Written by 8:24 pm Motor, Tips Motor

3 Tips Cara Mudah Merawat Leher Knalpot Agar Tidak Menguning

Modifikasi.co.id – Knalpot adalah salah satu komponen terpenting dalam motor, tidak ada komponen ini maka motor dalam mengeluarkan pembakaran tidak akan menjadi maksimal.Sering kita temui di bengkel bengkel knalpot yang berkarat atau keropos biasanya hal tersebut di karena terkenal hujan dan kotoran,sebenarnya tidak masalah dalam mesin tapi hal tersebut tentunya merusak keindahan penampilan motor menjadi terlihat lebih kusam.

Memasuki Musim hujan apa lagi daerah yang rawan banget sama banjir (wilayah jakarta) nek jogja jarang hujan hehe. Mungkin hampir setiap hari motor kita sering melewati genangan air motor yang cukup tinggi dan mungkin setiap hari juga kita telah di sibukan memandikan motor ke sayangan kita agar tidak karatan dan lain sebagainya. Biasanya Motor yang setiap harinya terkena air hujan di tambah kotoran kotoran akan menyebabkan leher knalpot menjadi warna kuning kecoklatan.Untuk Motor Vixion atau untuk motor laki laki biasanya sangat rawan sekali terkena karat pada bagian leher knalpot. Untuk mengatasi hal tersebut dibawah ini saya ingin sharing informasi mengenai tips cara merawat knalpot motor yang bisa anda coba dirumah.

Cara merawat knalpot agar tidak karatan

Perawatan Knalpot Motor

1. Berikan oli kedalam lubang knalpot.
Untuk Tips yang pertama anda bisa memberikan oli kedalam lubang knalpot pada kondisi knapot panas karena akan menguapkan oli yang masuk dan menempel pada dinding dalam silender.Hal tersebut akan menjadikan dinding dalam silenser basah dan karat tidak akan muncul kembali karena tidak bersentuhan langsung dengan udara. Anda bisa berikan oli secukupnya saja ,untuk ukuran kurang lebih sekitar 50ml. Oiya, selain itu glaswool tidak akan mudah kering.

2. Pastikan dranase tidak buntu.

Sebuah knalpot umumnya tapi memiliki lubang yang disebut dengan drainase , apakah itu…? drainase ini mempunyai fungsi yaitu untuk membuang air yang masuk ke dalam silenser agar tidak tergenang . Umumnya biasanya letaknya berada dibagian bawah ujung silenser yang dekat dengan pipa leher knalpot, anda bisa lihat seperti gambar dibawah ini :

Lubang drainase

 

sumber images :http://masdaniblog.com/

Untuk cara melakukan ceknya pun cukup mudah ,anda bisa masukan lidi (yang berasal dari daun pohon kelapa yang digunakan untuk membuat sapu). Jika saat anda memasukan tidak ada yang menghalangi itu artinya tidak ada kebuntuan.

3. Siram Air /Cuci Motor setelah terkena air hujan.
Musim hujan adalah lingkungan yang subur yang membuat karat bertumbuh pada besi besi , apalagi jika motor anda berada di daerah pantai .Udara/air hujan yang mengandung karat dan bersentuhan langsung dengan logam tanpa pelapis seperti cat atau krom akan dengan sangat cepat membuat motor anda tumbuh karat. Nah untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukan dengan mengguyur knalpot anda dengan menggunakan air bersih agar karat tidak tumbuh ketika habis terkena hujan. Lokasi yang paling sering terkena adalah bagian leher knalpot , karena cipratan air yang menempel dapat merusak cat dan leher knalpot dimana daerah tersebut adalah daerah yang berubah suhunya secara extrim karena posisi yang letaknya dekat dengan ruang bakar.

Nah ada tambahan dari mas ari sendiri tadi juga saya sempat baca2 di blognya katanya kuranng lebih seperti berikut ini :

Untuk menjaga knalpot bawaan motor memiliki  penampilan yang bagus dan awet kang ari sarankan agar setelah kena air hujan knalpot motor mu  langsung di cuci atau di siram air menggunakan air bersih,kenapa hal tersebut harus di lakukan ,tujuanya adalah agar kandungan garam yang di bawa oleh air hujan luntur,terutama setelah kita jalan  jalan atau touring di daerah pelabuhan atau pantai.

Nah bagaimana ..? Cukup mudah bukan bagaimana cara perawatan knalpot motor,anda bisa melihat informasi lainya mengena tips motor di kategori  https://www.modifikasi.co.id/tips-motor/

Demikian informasi yang membahas mengenai 3 Tips Cara Mudah Merawat Leher Knalpot Motor,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jika artikel diatas dirasa bermanfaat anda bisa bagikan melalui facebook,twitter dan google +

(Visited 289 times, 1 visits today)
Tags: , , , , , Last modified: Apr 3, 2015