Kelebihan dan Kekurangan Motor 4 Tak dan 2 Tak Yang Harus Kamu Ketahui

Modifikasi.co.id – Berawal dulu dari saya mempunyai motor 2 tak dan juga pengalaman memakai motor 4 tak disini saya akan menjelaskan lebih mengenai perbedaan motor 2 tak dan 4 tak stroke yang mungkin selama ini anda cari cari. Pengalaman saya tersebut saya akan tulis dibawah ini berikut juga dengan penjelasan yang mudah di pahami. OK tanpa berlama lama anda bisa simak dibawah ini:

Awal Motor yang saya miliki  dulu ada motor yamaha sigma 2tak,untuk penampakanya anda bisa lihat dibawah ini , motor yang pertama kali dibeli oleh orang tua waktu tahun 2008 (kalau gak salah , lupa lupa ingat hehehe)

yamaha sigma 2t

 

sumber :http://s192.photobucket.com/user/nikosss69/media/sigma%20evolution/159.jpg.html

Dari situlah awal saya belajar  sepeda motor dan 2 minggu belajar langsung bisa hehe, keren to..! selanjutnya setelah merasa kalau ekonomi semakin naik bahwa motor 2 tak ini lumayan agak boros , double untuk menghabiskan uangnya lha piye harus beliin oli samping dan juga beliin bensin agar motor bisa jalan.  Akhirnya motor di jual dan waktu itu saya lagi khitanan, saya minta sama orang tua di beliin motor jupiter Z warna putih , untuk penampakanya kurang lebih sama pernah kayak gambar dibawah ini :

Motor Yamaha Jupiter Z

Sumber : coolrider69.wordpress.com

Nah itulah pengalaman saya dulu awal awal saya memiliki motor 2 tak dan 4 tak, selanjutnya disni saya akan sedikit menjelaskan mengenai perbedan motor 2 tak dan motor 4 tak yang mungkin masih menjadi topik yang membuat anda penasaran untuk mendalaminya.

Perbedaaan Motor 2 tak dan 4 Tak Stroke

Sebelum membahas perbedaan coba anda perhatikan terlebih dahulu pembakaran sistem motor 2 tak dan 4 tak dibawah ini :

Sistem Pembakaran 2 tak :

Karburator 2 tak

Untuk Motor 2 Tak = 2 langkah untuk 1 ledakan / pembakaran yang menghasilkan tenaga untuk mesin
(ekspansi+hisap >> buang+kompresi >> pembakaran >> kembali ke ekspansi+hisap)

Sistem Pembakaran 4 tak 

Karburator 4 tak

 

Sedangkan Motor 4 Tak = 4 langkah untuk 1 ledakan / pembakaran yang menghasilkan tenaga untuk mesin
(hisap >> kompresi >> pembakaran >> ekspansi >> buang >> kembali ke hisap)

Jadi bisa kita bayangkan dengan melihat gambar diatas , kalau motor  2 tak itu crankshaft / kruk as (poros yang menyalurkan tenaga pembakaran ke kopling kemudian transmisi) cukup muter 2 kali untuk 1 pembakaran, sedangkan untuk motor yang 4 tak yaitu harus 4 kali muter baru 1 pembakaran.

Oleh karena itu biasanya secara umum kalau motor yang menggunakan mesin 2 tak 100 cc hampir sama kemampuanya dengan motor 4 tak 200 cc ( dengan asumsi rasio kompresi dan gesekan sama )
Jika kita lihat dari efesiensi dan kompresi mesin motor 2 tak yang rendah. Maka semisal mesin motor 100 cc 2 tak cukup diimbangi kurang dari mesin 200 cc 4 tak (misal mesin motor 150 cc) karena efesiensi 4 tak lebih tinggi terkait rasio kompresi yang lebih tinggi dari motor 2 tak.

Untuk Tenaga sendiri motor 2 tak biasanya lebih besar dari pada motor 4 tak untuk mesin cc yang sama ,sebenarnya tenaga lebih besar karana harus dibayar dengan penggunaan bensin yang lumayan agak boros (karena efesiensi rendah, terkait rasio kompresi tadi) serta pemakaian oli samping untuk melumasi ruang bakar.

Beda lagi dengan motor 4 tak ,untuk pelumasan sendiri sudah tidak membutuhkan lagi oli samping dan efesiensi yang tinggi menyebabkan motor 4 tak lebih irit bahan bakarnya (untuk cc motor yang sama dengan 3 tak ) namun tenaga yang dihasilkan tidak sebesar motor 2 tak yang memiliki cc motor sama.

Alhasil ,secara umum dengan menggunakan mesin cc yang sama memang motor 2 tak lebih bertenaga /cepat dari pada motor 4 tak. Soalnya dulu saya pernah testing untuk hentakan pertama motor 2 tak ini joss banget , beda banget sama motor 4 tak krasa banget pokoknya untuk hentakan saat pertama kali tuas gas di geber.
Tapi untuk motor 4 tak lebih efesien dan irit bahan bakar (untuk kapasitas silider mesin yang sama dan cc mesin misal 100 cc).

Kelebihan Motor 2 tak

  • motor 2 tak memiliki oli samping yang bisa menjadi pelumas pembakaran
  • Untuk oli mesin tidak harus sering di ganti karena sudah dibekali oli samping,  tapi setiap 2 bulan sekali ya wajib diganti agar mesin motor awet.
  • Memiliki putaran mesin nya cepat sehingga membuat motor nya menjadi cepat beda dengan motor 4 tak
  • Selain memilikli putaran mesin yang cepat , motor 2 tak mempunyai tenaga /kekuatan mesin motor kuat ,powernya gede.

Kekurangan Motor 2 tak

  • Umumnya motor 2 tak untuk bahan bakarnya (bensin) lumayan agak boros
  • Untuk perawatan sendiri lumayan agak banyak yang harus di perhatikan
  • Bila anda lupa atau oli samping kering maka motor akan cepat rusak
  • Selain itu motor 2 tak memiliki suara yang ribut/Bising.

Kelebihan Motor 4 tak

  • Sepeti yang sudah saya sebutkan diatas tadi , bahwasanya motor 4 tak memiliki kelebihan untuk penggunaan bahan bakarnya (bensi) lebih irit dari pada motor 2 tak.
  • Selain itu umumnya mesin motor 4 tak memiliki suara yang halus beda sama motor 2 tak.
  • Motor 4 tak memiliki hasil pembakaran tidak ngebul (ramah lingkungan)
  • Untuk perawatan minim tidak seribet untuk motor 2 tak.
  • Umumnya memiliki suara knalpot yang tidak bising /nyaman
  • Saat dikendarai minim getaran pada mesin motor.

Kekurangan Motor 4 tak

  • Untuk kekurangan sendiri motor 4 tak umumnya yaitu pada putaran mesin yang sedang, sehingga membuat motor menjadi tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat , sedang sedang saja untuk laju kendaraannya , kalau motor 2 tak jelas memiliki tenaga power yang besar sehingga memiliki laju kecepatan yang lebih dari pada motor 4 tak.

Nah bagaimana setelah saya jelaskan rincian mengenai detail perbedaan motor 2 tak dan motor 4 tak diatas. jika anda mempunyai pertanyaan anda bisa tanyakan di kotak komentar dibawah .

Baca Juga Artikel Modifikasi.co.id lainya :

Demikian informasi yang membahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Motor 4 Tak dan 2 Tak ,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa jika anda merasa bermanfaat maka bisa bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Kelebihan dan Kekurangan Motor 4 Tak dan 2 Tak Yang Harus Kamu Ketahui | sutopo | 4.5

Leave a Reply