5 Tips dan Cara Jitu Menghilangkan Suara Nembak Di Knalpot

Modifikasi.co.id – Campuran udara dan juga bahan bakar yang tidak menyeluruh terbakar oleh busi maka bisa menyebabkan suara letupan yang diakibatkan oleh efter burn alias pembakaran kedua. After burn tersebut meletup ketika gas segar yang tidak terbakar berhasil lari keluar knalpot.

Knalpot yang mengeluarkan suara letupan atau sering disebut dengan ‘nembak’ bisa di sebabkan banyak faktor, salah satunya yaitu kerusakan yang terjadi pada penyuplai udara bersih ke ruang pembakaran . misalnya sebagai contoh : air srew karburator yang sudah aus atau setelan karburator yang kurang optimal. selain hal tersebut penyebab letupan suara knalpot meledak yaitu kondisi busi yang tidak layak . Elektroda busi yang sudah kotor dikarenakan diselimut oleh kerak sisa pembakaran atau basah terkena air  yang menyebabkan percikan api yang tidak stabil dengan demikian maka knalpot pun bisa mengeluarkan suara nembak.

Packing knalpot yang rusak dan mur pengikat yang kurang kencang bisaa menjadi salah satu penyebab dari sekian banyaknya , hal ini tentunya akan menyebabkan kebocoran pada bagian gas buang sehingga membuatnya meletup (nembak).

Mungkin anda sering mengalami ketika lagi jalan enak enak tiba tiba ada motor yang mengagetkan yaitu suara letusan dari knalpot “dar ” suara seperti tembakan bunyi , biasanya yang sering saya temui yaitu motor mio .suara tersebut membuat jantung kaget dan deg deg an .Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwasanya suara knalpot bisa bunyi atau meledak karena campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran tidak terbakar semuanya oleh api busi sehingga masih ada gas segar yang lolos keluar menuju ke knalpot dan terjadilah after burn. kira kira begitu.

Knalpot Nembak

Nah saat bunyi suara knalpo tersebut , langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki agar suara nembak tersebut hilang atau sudah tidak ada lagi.Sebenarnya ada banyak cara , tapi dibawah ini mungkin bisa anda coba praktekan untuk beberapa list yang menjadi faktor penyebab suara knalpot nembak.

Cara Menghilangkan Suara Knalpot Nembak

  1. Yang pertama anda lakukan cek adalah setelah pada pilot screw /angin angin /setelan karburator , saya sarankan untuk menyetel dengan setelan yang sesuai standard motor yaitu 2,5 -3 putaran penuh/ sesuaikan juga dengan kebutuhan mesin motor.
  2. Selanjutnya anda bisa melakukan checking busi motor anda.usahakan untuk melakukan check komponen motor yang satu ini ,bila keadaan busi sudah tidak layak pakai maka anda bisa segera melakukan penggantian yang terbaru , karena menurut anjuran pabrikan busi diganti setiap 6000 km. Selain itu jangan lupa untuk melakukan atur ulang gap busi menjadi 0,7mm tentunya harus menggunakan fuller gauge.
  3. Next , selanjutnya anda bisa lakukan checking pada filter udara motor, karena filter yang kotor bisa menghambat aliran udara yang menuju ke komponen yang disebut karburator,sehingga tentunya menjadikan campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih kaya.Usahakan untuk melakukan pergantian filter udara setiap 15.000 km karena filter udarah mio dan mio soul menggunakan element basah sehingga tidak bisa di bersihkan melainkan di ganti menggunakan yang baru.
  4. Next, anda bisa check juga selang vacum bahan bakar yang menuju ke bagian tangki motor , pastikan selang ini ndak bocor ataupun sobek.
  5. Yang terakhir coba anda periksa juga AIS (air induction system) ,…? nah bagi orang baru hal ini mungkin masih asing bukan .. AIS adalah komponen yang menginjeksikan udara bersih ke lubang buang sehingga hasil pembakarannya menjadi lebih ramah lingkungan kurang lebih seperti itu penjelasanya hehe. Biasanya membran AIS ini yang suka ngaco, jadi solusi terbaik yang mudah dan murahnya ya anda tinggal tutup aja selang AISnya yang menuju ke lubang buang tersebut ,untuk penutupan tersebut bisa menggunakan apa saja. bisa menggunakan platisk, tutup pentil ban atau apapun yang penting intinya adalah ketutup alias buntu.
  6. Berdo’a agar bisa cepet sembuh motornya
  7. Solusi terakhir jika masih gagal ya bawa ke bengkel hehe,karena di bengkel ada orang orang yang sudah berkompeten di bidangnya.

