7 Trik Ampuh Cara Mudah Mengganti Roller Motor Matic

Modifikasi.co.id – Agar Motor selalu tetap prima maka perlu menjaga motor tersebut agar tetapi nyaman digunakan dan tentunya memiliki tarikan motor yang lebih panjang sehingga harapanya ketika berkendara menjadi lebih nyaman dan bandel maka anda harus mengecek bagian roller motor matic, apakah bentuknya sudah tidak bundar lagi , jika iya maka nada harus segera melakukan pergantian agar performance tetep OK.

Fungsi roller pada motor matic

Untuk Fungsinnya sendiri seperti yang kita ketahui adalah untuk memberikan tekanan keluar pada variator hingga di mungkinkan varitor dapta membuka dan memberikan sebuah perubahaan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak. Untuk kinerja variator sendiri ini sangat ditentukan oleh komponen yang disebut dengan roller, baik itu bentuk maupun bahan roller dan tentunya yang lebih penting dari roller yaitu berat dari roller tersebut.
Bentuk Roller yang baik haruslah berbentuk bundar atau bulat, untuk bentuk bundar dan sempurna tujuanya adalah untuk mempermudah penggerakan dari variator , bila bentuknya sudah tidak bundar maka anda harus menggantinya dengan yang baru.Untuk Bahannya sendiri biasnya terbuat dari bahan teflon karena sifatnya yang licin , keras dan tentunya tahan panas.

roller1

sumber (http://pupungbp.erastica.com/)

Meningkatkan Aselerasi dan Top Speed

Seperti yang kita ketahui bahwasanya roller ini sangat berpengaruh terhadap perubahan variable dari variator ,tentunya akan sangat bengpengaruh ke performance yang akan di hasilkan motor matic .Akselerasi dan top speed sulit didapatkan jika secara bersamaan dalam sebuah motor matic tanpa mengubah atau meningkatkan kinerja dapur pacunya. Dalam mengoprek roller anda akan di hadapkan oleh 2 pilihan yaitu Akselerasi dan Top Speed.

Bila motro kita sering melakukan perjalanan di dalam kota dan juga sering mengalami kemacetan , kondisi yang sering banget stop and go dan jarak yang tidak jauh , nah fakta tersebut pilihan terbaik yaitu “Akselerasi”.
Akselerasi sendiri akan lebih baik bila roller memiliki berat lebih ringan, misalnya saja bila berat stanrd dari roller yang digunakan adalah 13 gram ,maka agar motoro anda mendapatkan sensasi maka anda bisa menggunakan 12 gram.

Namun jika anda sering mengendarai motor dalam perjalanan antar kota dengan jarak yang cukup jauh mungkin bisa juga touring bersama teman teman .pilihan yang terbaik tentunya top speed. Sama dengan contoh diatas top speed yang lebih baik akan anda dapatkan jika anda mengganti roller dengan yang lebih berat dari standardnya misalnya 14 gram.

Membersihkan Roller Motor matic

Anda juga perlu membersihkan komponen yang disebut roller secara berkala, untuk bahan yang digunakan anda bisa gunakan bensin dan juga kuas ,anda bisa menghilangkan debu debu dan juga kotoran yang menempel. Untuk beberapa jenis motor matic yang memerlukan pelumasan (grease) pada roller, memerlukan pemeriksaan dan perawatan lebih sering dari pada yang tidak menggunakan pelumasan.

Berikut ini adalah daftar roller yang perlu anda ketahui sebelum menggantinya.

Daftar Berat Roller Motor Matic

Yamaha
  • Nouvo:  11 gram
  • Soul GT: 9,5 gram
  • Mio GT: 9,5 gram
  • Mio J:  9,5  gram
  • Xeon: 10 gram
  • Xeon RC :  9,5 gram
  • Mio Soul:  10,5 gram
  • Mio Fino: 10 gram
  • Mio Sporty:  11 gram (2004-2006) 10,5 gram (2007)
Honda
  • BeAT: 9 gram
  • BeAT-FI:  9 gram
  • PCX: 18 gram
  • Vario: 15 gram
  • Vario Techno:  15 gram
Suzuki
  • Hayate: 15 gram
  • nex: 10 gram
  • Skydrive: 15 gram
  • Spin: 12 gram
  • Skywave: 15 gram, 12 gram (2010 ke atas)

Cara Mudah Mengganti Roller Motor Matic

Untuk Mengganti Roller sendiri caranya cukup mudah anda tinggal membuka rumah CVT dengan menggunakan kunci T (10mm) dan Kuncti T (8mm) untuk membuka puli penggerak anda bisa menggunakan modal baut dan kunci 17 mm.Berikut ini panduan tahap demi tahap bagaimana menggnati roller motor.

  1. Buka Baut sebagai penguncin rumah puli.
    Pertama anda bisa membuka terlebih dahulu baut pengunci rumah puli menggunakan kunci ukuran 17mm.Jangan lupa untuk mengganjal rumah puli agar tidak ikut berputar pakai baut 12 mm panjang 6,5 yang diletakan menghadap crank – case bagian atas.roller
  2. Tarik Bagian Ring Pengganjal Bushing.
    Kemudian anda bisa tarik keluar bagian ring penganjal bushing rumah roller. Jangan lupa untuk pasang ketika proses ganti roller tersebut sudah finish. Yang perlu anda perhatikan dan ingat adalah Posisi pasanya sesudah kipas puli bagian keluar.
    roller 2
  3. Cek Kondiri Roller.
    Jika tahap 1 dan 2 udah anda praktekan , maka setelah puli terbuak , anda bisa cek kondisi roller jika aus atau lebih dengan istilah peyang adalah dengan mengganti yang terbaik.
  4. Passa Roller Penggantinya.
    Saat anda meletakan roller pengganti, coba anda perhatikan betul posisinya .Buat roller rata (pakai satu ukuran berat) silahkan taruh di got roller mana saja. Tetapi , kalau kombinasi baiknya anda letakan roller yang lebih ringan dibagian depan sebelum roller berat, oya untuk posisi roller yang ringan anda bisa posisikan sebelah kiri dan untuk roller berat anda bisa posisikan sebelah kanan.
    Posisi Roller Motor Matic
  5. Pasang lagi rumah Roller
    Selanjutnyan setelah pemasangan selesai anda bisa pasang kembali rumah roller ke posisi awal atau semula.
    roller 5
  6. Perhatikan Kondisi Ring Pengganjal Kipas
    Jika sudah selesai pemasangan , jangan lupa untuk perhatikan juga kondisi ring pengganjal kipas puli bagian luar. Pastikan setiap gigi ring mengunci rata gigi as rumah roller.
    roller 6
  7. Kencangkan Baut Pengunci Rumah Roller
    Setelah itu dirasa sudah OK semuanya, anda bisa kecangkang baut pengunci rumah roller. Jangan lupa juga untuk menghentikan putaran gunakan lagi baut pengganjal rumah roller. Kali ini baut diposisikan dengan menghadap crank case bagian bawah.

Nah itulah beberapa panduan mengenai cara memasang roller pada motor matic,bagaimana cukup murah bukan…?

Baca Juga Artikel Lainnya :

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Mudah Mengganti Roller Motor Matic,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id oya jika artkel diatas bermanfaat anda juga bisa bagikan melalui facebook,twitter dan google +

7 Trik Ampuh Cara Mudah Mengganti Roller Motor Matic | sutopo | 4.5

Leave a Reply