. Beban hidup bener bener hilang , jadi sudah gak stress lagi hehe , jadi sekarang saya kapok kredit kredit gituan .. :'( #cuman sharing pengalaman aja.

Kesan Pertama

Kesan pertama saat membawa pulang motor dari dealer rasanya gurih , mantab , nyoss,bahagia dan sabagainya , habis itu mumet :v . Selamat perjalanan saat menaiki si sinchan ini saya tidak menjadi menyesal , selera tinggi racing look sudah numpuk dihati,desain motor yang bener bener sporty ,bagian jok belakang yang terlihat meruncing yang bener bener well.

Lha perasaan biasa aja ,gak terlalu bagus-bagus banget tuh motor vixion ,dijalan juga saya sering lihat..? ya mas bro memang gak terasa kalau gak punya sendiri , tapi jika melihat secara ekslusif dan kepunyaan sendiri itu rasanya beda,intinya ada rasa kepuasaan tersendiri. Saat digunakan selama perjalanan sampai rumah yang memakan waktu 1 jam motor ini stabil ,handling enak , mesin halus ,gigi persneling juga gak keras, motor tersebut saya bawa kecepatan hingga 40 km/jam sampai 90an km/ jam. (kondisi baru)

Sampai dirumah saya langsung check bagian dasboard motor, fitur unggulan sudah menggunakan speedometer digital,swich pasbeam, engine kill, Motor ini mempunyai power sampaiĀ 11,1 kW / 8500 rpm untuk lebih lengkapnya bisa lihat spesifikasinya dibawah ini :

Spesifikasi Yamaha New Vixoin Lightning.

Mesin
Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC ā€“ Fuel Injection, Berpendingin Cairan
Jumlah/Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 149,8 cc
Diameter x Langkah : 57,0 x 58,7 mm
PerbandinganKompresi : 10,40 :1
Daya Maksimum : 11,1 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum : 13,1 Nm / 7500 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter
Sistim Suplai BBM : Fuel Injection
Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi : 1 ā€“ N ā€“ 2 ā€“ 3 ā€“ 4 ā€“ 5
Rangka
Tipe Rangka : Pressed Backbone (Deltabox)
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross
Ban Depan : 90/80ā€“17M/C 46P
Ban Belakang : 120/70ā€“17M/C 58P
Rem Depan : Cakram Hidrolik, Piston Ganda
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
Kelistrikan
Sistem Pengapian : T.C.I. / Transistorized Coil Ignition (Digital)
Battery : YTZ4V/GTZ4V Mf (Battery 3Ah)
Busi : CR8E (NGK) / U24ESR-N (DENSO)
Dimensi
P x L x T : 2.010 m x 705 mm x 1.030 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.300 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 165 mm
Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
Berat Isi : 129 kg
Kapasitas Tangki Bensin : 12 Liter

Performance

Selama setahun ini saya sudah test motor ini dan menyimpulkan dari segi performance motor ini bener bener joss gandoss. Mesin motor yang halus dan akselerasi linear hinggaĀ  8500 rpm. Daya maksimumĀ 11,1 kW / 8500 rpm dan untuk torsinyaĀ 13,1 Nm / 7500 rpm. Top speed motor vixion ini pernah saya test mentok di 120 Km/Jam rpm jalan lurus Untuk naik ke 100 keatas motor ini terbilang agak lambatĀ danĀ lama.

Handling

Handling adalah cara penggambaran dari cara berkendaraan ,maksudnya adalah saat menaiki motor ini ketika di jalankan. Dengan laju kecepatan yang tinggi atau pelan , untuk cornering (menikung) motor iniĀ bener bener nyaman stabilitasnya. Motor yang satu ini yang paling saya suka,khas yamaha ,selain itu motor ini nurut sama kemanapun badan kita mengarah, perpaduan shock yang sudah menggunakan monocross membuat lebih nyaman lagi selain ban motor yang sudah mempunyai tapak lebar membuat lebih sangat nyaman untuk digunakan cornering. Ā Kurang lebih itulah yang saya rasakan bersama si sinchan selamat 1 tahun ini šŸ˜€

Modifikasi

Untuk soal modifikasi motor yamaha vixion saya rencananya pengen tak modif ala R125 seperti pada postingan sebelumnyaĀ Modifikasi Yamaha Vixion Menjadi Sport YZF R125 Ala AE Custom.