Kesimpulannya adalah :

Jadi kalau knalpot masih nembak coba periksa bagian setelan AFR karburator apakah sudah pas atau belum ,cek juga bagian kondisi busi n filter udara apakah sehat , ok atau ada yang aneh,selain itu cek juga perangkat AIS nya jika tidak ada bocor dan selang vakum bensin tentunya tidak ada masalah pasti hilang suara nembaknya.

Sedikit tentang Pertanyaan dan jawaban dari penanya dan jawaban dari mekanik yang sudah ahli dibidangnya.

  1. Apakah kalau AIS di tutup tidak berbahaya bagi motor atau mesin menjadi panas…?
    Jawaban :
    Kalau di lihat dari cara kerjany sendiri AIS itu hanya bertugas untuk menginjeksikan udara segar ke lubang buang/knalpot agar kadar emisinya rendah, jadi kalau AISnya di tutup /dinonaktifkan maka akan membuat suara mesin menjadi lebih halus bukan menjadi panas.
  2. Cara Ngatasi Agar Bensin Mio tidak terlalu boros bagaimana…?
    Jawaban :
    kalau saran dari mekanik yang jago, anda boleh mencoba dengan menggunakan busi motor standard NGK C6HSA tapi lepas ringnya, kemudian anda setel celah klep in 0,10mm dan klep ex 0,12 , jangan lupa juga untuk setel pilot screw (angin angin karburator) 3 putaran penuh, terus pulley sekunder diganjel (terseran anda bisa menggunakan apa saja, kalau yang biasa di gantel pake ring bekas tutup klep sebanyak 2-3 buah ) biar per nya agak keras gak terllau lembek jadi biar tarikan bawahnya gak loyo , kurang lebih gitu hehe
  3. Apakah Mio gak menggunakan filter Angin ada efeknya …?
    Jawaban
    yang jelas ada , tentunya kalau filter gak dipasang tentunya karburator jadi cepet kotor, udara yang masuk ke mesin juga gak terfilter otomatis juga piston cepet berkerak bahkan bisa cepet baret , terus untuk bahan bakar menjadi lebih gak irit alias BOROS ,tapi efek baiknya yaitu tarikan gass tenaga atau akselerasi jadi lebih nyut, mantab, hal ini juga pernah saya alami ketika motor honda win aku lepas filternya untuk awal awal power tenaga yang di hasilkan saat tuas gas pertama tak geber langkah 1 ,langkah 2 bisa ngankat ban motor , tapi lama lama ngowosss, tenaganya hilang hehehe.

Nah bagaimana…? apakah anda sudah mendapatkan gambaran dari membaca artikel diatas.semoga bisa membantu anda khususnya yang mengalami motor yang knalpotnya sering nembak.tulisan diatas saya kutip dari situs e mas kethoet bisa kunjungi di kenthoetboreup.com/about/.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Demikian informasi yang membahas mengenai 5 Tips dan Cara Jitu Menghilangkan Suara Nembak Di Knalpot,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di  www.modifikasi.co.id jangan lupa jika artkel diatas bermanfaat anda bisa bagikan melalui facebook,twitter dan google +.Akhir kata mungkin sampai disini dulu , nantikan tulisan saya selanjutnya soalnya ini lagi mau kuliah hehe  , saya sempetkan untuk menulis ya walaupun tulisaniya masih acak kadut.xixixi

5 Tips dan Cara Jitu Menghilangkan Suara Nembak Di Knalpot | sutopo | 4.5

Leave a Reply