6 Tips Ampuh Cara Membuat Motor Kencang dan Larinya Lebih Cepat

Modifikasi.co.id – Dalam memodifikasi motor ada beberapa jenis yang bisa dilakukan yaitu memodifikasi hanya fokus pada tampilan atau body motor, dan yang kedua adalah memodifikasi motor agar larinya lebih kencang dan lebih cepat dari pada sebelumnya. Mungkin banyak yang ingin melakukan modifikasi atau ingin mencari tahu cara membuat motor kencang dengan mesin standar..? sebenarnya bisa hanya saja ada bagian sparepart yang memang harus diganti ,  beberapa diantaranya seperti piston , pengapian , ruang pembakaran , roda gigi dan lainya yang akan saya bahas dibawah ini

Bagi sebuah bengkel motor mungkin hal ini adalah salah satu rutinitas yang banyak dilakukan yaitu mengoprek mesin motor agar larinya lebih kencang dan cepat ,sebagian lagi bengkel motor yang fokus untuk memodifikasi bagian tampilan saja. Mungkin sudah menjadi kebanggaan bagi setiap pengendara sepeda motor apabila memiliki motor yang unik ,berbeda dengan yang lainya , baik itu dari segi tampilan ataupun dengan performance kecepatan mesin motornya.

Dibawah ini akan dijelaskan tahap tahap yang harus anda ketahui dalam proses mengoptimalkan atau oprek mesin motor agar memiliki lari yang lebih kencang dan lebih cepat dari pada sebelumnya dan tentunya tips dibawah ini bisa juga di coba untuk anda yang memiliki bengkel sepeda motor yang sedang dibangun atau sedang dirintis bersama teman teman anda dan team.

Baca Juga Artikel Yang berkaitan tentang Usaha Bengkel Motor Lainnya :

  1. 3 Tips Memulai Usaha Bengkel Motor
  2. Tips Tentang Peralatan bengkel Sepeda Motor
  3. Tips Tentang Manajemen Bengkel Sepeda Motor
  4. Daftar Nama Alat dan Harga Peralatan Bengkel Sepeda Motor
  5. Belajar dan Kursus Bengkel Motor Gratis
  6. Tips Membuat Proposal usaha bengkel sepeda motor untuk pengajuan pinjaman ke Bank

Biasanya orang yang melakukan modifikasi pada motornya agar lebih kencang atau larinya lebih cepat dari pada sebelumnya yaitu anak remaja (yang masih sekolah SMP,SMA ) dan juga ada yang sudah dewasa yang memiliki andrenalin yang tinggi untuk terjun di dunia balap motor dan orang yang memang hobi ingin menjadi joki pembalap seperti eko chodox ,indri barbie . Sehingga untuk menyalurkan hasrat dan hobbi mereka kebanyakan anak muda , orang dewasa yang hobbi pada kecepatan motor maka akan mencari bengkel motor terbaik , bengkel motor yang terbagus yang khusus mengoprek motornya agar lari motornya lebih cepat lagi atau dari rekomendasi teman temannya.

Nah tentunya saja ,tidak heran lagi bahwa ada banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara memodifikasi ,mengoprek sepeda motornya agar memiliki kecepatan yang lebih kencang lagi dari pada sebelumnya. Sebenarnya jika anda sudah mengetahui hal teknis dalam teknik mesin motor dan semua tentang motor tentunya tidak akan sulit untuk mempraktekannya. Intinya anda memiliki ilmunya hehe.

Berikut ini adalah cara cara yang harus anda lakukan agar motor anda memiliki lari yang lebih cepat dan lebih kencang.

