6 Tips dan Cara Ampuh Menghemat Bahan Bakar Mobil Yang Perlu Kamu Ketahui

Modifikasi.co.id – Selain pada kendaraan sepeda motor yang bisa di hemat ternyata pada kendaraan mobil juga bisa ,anda juga bisa membaca tulisan saya yang berjudul 6 Tips Jitu Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar Alias Tidak Boros 

Ditengah krisisnya ekonomi yang ada di indonesia ini , khususnya untuk harga BBM yang mulai bertambah menjadi 7500/liternnya khususnya di tahun 2015.Sudah semestinya bagi para pemilik atau pemakai kendaraan baik itu untuk sepeda motor dan juga untuk kendaraan yang beroda empat (mobil) untuk mulai mencoba mengurangi pemakaian bahan bakar kendaraan. Berikut ini saya ingin berbagi tips yang saya kutip dari Divisi Humas Mabes Polri yang mungkin anda berminat untuk menerapkan dan mengaplikasinya .

Devisi Humas Mabes Polri juga melakukan pengembangan khususnya untuk beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil agar kendaraan yang dibawa tidak terlalu boros dan tentu saja bisa menghembat bahan bakar yang digunakan (bensin) . Teknologi yang canggih atau secanggih apapun itu kalau misalnya tidak maksimal tanpa di barengi dengan pengemudi yang handal dalam memainkan pedal gas dan rajin dalam perawatan sekaligus menyeting mobilnya makan tetep saja boros, tapi beda halnya jika si pengemudi lihai alias jago dalam mengemudi yaitu memainkan pedal gas dan juga settingannya tentu akan lebih maksimal,ada kemungkinan lebih irit dari pada pengemudi yang asal2 dalam memainkan pedal gas (misal di geber geber, nah hal ini yang menyebabkan penggunaan bahan bakar boros). prisip ini sama dengan penggunaan sepeda motor,pada sepeda motor pun jika gas di geber2 maka lebih boros dari pada gas yang pemakainya normal.

Menghemat BBM Mobil

OK langsung saja berikut ini tips menghemat bahan bakar mobil yang mungkin bisa anda coba praktekan

  1. Melakukan Injak Pedal Gas Secara Perlahan
    OK untuk tips yang pertama yang perlu anda ketahui adalah semakin besar katup gas terbuka tentunya akan semakin banyak pula gelontoran bahan bakar yang akan masuk ke karburator. Dengan kita mengentahui prisip atau sistem tersebut maka secara otomotis kita akan berfikir , Jika kita mengijak pedal gas dengan keras (mentok) maka maka mobil sebenarnya mengkonsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan dengan saat kita menginjak gas mobil dengan perlahan.
    Sontekan pertama disaat mobil diam (posisi tidak bergerak) dan mulai melaju adalah salah satu momen yang sangat vital untuk mengendalikan semburan bahan bakar. Coba anda lakukan hal yang wajar dan pelan pelan untuk melaju kendaraannya dengan perlahan dan tentunya tidak terlalu keras dalam menginjak gas mobilnya tetapi perlahan lahan (menginjak gas dalam dalam) ketika mobil akan berjalan maupun tengah melaju kekalipun .Intinya adalah jangan menggeber gas mobil jika ingin lebih hemat bahan bakar yang digunakan.
  2. Matikan Mesin Saat Keadaan Macet Panjang
    Tips selanjutnya adalah yang mungkin sudah anda ketahui ,namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui tips yang satu ini . Tips yang satu ini hanya berlaku jika anda dalam posisi anda terkunci dalam kemacetan dan harus menunggu lama untuk melanjutkan perjalan anda ke tujuannya. Disaat seperti ini mungkin anda bisa mematikan mesin mobil dan jika kebetulan sedang terjebak pada tempat atau lokasi yang berhawa dingin , mungkina anda juga bisa membuka jendela dan menikmati pamandangan yang berada di daerah tersebut misalnya pemandangan alam dll.
    Akan tetapi kasus seperti ini tentunya akan sulit dilakukan jika anda terjebak dikawasan yang penduduk dan juga selalu terkena terik panasnya cahaya matahari seperti didaerah jakarta atau surabaya. jika anda tidak menggunakan AC mungkin penumpang di dalam mobil tersbut tidak akan bertahan di dalam kobin .Jika memang terpaksa dalam keadaan tersebut , satu satunya jalan memang anda harus tetep menyalakan mesin dan AC atau mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan
  3. Jaga Intensitas Injakan rem
    Jika anda menggunakan mobil stop dan go berulang ulang juga termasuk salah satu penyebab boros dalam penggunaan bahan bakar (bensin). Seperti yang kita ketahui bahwasanya jika mobil melakukan stop dan beranjak Go , tentunya tekanan gas akan bertambah dan mobil melaju sedikit lebih kencang dari putaran awal. Maka dari hal tersebut usahakan untuk tidak terlalu sering dalam mengerem mobil dan menekan pedal gas secara mendadak.
    Kondisi saat macet memang kurang sesuai dengan kasus ini , akan tetapi dengan menekan gas secara perlahan saat dalam kondisi Go seperti pada point yan pertama setidaknya sedikit cukup membantu untuk mengurangi gelontoran bahan bakar yang masuk ke karburator.
  4. Kontrol Kecepatan Mobil Anda
    “Semakin laju kendaraan mobil semakin cepat tentunya akan semakin iri bahan bakar yang akan di konsumsi” Statemen tersebut menurut Devisi Humas Mabes Polri katanya merupakan sebuah pemahaman yang salah , kenapa salah…? karena fakta sesungguhnya malah menunjukan bahwa bahan bakar yang digunakan akan semakin boros hingga 50% karena faktor aerodinamika.

