Written by 3:59 am Motor, Tips Motor

Tips Ampuh Cara Merawat Aki / Accu Motor Agar Awet Tahan Lama

Modifikasi.co.id – Mungkin anda pernah mengalami hal berikut ini yaitu saat anda beraktifitas di pagi hari ,anda mengeluarkan motor dari parkiran kemudian memutar kontak motor #ehh  motor ngak mau di starter menggunakan tombol starter yang ada di dekat stang motor. Apa lagi Motor berjenis Matic pastinya anda merasa jengkel sangat bukan …!! ,masih mending jika motor anda masih bisa di engkol (kick starter) yaitu  menghidupkan motor melalui genjotan yang tersedia dibagian kanan. Sedangkan motornya menggunakan pengapian DC yang sumber pengapiannya dari aki tentunya motor anda mau di engkol sampai kaki mau putus pun tidak bakalan hidup karena pengapian sumbernya dari aki.

Aki Basah

Yang perlu anda ketahui untuk jenis aki itu terdapat 2 jenis diantara aki basah dan aki kering,dan umumpunya hampir semua motor jadul menggunakan aki berjenis basah . Untuk Aki basah sendiri membutuhkan perawatan extra ,karena apa bila aki basah tidak di lakukan check atau tidak dirawat maka akan mengakibat aki cepet soak .
Pada saat kita melakukan service di bengkel resmi biasanya makanik motor selalu melakukan pengecekan pada air aki dan kalau air aki berkurang maka mekanik tersebut langsung menambahkan air akinya. Bila mekanik motor tersebut lupa untuk melakukan checking aki anda jangan segan segan untuk bilang ke mekanik tersebut buat nambahkan air aki. Selain itu kita juga bisa melakukan checking aki sendiri untuk jadwalnya bisa setiap seminggu sekali ,untuk melihat masih atau sudah habis.Terus bagaimana caranya mengetahui apakah air aki masih atau habis.Anda bisa perhatikan gambar dibawah ini :

Aki motor basah

sumber gambar : http://otomotif-dhani.blogspot.com/

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas kalo posisi ketinggian air aki dibawah “lower” berarti air aki tersebut mesti anda tambah sampai maksimal batas “Upper” ,oya jangan berlebihan saat mengisi air aki kenapa…? nanti bisa banjir dan over chas yang menyebabkan aki menjadi soak. Kalau aki terawat dengan baik biasasnya umurnya awet bahkan bisa sampai 2 tahunan lebih .

Aki Kering

Yang Kedua adalah Aki Kering.Kebanyakan motor sekarang ini khususnya di tahun 2015 sudah banyak sekali motor yang sudah  menggunakan aki kering semuanya.Terutama Motor motor yang menggunakan sistem injeksi dan rata2 menggunakan aki kering kalau bahasa bengkel resminya namanya aki MF. Nah jika motor menggunakan aki kering terus bagaimana cara perawatanya…?
Untuk perawatan aki motor kering sebenarnya cukup mudah yang perlu anda lakukan adalah sesering mungkin untuk memanasi mesin sepeda motor ,terutama saat motor jarang atau tidak pernah dipakai,atau saat pagi sebelum aktivitas anda lakukan.Untuk memanasi motor jika motor anda bebek maka biasanya dengan mematikan kontak dulu kemudian anda engkol (kick starter )sekitar 5 kali , terus anda hidupkan kontak motor baru anda lakukan engkol (kick starter) lagi nah untuk jangka pemanasan motor kurang lebih anda melakukan selama 5-7 menit agar membuat aki motor lebih ready dan awet digunakan, selain itu kalau untuk motor matic sebenarnya sama saja untuk pemasan, yaitu mematikan kontak terlebih dahulu , anda engkol 5-6 kali , selanjutnya kontak motor dihidupkan lalu anda engkol kembali dan tunggu sampai 5-6 menit untuk pemasan motor. Setelah 5-6 menit anda bisa tarik tuas gan motor anda pelan pelan jangan langsung di geber hehe.

Bagaimana cukup mudah bukan ,untuk perawatan aki motor sendiri saya kira semua orang bisa melakukannya yang membedakan adalah antara rajin melakukan check aki motor dan yang malas melakukan check aki motor hehe.Untuk Cara bagaimana Mengisi Air Aki /Accu anda bisa klik link dibawah ini yang mungkin bisa menambah wawasan anda juga :

Jika ada punya saran untuk request artikel atau topik tertentu untuk di bahas lebih dalam  anda bisa buka halaman “Masukan Dan Usulan Postingan” nah di halaman tersebut anda bisa request saran dan kritikan postingan yang anda inginkan seperti apa.

Demikian informasi yang membahas mengenai Tips Ampuh Cara Merawat Aki / Accu Motor Agar Awet Tahan Lama,semoga tips diatas bermanfaat ,oya jika artikel diatas dirasa bermanfaat anda bisa bagikan melalui button sosial media dibawah ini seperti facebook,twitter dan google +

(Visited 34 times, 1 visits today)
Tags: , , , , , Last modified: Apr 4, 2015