Tahap Cara Membuat /Modifikasi Motor Agar Lebih Kencang dan Cepat

  1. Piston
    Sparepart motor yang satu ini tentunya bagi kalangan bengkel motor atau orang yang paham pada motor adalah hal yang paling utama untuk menjadikan motor memiliki lari yang lebih cepat lagi. Dalam pemilihan piston untuk mengoprek mesinnya agar larinya lebih cepat maka usahakan anda memilih piston motor yang lebih ringan dari pada standardnya atau bisa melakukan oprek sendiri pada pistonnya.
    Agar piston lebih ringan anda harus potong piston bagian bawah dan juga usahakan piston yang di oprek agar lebih besar diameternya dari piston standardnya. Tujuan melakukan hal tersebut yaitu agar memiliki kekuatan ekstra pada tendangan mesin dan hal ini tentunya sudah menjadi rahasia untuk mempercepat langkah putaran mesin sehingga lebih enteng karena lebih ringan dan membuat laju motor semakin lebih cepat.
  2. Ruang Pembakaran
    Selanjutnya yaitu melakukan oprek pada bagian ruang pembakaran. Untuk mendapatkan kecepatan motor yang lebih cepat tentunya juga motor membutuhkan asupan hehe agar tenaga yang dihasilkan lebih ekstra.
    Untuk cara melakukanya yaitu anda bisa mempersempit volume ruang pembakaran dengan memotong kepala silinder , untuk pemotongan kepala silinder tersebut anda bisa menggunakan mesin gerinda sehingga nantinya kmpresi bisa meningkat dan otomotis meningkat juga kecepatan laju motor anda.
  3. Lubang Pembilasan
    Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu pada lubang pembilasan , jadi analoginya yaitu semakin banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas menjadi semakin lebih tinggi dengan begitu maka tekanan kompresi motor menjadi naik dan pembakaran menjadi lebih baik lagi. Untuk melakukan hal tersebut yaitu pada lubang pembilasan (pemasukkan) anda bisa memperluas lagi agar jumlah gas baru yang masuk lebih banyak lagi. Nah dalam perluasan lubang pembilasan tersebut maka anda harus bisa memposisikan dengan normal dengan menyesuaikan modifikasi pada komponen/bagian yang lain maksudnya adalah agar ada keseimbangan perubahaan pada bagian yang lain juga karena jika anda salah dalam merumuskan hal ini maka akan menyebabkan motor anda rusak. Anda bisa bertanya tanya kepada orang yang lebih ahli untuk melakukan modifikasi pada bagian ini .
  4. Modifikasi Pengapian Motor
    Dalam hal memodifikasi kecepatan , peran pada pengapian motor juga sangat penting , tujuannya yaitu untuk meningkatkan voltase pengapiannya dengan cara menambah tenaga listrik . Kebanyakan motor pada umumnya yaitu dibekali dengan voltase 6 volt, jadi anda harus mengubahnya menjadi 12 colt . Dengan memperbesar voltase tersebut maka akan berdampak pada laju motor yang lebih cepat selain itu juga lampu lampu motor akan menjadi lebih terang , dan juga percikan bunga api pada busi akan menjadi lebih besar.
  5. Rocker Arm
    Untuk mempercapat motor pada tahap selanjutnya yaitu melakukan perubahaan pada rocker arm atau yang biasa disebut juga dengan lengan penumbuk katup dimana komponen ini memiliki fungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan (push rod) atau dari poros pam, dengan cara kerja tersebut maka katup bisa membuka dan menutup. Untuk pemilihan rocker arm yang baik dan bagus yaitu cari yang lebih ringan dan kuat. Jika pemotongan pada rocker arm terlalu berlebihan maka akan mengakibatkan rocker arm menjadi lebih mudah patah dan juga akan berdampak pada mesin motor yang cepat rusak.
  6. Roda Gigi
    Dan untuk tahap terakhir dalam hal mempercepat sepeda motor yaitu mengubah roda gigi pada motor. Untuk mendapatkan kecepatan yang di inginkan anda bisa mengubah roda gigi belakang diganti dengan diameter yang lebih kecil,kemudian jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil maka tujuannya tidak lain adalah untuk memperpendek rotasi putaran roda belakang dengan posisi rantai lebih pendek dari motor standard.

Untuk catatan Yang perlu anda perhatikan.
Untuk anda yang sudah mengetahui basic tentang motor atau sudah bisa mempraktekan cara membuat motor menjadi lebih cepat atau kencang mohon sangat untuk tidak melakukan balapan dijalan raya,dijalan umum, karena akan membahayakan pengendara sepeda motor yang lain ,atau bagi diri sendiri selain itu juga akan menggangu kenyamanan pada pengendara yang lain. Harap selalu taati peraturan lalu lintas dan jangan kebut kebutan dijalan karena MASA DEPAN ANDA Tergantung pada anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Demikian informasi yang membahas mengenai 6 Tips Ampuh Cara Membuat Motor Kencang dan Larinya Lebih Cepat,semoga informasi diatas bermanfaat ,jangan lupa untuk like,coment dan share agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya.

6 Tips Ampuh Cara Membuat Motor Kencang dan Larinya Lebih Cepat | sutopo | 4.5

Leave a Reply