Tips dan Cara Jitu Membersihkan Filter Udara Sepeda Motor Sendiri

Modifikasi.co.id – Filter udara yang yang selalu dirawat tentunya akan selalu bersih dan membuat motor tetep melaju dengan kencang dan mulus di jalanan.Perjalanan anda dengan menggunakan motor yang anda beli pun akan terasa lebih menyenankan jika filter udaranya bagus atau terawat ,karena memang filter udara adalah salah satu komponen sepada motor yang masuk kategori penting khususnya untuk motor anda.

Nah untuk itu maka anda harus memberikan perhatian dan perawatan yang cukup terhadap motor anda khususnya pada bagian komponen yang disebut dengan filter udara ,filter udara yang tetap bersih dan terjaga dengan baik tentunya akan membuat motor anda tetep tampil selalu prima.untuk perawatan sendiri mungkin tidak terlalu sulit jika anda coba mungkin nantinnya akan terbiasa.
Jika Motor anda menggunakan filter jenis yang terbuat dari busa maka anda bisa membersihkannya dengan menggunakan solar.untuk tipe filter yang menggunakan kertas anda cukup melakukan pembersihan dengan cara menyemprotkan angin.

Filter udara sendiri adalah saringan udara yang terdapat pada komponen sepeda motor yang sangat penting bagi pembakaran diruang bakar pada motor.Apa bila perangkat filter udara tidak melakukan tugasnya dengan baik atau tidak berfungsi sebagai mana mestinya maka hal ini tentunya akan menyebabkan gangguan pada proses pembakaran pada motor yang kita gunakan dan yang lebih fatal lagi adalah bila kotoran atau debu masuk kemudian sampai menggores dinding silinder dan piston maka yang akan terjadi pada motor kita adalah performance sepeda motor pun akan menurun drastis.

Dalam Proses service motor , perlu di lakukan service berkala dan beberapa komponen harus di bersihkan Bahkan, jika perjalanan motor sudah menempuh 15.000-20.000 km maka harus diganti. Tapi bila Anda tinggal di daerah yang banyak debu, pabrik atau proyek tentu lebih cepat kotor dan sering diganti.  Harganya murah, antara Rp 30-80 ribu. Kalau yang lebih mahal banyak juga, bisa di atas Rp 100 ribu”.

3 Jenis Filter Pada Motor Yang Perlu Anda Ketahui Cara Merawatnya

  1. Tipe konvensional
    tipe yang satu ini biasanya filernya mennggunakan bahan busa . untuk tipe filter yang satu ini biasanya terdapat pada sepeda motor dengan tahun pembuatan lama, contoh motor lama yaitu sebelum 2005. nah untuk cara merawatkannya yaitu bisa dengan menyiram atau merendamnya dengan campuran air dan sabun. |
    Setelah itu dikeringkan dengan menggunakan matahari atau bisa juga dengan disemprotkan udara bertekanan tinggi. Untuk lebih maksimal lagi,anda bisa lapisi dengan oli dan diratakan untuk menangkap kotoran. Jika busanya sudah mengeras, atau pori-porinya mulai tampak tidak rapat, tandanya perlu diganti.
  2. Filter Kertas (kering).
    Untuk tipe filter yang kedua ini biasana agak lebih tebal , oya untuk tipe filter yang ini banyak yang bilang sebagai fiter “dry element“, yaitu  mempunyai bahan lebih tebal sehingga tidak cepat rusak saat menyaring udara.
    Nah untuk cara merawat atau untuk membersihkannya sangat mudah bikers, anda tinggal semprot dengan udara bertekanan tinggi dari arah berlawanan dengan arah udara masuk. “Sebaiknya filter jenis ini diganti setiap kelipatan 8.000 km,” saran Maryadi.
  3. Filter Kertas (basah).
    Untuk tipe yang ketiga ini biasanya terdapat pada sepeda motor matik, atau sepeda motor tahun pembuatan baru ,di tahun 2014 ini banyak sekali motor matic yang bermunuculan , oya yang perlu anda perhatikan bahan kertasnya secara kasat mata sama dengan filter kertas kering, tapi jika diraba, terasa ada lapisan pelumas khusus untuk menangkap kotoran. untuk tipe yang seperti  ini tidak boleh dicuci, dan jangan mencoba coba untuk di cuci, Sedangkan untuk membersihkan dan merawatnya cukup dengan dipukul-pukul ringan. Tapi lebih disarankan ganti setiap 15.000 km.

