Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic Sendiri Yang Benar

Modifikasi.co.id – Mungkin banyak diantara kita masih ada beberapa orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengganti oli motor matic dengan benar,dan ada juga ada beberapa orang yang sudah bisa mengganti oli motor. Pada umumnya untuk penggantian oli motor sendiri bisa dilakukan oleh siapa saja ,karena memang tidak perlu membutuhkan kemampuan khusus ,anda cukup membeli oli motor yang di rekomendasikan oleh pabrikan,setelah itu anda tinggal membuka penutup oli mesin jika sudah terbuka anda buang olinya sampai bersih selanjutnya anda pasang kembali baut yang dibuka tadi kemudian terakhir anda tuangkan oli yang di rekomendasikan oleh pabrikan motor matic anda tersebut,nah kurang lebih seperti itu gambarannya yang mana nanti saya akan jelaskan lebih detailnya dibawah ini langsung saja jangan terlalu lama hehe

Untuk menjaga performance motor agar tetep OK , keadaan motor tetep prima ,stabil, tentunya salah satunya dengan mengganti oli secara berkala.Akan tetapi kita nanti akan mengalami kendala jika sebelumnya blass belum pernah sedikit pun tahu cara mengganti oli ,pasti akan merasa kesulitan bukan…? jadi lebih sering pergi ke bengkel motor untuk meminta mekanik mengganti oli motornya. Namun apa bila anda tidak ingin pergi ke bengkel motor atau ingin mengurangi biaya pengeluaran khususnya untuk perawatan motor maka anda bisa mencoba belajar sendiri untuk mengganti oli motor , anda cukup membeli oli motor yang berada di toko toko motor terdekat di kota anda.

Ganti Oli Motor

Sebenarnya dalam mengganti oli motor prosesnya tidak sesulit apa yang anda bayangkan karena mudah sekali .Anda cukup Mengikuti langkah langkah yang ada dibawah ini, insya alloh anda pasti bisa  jika anda perhatikan benar benar panduan atau cara melakukan penggantian oli motor secara mandiri

Peralatan Yang dibutuhkan untuk penggatian Oli Motor

  1. Oli Motor yang direkomendasikan Pabrikan motor, jika motor anda bermerek Yamaha biasanya menggunakan oli motor yamalube ,jika motor anda bemerek honda maka gunakan ahm oil.Jika anda bingung anda bisa beli ti toko bengkel motor misalnya ” Mas ada oli motor matic untuk motor beat…? atau mas ada oli motor matic untuk yamaha mio..? nah kurang lebih seperti itu…!
  2. Kunci Motor Ukuran 12 Yang digunakan untuk membuka  buat ring 12 yang terdapat pada mesin motor.
  3. Tempat Untuk pembuangan oli motor , Anda bisa gunakan baskom atau tempat apapun yang sudah tidak digunakan lagi ,tujuanya hanya untuk pembuangan oli yang terdapat pada mesin motor.
  4. Corong , yang nantinya akan digunakan untuk menuangkan oli motor ke dalam mesin motor.
  5. Kopi + Semangat Istri heheh 😀

Langkah langkah Cara mengganti oli motor matic

  1. Yang pertama kali anda keluarkan motor anda dari bagasi ,posisikan motor dengan menggunakan standard tengah , lalu siapkan wadah untuk menampung oli motor bekas yang akan di keluarkan dari tempat pembuanganya. Dimana sebelumnya kita sudah siapkan seperti baskom atau penampung apapun yang bisa digunakan.
  2. Buka Katup (baut) Pembuangan
    Selanjutnya adalah anda bisa buka baut pembuangan menggunakan kunci ukuran 12 yang letak posisi baut motor biasanya berada dibagian bawah sebelah kiri menghadap ke samping. Anda bisa cari terlebih dahulu letak pisisi lubang pembuangan oli motor tersebut .Jika sudah ketemu maka anda bisa melepas dengan cara membutar baut pembuangan ke kiri atau orang menyebut dengan melawan arah jarum jam
    Oli MotorLalu jika baut sudah lepas ,biarkan oli keluar sampai benar benar habis ,kalau perlu anda bisa miringkan motor anda ke kiri agar oli yang ada dalam mesin habis terkuras keluar ,usahakan benar benar habis dan tidak ada tetesan oli yang keluar lagi. Setelah dirasa oli habis dan tidak keluar lagi ,anda tutup kembali baut pembuangan tersebut menggunakan kunci ukuran 12 tadi dengan memutar ke kanan.Oya sedikit tips jika anda mempunyai kompresor maka anda bisa gunakan kompresor tersebut untuk membersihkan oli sampai tuntas, karena kompresor biasanya memiliki tekanan angin yang besar yang bisa kita manfaatkan untuk mengeluarkan semua oli yang ada pada motor.
    oli out
  3. Buka Tempat Pengisian Oli
    Selanjutnya anda tinggal membuka tempat pengisian oli mesin motor yang biasanya berada di sebelah kanan letaknya dibagian bawah step (dudukan saat boncengan) menggunakan obeng min (-) yang berada di samping kanan dekat kipas mesin, untuk lebih jelasnya anda bisa lihat pada gambar dibawah ini, anda bisa putar penutup tersebut menggunakan obeng (-) putar ke kiri seperti melepas buat pembuangan oli sebelumnya.Cara melepas baut oli
  4. Siapkan Corong .
    Anda bisa siapkan corong yang sudah anda persiapkan sebelumnya, jika anda tidak mempunyai corong anda bisa membeli sekaligus di toko bengkel motor. Corong ini nantinya akan digunakan untuk mengarahkan aliran oli ke dalam mesin motor agar tidak tumpah, karena kebebetulan lubang yang terdapat pada oli mesin tersbut kecil dan agak menjorok kebawah , maka disini sangat dianjurkan untuk menggunakan corong agar lebih mudah dalam pengisian oli motor.
  5. Masukan Oli Motor.
    Lalu Langkah terakhir adalah anda bisa masukan oli yang anda beli tersebut ke dalam bak mesin motor yang barusan kita buka ,anda tuangkan perlahan lahan de dalam mesin melalui corong yang sebelumnya sudah kita siapkan. Jika sudah selesai maka anda bisa tutup kembali buat tempat pengisian oli tersebut.
  6. Minta Tolong Buatkan Kopi  Istri
    Setelah anda selesai , maka anda bisa minta tolong untuk buatkan kopi xixiixi 😀

Nah bagaimana…? mudah bukan , cara diatas sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja , asalkan dia punya keinginanan untuk belajar tentunya siapun bisa , baik mbak mbak, mas mas ,bapak bapak , ibu ibu tapi tentunya tidak cocok kalau ibu ibu ganti oli heheh, cocoknya ya bertugas mendidik anak,biarkan bapaknya saja yang merawat motor.kalau istri tugasnya merawat bapaknya xixiixix.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic Sendiri Yang Benar,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google + jika dirasa artikel yang saya tulis tersebut bermanfaat.Sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic Sendiri Yang Benar | sutopo | 4.5

Leave a Reply