Yang Suka Motor Road Race Masuk..! Tips Mengadopsi Kelistrikan Motor Balap

Modifikasi.co.id – Bagi anda yang suka dengan motor balap mungkin akan sedikit melakukan perubahan pada motor yang dimilikinya,bukan hanya modifikasi bagian body saja tapi melakukan perubahaan total pada mesin standardsnya, salah satunya adalah dengan kelistrikan motor balap, berikut ini saya ingin share informasi yang saya kutip dari berbagai sumber untuk memberikan pemahaman yang lebih.
Mungkin belum banyak orang yang benar benar paham secara mendetail mengenai kelistrikan pada motor karena hal tersebut membutuhkan kepakaran dari pengalaman pengalaman selama bergelut di bidang kelistrikan motor. Terlebih lagi kelistrikan yang di aplikasikan pada motor balap , baik dalam ajang motor road race atau balap motor drag race.
Kelistrikan sangat beperang penting dalam hal modifikasi, sama pentinya juga dengan komponen atau sparepart motor yang lain .
Pada dasarnya metode kelistrikan pada semua motor adalah hampir sama yaitu mengalirkan tenaga listrik dari aki kemudian ke komponen komponen yang membutuhkan tenaga listrik, seperti pengapian misalnya.

gambar motor road race modifikasi.co.id

“Pada Motor balap biasanya menggunakan metode kelistrikan “total post” atau kelistrikan DC” , ungkapan dari blink yang selaku pemiliki bengkel gila balap motor yang mempunyai lokasi di wilayah pondokgede bekasi.
Blink sendiri menambahkan total list adalah metode kelistrikan dimana aliran listrik ke pengapian tidak menggunakan spul, melainkan langsung ke aki dan CDI.

Baca Juga Postingan Modifikasi.co.id lainya

Dengan Total lost maka tenaga yang akan di hadirkan jauh lebih besar di bandingkan dengan motor motor harian yang cenderung menggunakan metode kelistrikan AC/DC. Kalau kita bicara motor balap maka kalau menggunakan atau memakai AC/DC beban kelistrikan akan menjadi berat imbuhnya dari blink.
Apa yang di sampaikan oleh blink dari bengkel gila motor diatas maka di perkuat juga dengan sang mekanik yang bernama ” Asep Lutfi Alfaruki “. Menurut Bro Asep sendiri bila tak memakai kelistrikan total lost maka motor tidak bertenaga saat ajang balapan motor road race ataupun drag race.
Biasanya untuk aki yang digunakan yaitu aki kering yang mempunyai ukuran kecil, karena pada motor balap membutuhkann bobot yang ringan, kemudian tenaga listrik yang dihasilkan pun hendaknya menimal 12 volt dengan kapasitas aki minimal 4 ampere, ujar ASEP selaku seorang mekanik motor. Untuk Mengaplikasikan metode tersebut pada motor balap maka kurang lebih dibutuhkan biaya sekitar 3 jutaan.
Untuk Tipsnya anda bisa simak dibawah ini :

Tips Kelistrikan Motor balap yang cocok untuk road race dan drag race:

  • Yang pertama upayakan agar kelistrikan yang terdapat pada motor balap anda yaitu  stabil, konstan dalam pengisian tenaganya, agar motor bisa berlari atau melaju dengan sangat kencang.
  • Carilah di bengkel terdekat ,kalau bisa cari aki yang bemerek agar kualitasnya bagus selain itu cari juga aki  yang berkapasitas minimal 5 ampere, kenapa harus 5 ampere ,tujuanya yaitu agar tenaga listrik yang dihasilkan minimal bisa mencapai 12 volt.
  • Seorang pembalap juga harus peka terhadap kelistrikan yang terdapat pada motor tunggangannya, agar tidak terjadi kendala saat balapan,istilahnya paham dikit dikit tentang kelistrikan.
  • Jangan sampai lupa perhatikan juga pada kebutuhan kelistrikan motor anda, karena masing-masing motor balap membutuhkan kekuatan kelistrikan yang berbeda beda..

SO, jika anda masih bingung dengan kelistrikan pada motor maka anda bisa menyerahkan motor anda kepada ahlinya yaitu dengan menaruh ke bengkel modifikasi motor yang memang berkompeten untuk menaikan laju kecepatan motor.

OK itulah beberapa tips yang mungkin bisa menjadi tambahan wawasan anda mengenai kelistrikan yang terdapat pada motor balap khususnya road race dan drag race.semoga bermanfaat jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

Yang Suka Motor Road Race Masuk..! Tips Mengadopsi Kelistrikan Motor Balap | sutopo | 4.5

Leave a Reply