Catatan :

Semua tipe filter saringan udara diatas sebenarnya bisa diolesi dengan oli, asal tahu cara yang benar. Ada banyak di pasaran  minyak yang khusus untuk penyaring udara ini atau minyak yang khusus untuk merawat filter udara tersebut selain menggunakan oli. Tapi jika tidak ada , anda bisa gunakan diolesi dengan oli encer (baru), dan tidak perlu sampai basah kuyup.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Berikut ini untuk cara membersihkan Filter Udara Honda Mega Pro, untuk motor yang lain pada intinya sama

  1. Pertama anda bisa buka dulu bagian samping body kanan motor anda (kalau untuk motor mega pro).intinya adalah body yang menutupi bagian karburator.
  2. Kemudian anda bisa longgarkan baut atau mur sebagai  pengunci karet filter
    Cara membersihkan filter udara
  3. Selanjutnya anda bisa lepaskan selang pernafasan mesin, dengan cara longgarkan klem penguncinya
    Cara membersihkan filter
  4. Selanjutnya sudah lepasCara membersihkan filter udara motor
  5. Selanjutnya anda buka ke empat baut seperti yang ditunjuk tanda panah warna merah berikut ini :
    Cara membersihkan filter udara mudah
  6. Setelah baut sudah di lepas semuanya selanjutnya anda bisa lepaskan filter dengan karbunya
    Cara bersihkan filter udara
  7. Maka tampilanya akan seperti ini , pada bagian gambar dibawah ini adalah ruman filter, dimana kotornya minta ampun
    Cara bersihkan filter udara motor
  8. Setelah itu anda bisa lepaskan  busa pada filternya, anda bisa melakukan dengan sedikit sedikit  di congkel pelan-pelan dan juga harus berhati hati, karena filternya menggunakan busa
    Cara bersihkan filter udara sepeda motor
  9. Setelah itu anda bisa rendam dengan menggunakan solar , selanjutnya anda bisa lakukan pemerasan hehe , jangan berfikir ngeres lho..!
    Cara mudah bersihkan filter udara
  10. Setelah itu anda bisa angin anginkan filter yang berbentuk busa tersebut  agar cepet kering
    filter udara yang sudah bersih
  11. Next, anda bisa rendam kembali dengan menggunakan Oli Perseneling mobil SAE 90 , kemudian anda bisa peras secukupnya

  12. Selanjutnya anda pasang busa filter  tersebut ke ke tempatnya.
    Cara bersihkan filter

  13. Nah yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah jangan lupa untuk membersihkan juga rumah filternya dan juga tempat busa filternya, anda bisa lap terus disikat pake solar agar lebih bersih.

  14. Terakhir anda pasang lagi deh , baik itu moncong filter yang menuju ke karburator dan juga body yang sudah dilepas sebelumnya
    cara bersihkan filter udara cepat

Nah sampai sini ada yang masih belum paham…? #kabangeten hehe .

Video Cara Ganti Filter Udara Vixion

Demikian informasi yang membahas mengenai Tips dan Cara Jitu Membersihkan Filter Udara Sepeda Motor ,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google + jika artkel diatas cukup bermanfaat buat anda semuanya. Sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Tips dan Cara Jitu Membersihkan Filter Udara Sepeda Motor Sendiri | sutopo | 4.5

Leave a Reply