Written by 6:04 am Tips Motor

Cara Mengganti Oli Mesin Motor Sendiri Yang Mudah

Modifikasi.co.id – Sudah lama tidak update informasi mengenai panduan cara melakukan perawatan motor, nah perawatan motor memang sangat perlu kenapa..? ya tentunya saja agar mesin motor tetep awet dan performa mesin tetep optimal saat digunakan kapanpun dan dimanapun . Nah pada kesempatan ini saya ingin sharing informasi mengenai bagaimana cara mengganti oli Mesin Motor sendiri yang mudah..! Kenapa mudah ya supaya minset kita itu berfikir mudah , tapi memang perawatan motor yang paling mudah menurut saya adalah mengganti oli , karena tidak membutuhkan kemampuan atau skill apapun, cukup menyediakan kunci untuk membuka penutup oli dan tang untuk membantu membuka penutup oli bagian atasnya. Langsung saja berikut ini adalah panduan cara mengganti oli mesin motor sendiri.

Keterampilan dasar mekanik dalam melakukan perawatan motor memang dibutuhkan , terutama untuk pengendara motor (atau pemilik motor) , mau tidak mau si bikers sedikit sedikit mengetahui cara perawatan motor. Tapi ada juga satu dua bikers (pengendara) yang tidak berani melakukan penggantian oli motornya sendiri mungkin takut rusak , padahal ya sangat simple, ini sangat easy mas bro..!

Peralatan yang harus dipersiapkan sebelum mengganti oli mesin motor
Peralatan Menggani Oli

  1. Oli Mesin yang bagus , disini saya menggunakan oli shell advance ax7 10w -40 untuk motor new vixion lightning , anda bisa baca postingan saya mengenai Review Shell Advance AX7 10W-40 di New Vixion Lightning
  2. Siapkan kunci untuk membuka penutup oli pada bagian bawah mesin , anda bisa gunakan Kunci sok/kunci pas/kunci ring ,intinya sesuaikan dengan ukuran baut yang digunakan untuk membuka penutup keluarkan oli mesin tersebut , biasanya untuk ukuran kunci pembuka oli mesin ukuranya adalah 19
  3. Siapakan peralatan “Tang” yang nantinya akan digunakan nuntuk membuka tutup oli bagian atas
  4. Wadah atau penampung yang digunakan nantinya untuk menampung oli bekas. Anda bisa menggunakan media yang bisa untuk menampung contoh bisa menggunakan bekas kaleng biskuit, ember bekas.
  5. Siapkan juga Kain lap atau kain gombal yang nantinya akan digunakan untuk membersihkan bekas ceceran oli dan juga part part misalnya (penutup oli, tutup atas oli dll)agar bersih.
  6. Siapkan juga Corong  yang berfungsi untuk menuang oli mesin motor ke dalam mesin motor anda . Atau jika tidak mempunyai corong bisa menggunakan botol aqua bekas yang dipotong menjadi dua, atau bisa juga menggunakan daun yang agak digulung mengerucut yang digunakan untuk mengalirkan oli mesin motor ke dalam mesin motor

Berikut ini cara mengganti Oli Mesin Motor Sendiri

  1. Yang pertama anda lakukan adalah , siapkan wadah atau penampung oli diletakan pada bagian bawah mesin motor,untuk lebih jelasnya anda bisa lihat pada gambar dibawah ini :
    Penampung Oli Bekas Shell Ax7
  2. Selanjutnya ,setelah penampung di pasang tepat dibawah oli mesin keluar, langkah selanjutnya yaitu mengendurkan baut oli mesin motor, yang biasanya letaknya pada bagian bawah mesin,selanjutnya kendorkan baut tersebut dari kanan ke kiri ,seperti arah jarum jam.
    ganti-oli-2Setelah tutup oli mesin terbuka,maka dengan tiba tiba nanti akan terjaruh ke bawah yang diikuti dengan oli mesinnya keluar dari tempatnya xixi, tunggu sampai oli keluar semuanya setelah itu anda bisa ambil kembali tutup oli motor tersebut
    kemudian bersihkan dengan kain lap beserta komponen pendukungnya.
    ganti-oli-mesin motor sendiri
  3. Setelah part part diatas dibersihkan semuanya jangan lupa juga untuk membersihkan oli yang ada di dalam mesin agar keluar semuanya.Anda bisa menggunakan tang untuk membuka penutup bagian atas agar oli didalam mesin keluar seluruhnya.
  4. Setelah dirasa sudah cukup bersih , maka langkah selanjutnya yaitu memasang penutup oli mesin yang ada dibagian bawah waktu pertama kali anda mengendurkan baut.Oiya pastikan bahwa buat terpasang dengan kencang.
  5. Setelah di pasang baut penutup oli mesin motornya sekarang saatnya untuk menuangkan oli ke dalam mesin motor dengan menggunakan torong atau alat perantara lainya.
    Menuangkan Oli mesin Motorsetelah oli seluruhnya yang ada di kemasan habis alias sudah seluruhnya dituangkan ke dalam mesin motor maka langkah selanjutnya yaitu menutup kembali penutup oli bagian atas dengan menggunakan tang , karena bentuknya biasanya gepeng.
    Setelah itu jangan lupa hidupkan motornya , dan rasakan sensai suara mesin yang halus setelah di ganti dengan menggunakan oli mesin yang baru.

Catatan :

Jangan khawatir kalau tiba tiba motor anda mengeluarkan asap khususnya pada daerah knalpot depan , keluarnya asap tersebut disebabkan karena tercecernya oli mesin ke knalpot sehingga saat leher knalpot panas maka akan keluar asap, tapi nantinya akan hilang sendiri setelah ceceran oli yang berada di leher knalpot kering.

Bagaimana cukup mudah bukan panduan mengenai cara mengganti oli mesin motor mandiri, semuanya memang mudah kalau belum ke teknik hehe , tapi kalau sudah ke teknik khususnya pada bagian dalam mesin tentunya membutuhkan skill khusus. tapi selama proses belajar pasti lama lama bisa sendiri.

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Mengganti Oli Mesin Motor Sendiri Yang Mudah,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa untuk like,share dan comment.

(Visited 669 times, 1 visits today)
Tags: , Last modified: Oct 14, 2015