8 Tips Sederhana Perawatan Motor Matic Yang Perlu Anda Ketahui

Modifikasi.co.id – Memiliki motor setidaknya anda harus menyisihkan uang untuk melakukan perawatan motor agar tetep prima , dan tentunya awet.Motor yang jarang dirawat tentu saja akan mudah sekali rusak baik rusak dalam jangka panjang atau dekat.
Anda mungkin suka khawatir bukan mengenai kondisi motor matic anda dirumah dan bingung bagaimana mewarat motor matic yang benar.

Sebanarnya jika anda sedikit saja meluangkan waktu untuk belajar mengenai mewarawat motor matic tentunya tidaklah sulit seperti yang anda bayangkan . Untuk menjaga motor agar performance dan umur motor matic bisa awet jangka panjang tentunya anda harus merawatnya dengan rutin , selain itu penggunaan motor juga harus santai ,jangan di geber geber ,karena penggunaan motor yang gak karuan , semau gue (bahasa gaulnya) tentuanya motor bakalan tidak awet. Setiap motor yang kita beli dari dealer motor tentunya akan diberikan buku petunjuk anda bisa baca dari A sampai Z untuk pengggunaan motor yang baik dan benar.

Motor Matic memang membutuhkan perawatan yang khusus dari pada perawatan dirinya sendiri , soalnya kalau kita kan biasanya yang merawat istri hehe, lha kalau motor siapa yang merawata kalau bukan kita xixixi, apa lagi motor matic sekarang ini sudah banyak yang menggunakan teknologi injeksi yang lebih ribet dari pada karburator

Perawatan Motor Matic

Dibawah ini saya ingin sharing informasi mengenai bagiamana cara merawat motor yang bisa anda lakukan dirumah dan tentunya dengan melakukan hal hal dibawah ini motor anda bakalan tetep awet dan terjaga performancenya , langsung saja berikut ini adalah 8 Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet:

  1. Panasi Mesin Motor Selalu.
    Jika anda sedang buru buru saat dipagi hari karena anda telah mengantar anak sekolah , atau telat untuk kerja maka biasanya tanpa pikir pikir langsung menarik tuas gas motor tanpa melakukan pemanasan pada mesin motor bukan… Hayo ngakuu.! yang gak ngaku saya ceburkan di kolam hehe , soalnya dari pengalaman yang sudah sudah saya pun mengalami hal ini, karena kadang kalau telat itu hawane tergesa gesa jadi main geber aja gas motornya. Nah mulai saat ini alangkah baiknya anda melakukan pemanasan pada mesin motor, untuk jangka waktunya anda kurang lebih 4 sampai 10 menit. Anda bisa baca postingan saya selain perawatan motor matic 7 Tips dan Cara Murah Merawat Motor Untuk Harian
  2. Melaju dengan stabil.
    Bagi anda yang suka kebut kebutan gak karuan , coba anda ikutlah irama mesin jangan terlalu sering mengubah kecepatan laju motor maksudnya gimana..? contoh nih misalnya motor sudah dipanasi , terus karena terburu buru, langsung geber aja tuas gas motornya terus anda rem , geber lagi sampe mentok. Nah hal tersebut jangan anda biasakan dalam mengendarai motor karena nanti akan membuat mesin motor cepat rusak. Jadi biasa sajalah dalam mengendarai motor tidak usah ngawur hehe.Walapun saya dulu yo pernah ngawur saat mengendarai motor ,tapi sekarang sudah tidak lagi karena motor yang dulu saya geber2 sekarang sudah sekarat di rumah hehe,karena banyak banget part part yang harus diganti dan itu gak murah , mahal mahal jadi so buat anda yang masih doyan geber2 motor sekarang coba anda kurangi agar tidak terjadi penyesalan seperti yang saya alami sekarang ini .
  3. Jangan biarkan tangki bahan bakar kosong.
    Bagi anda yang mempunyai motor matic usahakan jangan membiarkan kondisi tangki bahan bakar (bensin) sampai menunjukan jarum di posisi E atau empty apa lagi yang lebih parah adalah sampai bensin habis dan motor tidak mau berjalan lagi . Usahakan untuk selalu mengisi bahan bakar (bensin) dan selalu cek tanki bensin janga sampai kocong karena hal ini tentunya akan menyebabkan motor mengalami kerusakan yang tanpa kita sadari.
  4. Mengganti Oli Motor Secara Berkala.
    Jika Motor matic anda dilakukan penggantian oli secara berkala tentunya hal tersebut akan membuat mesin motor anda awet karena mendapatkan pelumasan yang maksimal. Untuk pemilihan merek oli saya sarankan untuk membaca buku panduannya karena disitu diberi tahu oli motor yang cocok untuk motor matic anda. Oya untuk tambahan ,untuk jadwal penggantian oli motor baiknya kapan..? biasanya untuk mengganti oli mesin setiap 1000 KM dan mengganti oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM.
    Baca juga artikel Cara Mudah Mengganti Oli Transmisi atau Gardan Motor Matic
  5. Selalu Periksa Kondisi Aki motor dan Busi.
    Komponen motor yang satu ini harus tetap anda dijaga agar performance motor tetep stabil dan tentunya agar tidak mogok di tengah jalan saat kita mengendarai motor tersebut.Khusunya Aki, jika motor matic anda menggunakan aki basah maka anda perlu melakukan cek apakah air aki motor habis atau masih , anda bisa baca tulisan saya yang membahas mengenai Tips Ampuh Cara Merawat Aki / Accu Motor Agar Awet Tahan LamaSelanjutnya busi pada motor juga perlu anda lakukan cek , karena hal ini sangat berguna untuk motor matic agar tetap melaju kecang, jika aki dan busi tidak berfungsi sebagaimana mestinya tentunya anda harus mengganti dengan yang baru yang bisa dibeli di bengkel motor terdekat di kota anda.
  6. Periksa Roler dan Ventbelt
    Untuk penggunaan motor matic dengan motor bebek adalah bagian ini , jika motor bebek yaitu menggunakan rantai dan gear untuk penggeraknya , tapi jika motor matic maka menggunakan ventbelt. Anda harus perhatikan roler dan ventbelt yang terdapat pada motor matic anda, jika sudah dalam keadaan tidak layak pakai anda bisa mengusahkanya untuk mengganti dengan yang baru agar motor tetep maksimal.
  7. Periksa dan Selalu Perhatikan Ruang Transmisi.
    Untuk Pemeriksaan ruang transmisi tentunya anda harus punya beberapa kunci dan peralatan lengkap untuk mendukung perawatan transmisi sendiri.Di dalam ruang transmisi sendiri usahakan anda cek dan perhatikan ,biasanya di dalam ruang transmisi sering ada masuk ntah itu kotoran atau debu , usahakan untuk melakukan pembersihan setelah motor mencapai 4000 KM.Tujuan pembersihan ini supaya motor tetep nyaman digunakan.
  8. Ganti Oli Shockbreaker
    Nah bukan hanya oli mesin motor dan juga oli transmisi saja yang harus anda ganti, sebaiknya agar motor anda tetep nyaman digunakan khususnya pada shockbreaker sebaiknya anda selalu mengganti oli shockbreaker setiap motor mencapai 10.000 KM agar motor tetep nyaman digunakan dan tentu saja part tersebut tetep awet tahan lama.Jika anda tidak tahu bagaimana cara mengganti oli shockbreaker maka bisa baca postingan saya sebelumnya yang membahas mengenai Cara Mudah Mengganti Oli Shockbreaker Depan Motor dilengkapi Volume Oli 

Nah bagaimana …? cukup mudah bukan bagaimana cara merawat motor matic yang benar diatas.untuk tips tips diatas nanti saya akan update lagi dan saya tambahkan,tapi kalau pas lagi selo hehe , soalnya lagi subuk kuliah ki bro..!.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai 8 Tips Sederhana Perawatan Motor Matic  Yang Perlu Anda Ketahui,semoga artikel diatas dapat membantu anda khususnya dalam perawatan motor matic.Jika anda merasa bahwa artikel diatas berguna anda bisa bagikan melalui facebook,twitter dan google + dan sampai ketemu di postingan selanjutnya.

8 Tips Sederhana Perawatan Motor Matic Yang Perlu Anda Ketahui | sutopo | 4.5

Leave a Reply