Written by 11:11 pm Motor

Mengenal Jenis Mesin Square, Overstroke, dan Overbore Pada Motor

Modifikasi.co.id –  Didunia otomotif khususnya kendaraan roda dua yang ada ditanah air ini ada beberapa jenis mesin motor yang digunakan yang umumnya di cangkokkan ke motor oleh pabrikan yang sudah ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) misalnya seperti honda, yamaha , kawasaki dll. Kurang lebih ada 3 jenis mesin motor yang paling banyak digunakan di produksi motor indonesia diantaranya yaitu :

  1. Mesin Motor Overstroke
  2. Mesin Motor Overbore dan
  3. Mesin Motor Square

Nah mesin motor jenis apa kira kira pada kendaraan yang saya beli ..? seperti apa sih perbedaannya dan apa saja kelebihan atau keunggulan dari tiga jenis mesin motor tersebut, untuk itu yuk simak ulasannya dibawah ini

Ok untuk yang pertama kita bahas dulu mengenai mesin overbore..

Mesin Overbore

Jenis atau tipe Mesin ini yaitu memiliki ciri ciri diameter silindernya lebih besar dari pada panjang langkah /stroke pada piston. Mesin dengan jenis/tipe overbore ini mampu diputaran hingga rpm tinggi dan bisa menghasilkan tenaga power yang lebih besar pada RPM menengah hingga atas.

Untuk jenis mesin overbore ini biasanya sangat cocok untuk motor yang berkarakter sport,karena biasanya pada motor sport itu si pengendara akan memacu motornya dan juga mempertahankan putaran mesin pada RPM yang tinggi agar bisa mengeluarkan tenaga power atau kemampuan mesin yang maksimal pada motor yang menggunakan jenis mesin overbore.

Mesin Overstoke

Untuk jenis mesin ini yaitu memiliki ciri langkah piston lebih besar dari diameter piston. Mesin dengan jenis atau tipe ini biasanya memiliki karakteristik yaitu mampu mengeluarkan tenaga dan torsi yang lebih besar pada RPM yang rendah dan menengah.

Untuk penggunaan mesin overstroke ini biasanya ditujukan untuk motor yang digunakan untuk penggunaan harian. Tenaga puncak atau titik tenaga maksimal yaitu bisa diraih dirpm yang tidak terlalu tinggi sehingga membuat motor dengan mesin yang menggunakan jenis overstroke ini bisa lincah dan gesit saat digunakan dijalan yang penuh dengan kemacetan dan medan yang berat.

Mesin Square

Untuk jenis mesin motor ini yaitu jika angka diameter dan langkahnya sama atau bisa juga disebut beda tipis. Mesin motor yang berjenis /tipe square ini memiliki tenaga yang hampir merata pada semua tingkatan RPM , baik ada rpm rendah ataupun pada rpm yang tinggi. Mesin dengan menggunakan jenis square ini biasanya diaplikasikan pada motor motor harian yang memiliki kemampuan universal untuk digunakan disemua medan baik dalam kota maupun luar kota.

Nah kurang lebih seperti itu penjelasan mengenai 3 jenis mesin motor di indonesia yang  mungkin kita sering lihat di jalan.Semoga informasi diatas menambah wawasan kita mengenai dunia otomotif.

Demikian informasi yang membahas mengenai Mengenal Menis Mesin Square, Overstroke, dan Overbore,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa untuk like,share dan comment agar lebih banyak yang mendatpakan manfaatnya.

(Visited 34 times, 1 visits today)
Last modified: Nov 23, 2015