Apa itu Ban Dual Compound..?

Posted on

Modifikasi.co.id – Masih tentang ban motor , di postingan sebelumnya saya pernah membahas artikel yang berhubungan dengan ban diantaranya anda bisa lihat dibawah ini:

Anda bisa baca dengan cara klik link diatas. ok melanjutkan artikel diatas. apa sih itu ban dual compound..?
Ban dual compound yaitu ban sepeda motor dengan dua material pada ban nya yang biasanya bisa dilihat dari bagian tengahnya yang memiliki bahan agak lebih keras dibandingkan dengan bagian sisi kiri atau kanannnya. Pada gambar dibawah ini hard compound ada bagian warna orange sedangkan untuk bagian soft compound adalah bagian yang berwarna kuning.

apa sih itu ban dual compound

Biasanya untuk ban ban tipe diatas (dual compound) banyak digunakan oleh para pembalap kelas motogp .

Informasi tambahan untuk pencipta ban diatas pertama kalinya adalah dari pabrikan bridgestone yang diciptakan untuk motor jalanan pada tahun 1988. Kemudian bridgestone menggunakan nama ” Battlax” sebagai ban yang diproduksinya khusus untuk produk ban motor. Oiya konon ban motor jenis “Ban dual compound” ini memiliki kemampuan yang lebih bagus dari pada ban pada umumnya..? kenapa…? hal ini tentunya disebabkan dari campuran kedua compound bahan diatas yaitu pada bagian tengah yang memiliki bagian yang lebih keras yang memang dibuat untuk diperuntukan untuk kecepatan akselerasi yang lebih bagus dan juga untuk pengereman. Sedangkan bagian sisi kanan dan kiri yang lebih lembek dari pada bagian tengah hal ini ditujukan agar lebih kuat dalam mengcengkram aspal saat ban tersebut digunakan cornering (menikung).

Ban motor diatas sangat cocok digunakan untuk anda yang suka balapan ,digunakan dijalan umum juga lebih bagus. Untuk perusahaan perusahaan yang memproduksi jenis ban diatas diantaranya ada Michelin dengan nama produknya yaitu Pilot Road ,Pilot Power. Sedangkan untuk battlax dengan produknya yaitu Hypersport yang terakhir perusahaan dunlop yang memproduksi ban diberi nama Roadsmart.

Selain yang saya sebutkan diatas ternyata masih ada lagi beberapa pabrikan lainya yang memproduksi ban jenis dual compound diantaranya Metzeler, Pirelli dan Avon. Untuk setiap produk dan merk ban dual compound memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang berbeda beda.

OK mungkin sampai disini dulu informasi yang bisa saya bagikan untuk anda .semoga bermanfaat.

Demikian informasi yang membahas mengenai Apa itu Ban Dual Compound,terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa untuk like share dan comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *