2 Tips Mudah Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Benar

Modifikasi.co.id – Sekarang ini sudah cukup banyak motor yang sudah menggunakan penyuplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi injeksi,dan untuk motor yang masih konvensional yaitu sistem karburator masih ada tapi tidak terlalu banyak dibandingkan sistem injeksi , khususnya untuk motor keluaran tahun 2014 sampai sekarang ini.
Bagi anda yang menggunakan motor dengan sistem injeksi dan mengalami pada masalah motor injeksinya yaitu mogok maka melalui 2 tips dibawah ini saya akan memberitahu rahasianya bagaimana cara memperbaiki motor injeksi yang mogok.

Sebelum membawa motor ke bengkel yang anda percaya atau ke bengkel resmi dealer maka 2 tips dibawah ini mungkin akan membantu anda dalam hal alternatif cara menghidupkan motor injeksi yang mogok,dengan kita mengetahui cara memperbaiki motor injeksi tentunya juga akan menghemat pengeluaran biaya hidup kita hehe.

2 tips dibawah ini ditulis karena memang bersumber dari beberapa pengalaman orang yang sudah mengalami dalam hal cara memperbaiki motor injeksi ,sebelum saya jelaskan kepada anda mengenai bagaimana cara memperbaiki motor dengan sistem injeksi yang mogok maka dibawah ini saya akan sedikit jelaskan mengenai perkembangan motor yang ada di indonesia.
Motor dengan sistem injeksi saat ini di indonesia sudah cukup menjamur dan teknologi ini juga sangat digemari di masyarakat pada umumnya, karena memang dengan menggunakan teknologi simtem injeksi ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem karburator, keunggulan penggunakan teknologi injeksi ini diantaranya yaitu lebih irit penggunaan bahan bakar dan juga lebih ramah lingkungan karena sistem kerja mesin motor injeksi ini dibuat lebih canggih lagi ,kemudian desain motor injeksi biasanya lebih keren dibandingkan desain motor jenis karburator sehingga lebih banyak orang yang suka dengan motor injeksi  ditambah lagi dengan fitur fitur yang ditawarkan setiap motor yang ditawarkan ke konsumen,sehingga dengan beberapa fitur tersebut membuat kita ingin memilikinya motor tersebut,dengan begitu saya tidak heran jika motor dengan menggunkan teknologi injeksi ini menjadi motor rekomendasi untuk anda miliki.

Untuk mengatasi motor injeksi sebenarnya ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan jika motor anda mengalami masalah saat dikendarai mogok atau tidak bisa bisa hidup,dari sekian banyak pengguna sepeda motor injeksi yang mengalami masalah yaitu tiba tiba mogok atau tidak hidup atau bisa juga saat kondisi gas tidak stabil saat mengendarainya dan tiba tiba mogok ,jika anda mengalami masalah tersebut maka jangan langsung panik atau bingung hehe karena dibawah ini saya akan memberitahukan cara memperbaiki motor injeksi dan juga apa penyebabnya motor injeksi mogok atau tidak mau hidup.?

Tanpa harus menunggu lama dibawah ini saya akan jelaskan kepada anda semuanya mengenai cara memperbaiki motor injeksi yang tiba tiba mogok ,atau tidak mau hidup atau kondisi gas yang tidak stabil.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Tidak Mau Hidup

2 tips dibawah ini jika anda praktekan dengan benar tentunya akan membantu anda dalam mengatasi masalah motor injeksi yang mogok alias tidak mau hidup.

