5 Sparepart Motor Untuk Modifikasi Moge /Motor Spot

Modifikasi.co.id – Saat anda melakukan modifikasi motor tentunya ada part part pada motor standard yang harus dirubah menjadi part part yang disesuaikan dengan keinginan dan kecocokan pada motor yang anda miliki. Umumnya saat melakukan modifikasi motor yang menjadi masalah utama adalah budget (uang) haha , hal inilah yang menjadi faktor utama, jadi bagaimana cara memodifikasi motor agar dengan biaya minimalis tapi hasilnya memuaskan , nah untuk itu perlu dilakukan strategi , untuk strateginya mungkin anda bisa ulasan saya dibawah ini :

Penyematan limbah moge ke dalam motor yang ingin dimodifikasi tentunya akan mendongkrak tampilan . Limbah motor moge ini diklaim memiliki kualitas yang lebih bagus ,lebih awet dan kuat walaupun memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan part motor pada umumnya.

  1. Shockbreaker depan
    Shockbreaker bagian depan umumnya dibagi menjadi 2 jenis , diantaranya yaitu jenis teleskopik dan juga up side down. Untuk pemilihan shockbreaker bagian depan yang perlu anda perhatikan adalah bagian seal shocknya , karena jika part yang satu ini sudah rusak tentunya oli yang terdapat pada oli shock tersebut akan keluar merembes. Untuk solusi dari masalah diatas tentunya harus mengganti, untuk caranya bisa diperhatikan dibawah ini :
    Jika pada ukuran shock breaker anda menggunakan As berukuran 39mm atau berukuran 41 mm maka anda dapat mengganti atau membeli di bengkel motor dengan oli seal shock ninja 250 atau menggunakan punya shockbreaker byson. Selain ukuran yang sudah ada diatas, agar saat membeli seal shockbreaker tidak salah ,lebih baik anda konsultasikan langsung ke bengkel yang profesional agar tidak menyesal dikemudian hari. Untuk motor moge biasanya shock yang digunakan adalah jenis USD atau kepanjangan dari Up side down, untuk harga tentunya lebih mahal dibandingkan shockbreaker umumnya yaitui jenis teleskopik.
  2. Swing Arm
    Untuk part yang satu ini biasanya banyak digunakan pada motor motor sport atau moge ,untuk part swing arm ini biasanya terbuat dari bahan almunium diecast ,selain memiliki bobot yang cukup ringan bahan dari almunium diecast ini juga lebih kuat dan kaku dari pada swing arm besi. Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan part swing arm ini yaitu  bagian bushing arm atau orang otomotif bilang yaitu dengan leher/bearing arm. Bushing sendiri adalah part yang menghubungkan swint arm dengan rangka pada motor yang dipasak oleh sebuah as ,nah dibagian ini rawan sekali mengalami kerusakan , apalagi kurangnya pelumasan pada part tersebut ,untuk mengatasi masalah tersebut atau antisipasinya anda bisa coba tips dibawah ini :
    Saat membeli part swing arm ini anda bisa perhatikan pada bushing dengan teliti,biasanya pada bagian luar terdapat kode ukuran bearing tersebut, nah jika pada kode sudah di dapatkan maka langkah selanjutnya anda bisa berburu part tersebut (swing arm) di toko onderdil mobil atau mesin industri 
  3. Perangkat Rem
    Untuk part yang satu ini sebenarnya masih sama dengan motor pada umumnya , untuk rem moge biasanya terdiri dari master rem, selang , kemudian ada kaliper dan juga disc cakramnya. Perbedaannya adalah pada jenis kaliper yang digunakan dimana untuk moge sudah bersistem radial (kedua sisi kaliper dapat menekan kampas)kemudian pada jenis disc yang sudah full floating dan juga jumlah disc cakram yang digunakan .
    Saat anda membeli part yang satu ini yaitu pada bagian kampas rem karena pada kampas rem moge sulit untuk dicari. Untuk mengatasi kesulitan dalam pencarian kampas rem moge tersebut atau saat anda membeli kampas rem moge , anda lebih baik membeli 2 atau 3 kampas rem ,jadi sekalian hehe , ketika kampas rem tersebut habis stocknya maka anda sudah memiliki penggantinya , nah untuk kalipernya anda bisa mengganti kaliper pada motor biasa.
  4. Velg dan Ban
    Sedangkan untuk bagian kaki kaki pada motor yaitu ban dan velg umumnya tidak ada kendala atau masalah, karena ban yang digunakan biasanya ukuran diatas 160 dapat dengan mudah ditemukan di toko/bengkel ban. Untuk velg juga tidak ada masalah ,yang perlu diperhatikan adalah bearing , seperti halnya swing arm , bearing roda dapat dicari di toko onderdil.
  5. Aksesoris Pelengkap
    Biasanya pada motor motor moge ada beberapa aksesoris pelengkap, seperti cincin yang memiliki desain tengkorak, dan berbagai macam aksesoris lainya yang bisa anda dapatkan di toko toko bengkel variasi di kota anda tinggal.

Kurang lebih seperti diatas part yang sering menjadi kendala dalam proses modifikasi motor dimana part limbah moge di aplikasikan pada motor yang kita kendarai. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat buat semuanya.

Demikian informasi yang membahas mengenai Sparepart Motor Untuk Modifikasi Moge /Motor Spot,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di modifikasi.co.id , jangan lupa untuk like share dan comment ^_^

5 Sparepart Motor Untuk Modifikasi Moge /Motor Spot | sutopo | 4.5

Leave a Reply