    Kecapatan yang cukup efektif untuk penghematan bahan bakar adalah dengan melaju dibawah kecepatan 100km/h . Cara Tersebut dipercaya sanggup untuk menekan konsumsi bahan bahar bisa mencapai 25 % . Kalau pada motor jika anda ingin menghemat maka jarak kecepatan yang bagus dan terbaik adalah maksimal 60km (antara 40-60) versi sutopo (blogger dari jogja )

  5. Cek tekanan angin pada ban mobil anda.
    Siapa yang tidak kenal situs otosia.com , situs portal otomotif yang lumayan cukup besar .Disitus tersebut otosia sendiri sudah pernah membahas mengenai pentingnya mengecek kondisi kaki kaki pada mobil utamanya pada bagian sektor ban. Tidak bisa di pungkiri bahwa ban mobil tidak sesuai ukuran dengan bobot mobil ,gesekan antara permukaan ban dan juga jalan kaan semakin besar sehingga hal tersebut akan membebani kinerja mesin mobil.
    Jika tekanan ban mobil dalam keadaan kondisi prima ,setidaknya anda bisa melakukan penghematan bahan bakar hingga 3 persen. Selain itu anda tidak hanya mempengaruhi pada faktor konsumsi bahan bakar tapi juga cara tersebut cukup bagus untuk meningkatakan keamanan dan keslamatan anda dalam mengendarai mobil.
  6. Melakukan Service Mobil Secara Berkala
    Di dalam mesin mobil yang sehat ,terdapat penghematan bahan bakar yang tepat.Nah untuk menjaga agar mesin mobil anda tetap responsif dan tentunya efektif adalah menjadi kunci utama dalam persoalan pengiritan bahan bakar. Usahakan anda untuk melakukan service mobil secara berkala sehingga tidak akan ada kesempatan mesin akan terjadi error/problem sehingga nantinya sangat mempengaruhi Performance yang ada pada mesin mobil anda.

Nah Bagaimana dengan 6 tips cara menghemat bahan bakar mobil diatas…? tips diatas juga bisa di praktekan pada motor ,Jika ada pengalaman , anda juga bisa sharing dengan mengisi kotak komentar dibawah ini .

Demikian informasi yang membahas mengenai 6 Tips dan Cara Ampuh Menghemat Bahan Bakar Mobil ,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

6 Tips dan Cara Ampuh Menghemat Bahan Bakar Mobil Yang Perlu Kamu Ketahui | sutopo | 4.5

Leave a Reply