  1. Aki
    Hal yang pertama anda cek adalah kondisi aki pada motor anda , Hidupnya motor dengan menggunakan teknologi sistem injeksi ini sangat bergantung pada aki yaitu kuat atau lemahnya pengapaian pada aki , karena jika tanpa aki atau akinya sudah lemah *tekor maka motor injeksi dijamin tidak akan bisa hidup , untuk itu hal yang bisa anda lakukan adalah periksa aki motor injeksi anda apakah masih bagus atau sudah lemah, jika masih bagus coba anda periksa pada bagian penghubung sekringnya apakah putus atau tidak , jika putus maka anda bisa belikan dengan yang baru dan menggantinya, selain itu juga anda bisa memeriksa pada bagian kunci kontaknya,nah itulah cara memperbaiki hal hal jika permasalahanya pada aki , tapi jika hal diatas sudah anda cek dan kondisi pengapiannya tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka yang bisa anda lakukan adalah mengganti akinya dengan yang baru *kebanyakan motor vixion adalah pada akinya , untuk motor yang lain mungkin berbeda masalahnya, atau anda bisa bawa ke bengkel sepeda motor terdekat untuk berkonsultasi mengenai motor injeksi anda yang mogok tidak mau hidup.
  2. Bahan Bakar Minyak
    Penyebab berikutnya kenapa motor injeksi anda mogok atau tidak mau hidup adalah minyak atau bahan bakarnya. Banyak kejadian yang sering terjadi pada motor sistem injeksi yaitu terjadinya penyumbatan pada bagian mesin terutama pada bagian filter injektornya , maksudnya adalah injektor dan filter mesin.
    Perlu anda ketahui bahwa penyumbatan pada bagian ini terjadi akibat adanya penumpukan kotoran pada mesin sehingga hal ini menyebabkan aliran bensin atau bahan bakar minyak ke ruang bakar menjadi terhambat alias tidak lancar dan inilah yang membuat motor injeksi anda kondisinya tidak stabil waktu di gas *brebet.
    Untuk cara memperbaiki motor injeksi dengan kasus yang seperti ini maka anda bisa melakukan pengecekan pada bagian bagian mesinnya dan sistem kerja injeksinya. Anda bisa mulai dengan membuka mesin motor dan melakukan pengecekan pada bagian bagian tersebut jika memang benar benar terdapat kotoran pada bagian tersebut maka anda harus membersihkannya . Perlu diketahui bahwa proses pembuangan kotoran tersebut harus dilakukan dengan sangat hati hati , anda bisa menggunakan bensin dan juga cairan injektor cleaner yang bisa dibeli di bengkel. Untuk menggunakan cleaner injektor ini biasanya tinggal di semprotkan ke bagian injektor motor anda hingga kotoran yang menggangu pada mesin anda bisa dikeluarkan dan bersih. Jika kotoran sudah keluar dari mesin maka anda bisa menutup atau memasang kembali rangkaian mesinya dan masalah motor injeksipun teratasi.Oiya sebagai tambahan usahakan dalam melakukan hal ini jangan sampai salah metode hehe karena jika terjadi kesalahan maka bukan motor menjadi bagus malah bisa jadi motor menjadi rusak ,kalau sudah berusaha tapi masih juga tidak hidup maka anda bisa bawa ke bengkel terdekat yang lebih ahli dalam hal memperbaiki motor injeksi.

Catatan :
Untuk anda pengguna motor injeksi , jika motor anda mengalami masalah yaitu mogok atau rusak atau anda sudah memperbaiki motor dengan 2 tips yang saya jelaskan diatas yaitu dengan mengganti aki dan membersihkan pada bagian injektornya dengan cleaner injektor tapi masih belum bisa hidup maka saya sarankan untuk membawa motor anda ke bengkel resmi karena di bengkel resmi biasanya memiliki peralatan yang lebih lengkap dibandingkan bengkel motor pada umumnya, selain itu juga alat yang digunakan lebih canggih dan serba digital. Tambahan lagi bahwa motor injeksi ini memiliki bagian bagian tertentu yang memang sangat sensitif sehingga jika tidak dilakukan dengan sangat hati hati maka bisa menyebabkan motor anda mengalami kerusakan pada mesinnya.

Demikian informasi yang membahas mengenai 2 Tips Mudah Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Benar,semoga informasi diatas bermanfaat dan jangan lupa untuk like,comment dan share agar lebih banyak yang mendapatkan manfaat dari tulisan diatas.

2 Tips Mudah Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Benar | sutopo | 4.5

Leave a Reply