Cara Mudah Mengganti Oli Shockbreaker Depan Motor dilengkapi Volume Oli

Modifikasi.co.id – Shock motor khususnya bagian depan ternyata memiliki oli yang harus di ganti pada waktunya , mungkin tidak semua orang tahu bahwa penggantian oli shock ini penting karena agar kinerja shockbreaker menjadi lebih empuk. Buat ara pengguna motor jika motor sudah menempuh jarak waktu 1 tahun atau sudah menembuh kira kira sekitar 15.000 sampai 20.000 KM maka jangan lupa untuk mengganti oli motor shockbreaker khususnya bagian depan.Selain Membuat motor menjadi empuk , jika diganti tentunya akan lebih nyaman lagi motor tersebut saat dikendarai.

Untuk Pengganti oli shockbreaker depan motor sebenarnya ada banyak cara , tapi pada kesempatan ini saya ingin sharing informasi memberikan cara mudah mengganti oli shockbrekaer dengan tujuan yaitu mempersingkat waktu dalam pengerjaannya. Fungsi dari shockbreaker yang kita ketahui yaitu untuk meredam getaran dan juga untuk menjaga kestabilan motor saat menikung atau melewati jalan jalan yang tidak rata alias rusak hoho. Biasanya untuk wilayah desa sering sekali banyak jalan rusak tapi kalau di kota biasanya jarang karena sudah di aspal semuanya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Penggantian oli shockbreaker sendiri dilakukan apabila shockbreaker sudah tidak terasa empuk atau ada kebocoran pada seal nya karena tergoresnya dinding as shockbreakter atau yang sering yaitu karena digunakan untuk jemping hehe . Pengalaman saya dulu waktu menggunakan motor honda win ,shock depan tiba tiba keluar olinya saat saya gunakan untuk latihan cross dan gak tahunya ternyata oli sealnya jebol alias bocor, terus akhirnya saya service ke bengkel dengan membeli oil seal , sealnya (penutup seal) dan oli shock,alhamdulilah dulu hampir sempet nangis karena habis deh uangnya,maklum dulu waktu masih muda , sekarang mah sudah gede kwkwk.

Mengganti Oli Shockbreaker Motor

Bagi anda yang kepengen belajar ganti oli shock sendiri tapi tidak tahu caranya dan volumenya seberapa banyak mungkin artikel dibawah ini bisa membantu anda. Untuk Mengganti oli shock breaker sendiri sebenarnya cukup mudah tidak terlalu sulit untuk lebih jelasnya mungkin langsung saja cek it dot langkah langkahnya dibawah ini :

Langkah Langkah Untuk Mangganti Oli Shockbrekaer

Yang perlu anda persiapkan untuk mengganti oli shockbreaker misalnya seperti :

  1. Oil seal , untuk motor rx king harganya ori sekitar Rp 45000 jadi kalau sepasang sekitar Rp 90000
  2. Seal dus nya alias penutup seal nya, untuk penutupnya sendiri harga nya kurang lebih sekitar Rp 15000 jadi kalau sepasang kurang lebih sekitar Rp 30000
  3. Untuk Oli Shocknya sendiri harganya murah yaitu cuman Rp 10000 sudah dapat sepasang kanan dan kiri.
  4. Kopi buatan istri hehe.

Cara Mengganti Oli shock dan juga di lengkapi seal nya

  1. Pertama yang anda lakukan adalah buka terlebih dahulu dan copot ban depan setelah itu lepas juga bagian spakboard depan agar lebih mudah dalam penggantian shock motor dan juga untuk memasukan oli shocknya.
  2. Setelah itu anda bisa gunakan kunci untuk mengendorkan Baut L yang berada di ujung bawah front fork /shock bleker
  3. Jika bagian diatas tadi sudah anda kendorin maka selanjutnya anda copot satu persatu shockbleker nya
  4. Kalau sudah di copot terus selanjutnya anda buka baut L yang tadi di kendorin ,langkah selanjutnya tentunya anda harus keluarin oli nya sampai bersih.
  5. Kemudian anda tarik as shock bleker yang atas nya yang mengkilap sampai copot
  6. Kemudian anda bisa membersihkan dengan menggunakan kain lap yang halus (bis menggunakan kain baju dalam) intinya kain lembut untuk membersih sampai bersih.
  7. Kemudian setelah itu anda bisa periksa  bagian seal nya,apakah masih bagus atau sudah jelek ,jika terdapat ada karat nya atau sudah rusak maka anda bisa mengganti seal nya dengan yang baru agar lebih maksimal dan joss gandoss.
  8. Jika sudah di bersihkan maka anda bisa pasang kembali as nya ke bagian bawah nya
  9. Kemudian langkah selanjutnya yaitu anda tinggal memasukan oli seal nya lewat baut L yang tadi dicopot ,usahakan untuk sesuai takaran/volume oli nya sesuai dengan motor anda, anda bisa lihat volumnya dibawah ini.
  10. Jika dirasa sudah pass dan sesuai volume maka saatnya anda pasang kembali baut nya dan jangan lupa untuk memberikan gasket pada baut supaya oli Gak bocor lagi.
  11. Yang terakhir anda bisa pasang kembali shockbleker pada motor anda dan selesai hehe.

Volume Oli Shock Depan Honda

GRAND 52 ML
SUPRA  X/FIT 64 ML
KARISMA 68ML
KIRANA 70ML
VARIO 75ML
GL 100/ GL 125 80ML
WIN 81ML
GL PRO/ MAX 157ML
MEGA PRO 159ML
NEW MEGA PRO 163ML
TIGER 126ML
NEW TIGER 135ML
CS 1 54.5ML
BEAT 76ML
BLADE 65.5ML
NEW REVO 110 65.5ML

Volume Oli Shock Depan Yamaha

Vega R 61 ml
Vega ZR 67 ml
Jupiter Z 61 ml
Jupiter MX 64 ml
Vixion 230 ml
Scorpio spoke 252 ml
Scorpio CW 244 ml
RX king 177 ml
Mio Soul / Mio 53 ml
New Mio 60 ml
Nouvo 63 ml

Volume Oli Shock Depan Suzuki

Shogun 125 / F1 / Smash 51 ml
Spin / Skywive / Skydrive 55 ml
Satria F 103,5 ml
Thunder 125 150 ml
Thunder 250 250 ml

Volume Oli Shock Depan Kawasaki

Blitz 52,7 ml
Kaza 52,3 ml
Kaze ZR 64 ml
Ninja 250 310 ml
BAJAJ
Pulsar 180 145 ml
Pulsar 200 165 ml
XCD 125 145 ml

Data diatas di ambil dari berbagai sumber.

Nah bagaimana …? Cukup mudah bukan , cara diatas kalau bisa anda praktekan sama teman yang jago otomotif agar lebih cepat paham.

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Mudah Mengganti Oli Shockbreaker Depan Motor ,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Cara Mudah Mengganti Oli Shockbreaker Depan Motor dilengkapi Volume Oli | sutopo | 4.5

Leave a Reply