Written by 3:36 am Tips, Tips Motor

Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion Yang Baik dan Benar

Modifikasi.co.id – Air radiator yaitu sebuah cairan pendingin pada motor yang sangat dibutuhkan untuk kendaraan bermotor yang sudah menggunakan teknologi Liquid Cooled,cairan ini sangat dibutuhkan mesin motor khususnya untuk kendaraan yang sudah memiliki kapasitas mesin lebih dari 150 cc. Dengan adanya radiator atau system pendinginan air (Liquid Cooled)  ini dapat berfungsi menjaga dan menstabilkan kondisi suhu pada mesin motor sehingga suhu tetep stabil dan terjaga pada kondisi mesin 90 derajat. Untuk sistem pendingin pada motor ini terdapat 2 jenis diantaranya yaitu sistem pendingin udara kemudian yang kedua yaitu sistem pendingin yang berupa cairan.

Untuk motor yang menggunakan kapasitas mesin 150 cc sistem pendingin yang digunakan adalah sistem pendingin berupa cairan dan hal tersebut sudah di implementasikan pada motor yamaha new vixion. Nah kadang kala ada pengguna motor yang kurang memperhatikan cairan pendingin radiator ini atau orang menyebut dengan cairan coolant,bahkan kondisi air sudah mau habis , nah cara perawatanya yaitu cukup mudah anda bisa mengganti secara berkala tiap 9000-10.000 km

Berikut ini adalah panduan cara mengganti air radiator yamaha vixion yang benar dan tidak akan membuat anda bingung.

Persiapan :

  1. Nampan buat wadah air coolant
  2. Kunci Pas 10
  3. Kunci L
  4. Obeng +
  5. Cairan Pendingin Yang baru

Berikut ini adalah panduan lengkap cara mengganti air radiator atau air coolant pada motor yamaha new vixion .

  1. Yang pertama anda lakukan adalah mengbongkar bagian body yang menghalangi untuk memasukan air coolent ke radiator.
  2. Anda juga bisa membuka bagian body side cowl terlebih dahulu dengan menggunakan kunci L,anda bisa lihat gambarnya seperti dibawah ini maka bisa lanjut ke langkah 3
    Cara Mengganti Air Radiator
  3. Kemudian jika  sudah terbongkar semuanya seperti gambar diatas, jangan lupa untuk menyiapkan nampan atau wadah untuk pembuangan air coolant pada radiator motor vixion.
  4. Setelah nampan sudah siap , anda bisa kendorkan buat pembuangan seperti gambar dibawah ini dengan menggunakan kunci pass 10 atau kunci T . Letaknya seperti yang saya berikan tanda warna merah.
    Cara Mengganti Air Coolant Yamaha New Vixion
  5. Agar air radiator keluar semuanya , maka jangan lupa untuk membuka penutupnya , anda bisa membuka penutupnya seperti gambar dibawah ini :
    Mengganti Air Radiator New VixonSetelah terbuka seperti gambar diatas, kuras air radiator sampai bersih. Jika dirasa sudah bersih *kosong*maka selanjutnya anda bisa tutup lagi baut pembuangan air radiatornya , selanjutnya di isi dengan air coolent khusus untuk motor vixion yang bisa dibeli dibengkel motor dengan harga 25 ribu sampai 35 ribu. Jika saat proses pengisian sudah penuh seperti gambar diatas, maka anda bisa tutup kembali dengan penutupnya.
  6. Langkah selanjutnya yaitu tinggal mengisi air radiator ke tabung atau tangki reservoir. Untuk caranya anda bisa bongkar terlebih dahulu bagian body yang dirasa mengganggu untuk proses pengisiannya.anda bisa lihat seperti gambar dibawah ini :
    Proses Cara Mengganti Air Radiator
  7. Jika sudah dibuka bagian body tersebut , maka langkah selanjutnya anda tinggal mengisi tangki recervoir dengan air radiator yang anda beli di bengkel. gambarnya bisa dilihat dibawah ini :
    Tangki Recervoir Penggantian air radiator New vixion
  8. Selanjutnya anda tinggal tuangkan air radiator tersebut dengan menggunakan corong agar air radiator tidak tumpah kemana mana , alias belepotan. Jika sudah full , anda bisa lihat pada bagian bawah maka proses pengisian bisa anda hentikan
  9. Langkah selanjutnya anda tinggal pasang kembali penutup tangki recervoirnya , jika sudah selesai jangan lupa juga untuk memasang semua body motor.
  10. Selesai

Untuk anda yang masih bingung dengan cara penggantian air radiator pada motor vixion , mungkin anda bisa lihat pada video di chanel gondes motovlog atau ke https://www.youtube.com/channel/UCAhqC5gZ46icr-cevzDw2Mw. Di channel youtube tersebut dibahas lengkap semua hal tentang motor vixion. SO mungkin dari saya sampai disini dulu , jika anda memiliki pertanyaan bisa berkomentar dibawah ini .

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion Yang Baik dan Benar,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa jika artikel diatas bermanfaat buat anda klik button dibawah ini like,share dan comment agar lebih banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

(Visited 6,226 times, 11 visits today)
Last modified: Feb 5, 2016