Ini Dia 4 Fungsi Tutup Tangki Bahan Bakar

Modifikasi.co.id – Tutup tanki motor atau bahasa kerenya orang menyebut dengan istilah fuel tank cap. Jika anda amati pada setiap motor pasti hampir semua motor dibekali dengan yang namanya tutup tanki bahan bakar, kalau gak di bekali tentunya bahan bakar akan cepat habis (menguap). Fuel Tank Cap yang ada pada motor secara garis besar mempunyai fungsi sebagai penutup ruang bahan bakar atau tangki BBM, sepintas memang terlihat cukup sederhana tapi jika mengenal lebih dekat dengan tutup tangki jelas bisa mendukung kelancaran dalam berkendara dan juga memiliki dukungan penampilan yang lebih sporty . Yuk kita bahas lebih dalam mengenai fungsi dari tutup tanki bahan bakar tersebut.

Bagian tutup tangki biasanya terdapat beberapa komponen pendukung seperti karet tutup tangki, kemudian ada juga per tutup tangki , lubang ventilasi dan juga bagian kunci buka tutup tangki bahan bakar. berikut ini untuk penjelasan detailnya.

  1. Karet Tutup Tangki
    Komponen yang satu ini letaknya adalah dibagian tepat dibawah lingkaran bibir tutup tangki yang fungsinya sebagai penyekat lubang tutup tangki dan bahan bakar agar tidak terjadi kebocoran ,jika bocor tentunya bensin akan habis dan merugikan. selian itu juga sebagai pelindung agar tidak menyebabkan merusak cat. Karet tutup tangki juga bisa menghindari air masuk ke dalam lubang tangki bahan bakar agar tidak masuk ke ruang pembakaran.
  2. Per tutup Tangki
    Komponen tutup tangki ini memiliki fungsi yaitu untuk menekan lingkar penutup tangki ke bibir lubang tangki agar karet tutup tangki tersebut bisa bekerja secara maksimal dalam menyekatkan bahan bakar minyak dan mulut tangki bahan bakar.
  3. Lubang Ventilasi
    Komponen yang satu ini hampir setiap motor dibekali , lubang ventilasi ini memiliki fungsi agar tidak terjadi penyumbatan yang menyebabkan terjadinya kevakuman tekanan udara dalam tangki dan juga dapat menyumbat aliran bahan bakar menuju karburator atau injektor.
  4. Kunci Tutup Tangki
    Komponen tutup tangki yang satu ini juga memiliki fungsi penting yang bertujuan untuk mengunci atau mengamankan tutup tangki agar tidak mudah terbuka atau terlepas (didukung dengan per tutup tangki) dan juga dapat mengamankan dari tangan tangan yang jahil (misalnya penyedotan bensin dan sebagainya.)

Kesimpulan
Setiap komponen pada motor pasti memiliki peran masing masing ,fungsinya juga tak kalah penting, pastikan bahwa anda mengisi bensin yang murni (dari SPBU/POM) agar motor anda awet dan bisa digunakan. Anda juga harus merawat part tersbut agar tidak karatan. Monggo dikunyah kunyah dulu :3

Demikian informasi yang membahas mengenai 4 Fungsi Tutup Tangki Bahan Bakar.semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk share like dan comment ^_^

(Visited 1 times, 1 visits today)
sutopo

Seorang Blogger biasa yang suka banget dengan dunia otomotif , mulai dari motor drag ,modifikasi motor dll . Keseharian hanya menulis di website pribadi dan situs besar lainya. Yang Pengen Kenalan Monggo Invite PIN BBMku 5715885A

Artikel Terkait

Leave a Comment