Modifikasi New Vixion Menjadi YZF R125

Untuk sementara saya hanya memodifikasi bagian sayap atau fairing yang saya beli di bengkel aap motor jogja .

New Yamaha Vixion Lightning

New Yamaha Vixion Lightning

Model yang ingin saya terapkan pada vixion diatas yaitu racing look makanya saya lebih suka desainĀ R125.Ā Untuk Sementara saya hanya memodifikasi :

  • Mengganti Undertail (Masih NabungĀ )
  • Meninggikan shock belakangĀ (Selesai )
  • Ceper Shock DepanĀ (Selesai)
  • Stang SegitigaĀ (Masih NabungĀ )
  • Footstep Underbone NUIĀ (Masih NabungĀ )
  • Velg 4,5 inci (bagian belakang ) 3 inci (bagian depan)Ā (Masih NabungĀ )
  • Menambah Fairing Ninja 250 FI (Selesai)
  • Ganti Spakbor depan Ninja 250 FIĀ (Masih NabungĀ )

Keluhan

Tidak ada produk motor yang bener bener sempurna , ya namanya juga buatan manusia hehe , Keluhan yang saya rasakan selama 1 tahun bersama vixion ini diantaranya sebagai berikut ini :

  • Mesin motor cepet panas apa lagi kondisi macet, kipas radiator sering hidup (padahal perjalanan gak macet macet banget) jarak yang ditempuh juga tidak terlalu jauh,penggunaan karakter bermotor saya normal , gak tak geber geber.
  • Oli yang pernah saya gunakan adalah Enduro, yamalube, rencana pengen jajal Shell AX7 sama Motul 5100 bisa baca diĀ Review Oli Motor Enduro 4T SAE 10W-40 di New Vixion Lightning
  • Dudukan plat nomor ada dikepala vixion seperti orang di kompres (kurang kece ) cara mengatasinya bisa membelikan dudukan (braket) yang dipasang dibawah headlamp
  • Desain spakbor yang terlalu besar dan panjang khususnya pada bagian belakang.
  • Rantai Motor yang cenderung cepat kendor ,mungkin dikarenakan menarik beban ban motor yang terlalu besar dan berat.

Kesan Kesan

Setiap teknologi yang diciptakan pasti sebagai penyempurnaan dari teknologi sebelumnya ,sebagai rider yang sebelumnya menggunakan motor berpenyuplai bahan bakar karburator, motor vixion ini sudah mantab , kemudahan perawatan karena sudah menggunakan injeksi yang semuanya di control dan diatur dengan elektronik yang dinamakan ECU sehingga melakukan penyettingan dan juga pemeriksaan lebih akurat dan praktis.

Motor vixion ini juga untuk memanasi mesin tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, cukup 30 detik sudah ok , tidak ada suara mrebet saat motor masih keadaan dingin , tinggal gas motor sudah bisa jalan.

Last , New vixion Lightning memang mantab, well tenan .Selama menggunakan motor vixion ini belum ada keluhan, keluhan hanya di kipas radiator yang sering hidup :D. Bagaimana dengan pengalaman anda ..! Monggo coret coret dikotak komentar dibawah ini

Demikian informasi yang membahas mengenaiĀ Pengalaman Bersama Yamaha New Vixion Lightning,terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa like share dan comment šŸ˜€

1 Tahun Pengalaman Bersama Yamaha New Vixion Lightning | sutopo | 4.5

Leave a Reply