Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Depan Motor Honda Vario

Modifikasi.co.id – Bagi anda mungkin ketika mengalami rem yang sudah tidak pakam lagi mungkin salah satunya bisa di sebabkan dengan kampas rem yang sudah habis. Ketika anda mengendarai motor dan pada bagian depan terdengar suara decitan atau bunyi lainya bisa jadi kampas rem motor yang anda naiki tersebut juga sudah habis. Nah untuk cara menggantinya tentunya hal tersebut bisa anda lakukan sendiri karena tidak bergitu repot selain itu tentu bisa menghemat sedikit biaya perawatan motor, jadi tidak harus pergi ke bengkel motor.

Pada contoh dibawah ini saya ingin sharing informasi mengenai bagaimana cara mengganti kampas rem depan motor vario yang mungkin selama ini anda cari. Jika anda tahu , sebenarnya untuk penggantian kampas rem sendiri tidak terlalu sulit, anda tidak memerlukan tahapan yang rumit dan kunci peralatan motor yang digunakan juga sedikit.

Berikut ini adalah artikel yang saya  kutip dari blognya mas ari mengenai cara bongkar kampas rem depan vario dengan teknik yang simple dan kunci yang digunakan minim.

Peralatan Untuk Bongkar Kampas Rem

  1. Kunci L bintang ukuran T40
  2. Kunci T 8
  3. dan ampelas.

Peralatan Bongkar Kampas Rem

Selanjutnya setelah anda persiapkan peralatan tersebut, mari simak panduan atau langkah langkah bongkar kampas rem depan motor honda vario .

Bongkar Rem Kampas Motor Honda vario

  1. Yang pertama anda bisa coba untuk mengambil kunci T8, setelah itu anda bisa buka bagian baut pengikat kampas rem (dikendorkan atau dilepas). anda bisa putar ke arah kiri untuk mengendorkan baut tersebut.
  2. Setelah itu jika sudah baut tersebut sudah kendor anbda bisa cabut dan selanjutnya lepas bautnya dari kaliper.
  3. Next , anda bisa juga melepas bagian dua baut bintang, anda bisa kendorkan dengan menggunakan kunci L bintang yang sudah di siapkan sebelumnya.
  4. Nah jika anda kesulitan dalam melepas baut L bintang maka anda bisa menggunakan kunci T agar torsinya jadi lebih enteng.

Next selanjutnya anda bisa lanjutkan langkah langkahnya seperti dibawah ini :
Cara Mengganti Kampas rem motor

  1. Nah jika pada bagian baut kaliper sudah terlepas,sekarang anda bisa coba untuk tarik bagian kalipernya maka pada kampas rem nanti akan mretelin ,anda bisa lihat pada gambar diatas ini :
  2. Pada gambar diatas lihat no 2 kampas rem sudah terlepas.
  3. Coba anda perhatikan pada bagian gambar no 3, Jika ketebalan kampas rem tersebut masih diatas 1mm maka anda hanya cukup membersihkan saja bisa menggunakan ampelas tapi jika kampas tersebut sudah tipis maka biasanya anda harus mengganti dengan yang baru jika tidak maka nanti piringan/disc cakramnya nya akan aus gara2 kampas rem tersebut sudah habis.
  4. Nah lihat pada gambar no 3, jika kampas rem sudah anda bersihkan atau anda mengganti dengan yang baru maka anda bisa lanjut proses berikutnya yaitu ke pemasangan .

Pemasangan Kampas Rem Motor

Setelah anda bersihkan jika kampas rem masih , tapi jika kampas rem habis maka anda bisa menggantinya dengan yang baru , selanjutnya tinggal langkah pemasangannya. Berikut ini bisa anda simak langkah pemasanga kampasnya.

  1. Yang pertama anda bisa coba untuk mengambil kampas rem yang bagian dalam atau yang ditekan oleh piston, selanjutnya anda pasangkan ke bagian kaliper sambil baut pengikat kampas dimasukkan juga, untuk lebih jelasnya anda bisa lihat pada gambar no 1.
  2. Next , langkah selanjutnya untuk pemasangan kampas adalah untuk kampas rem yang kedua anda bisa masukan kemudian baut pengikat kampas rem dimasukkan full, bautnya tidak perlu dikencangkan dulu.
  3. Langkah selanjutnya jika pada bagian kampas dan baut pengikat sudah terpasang sempurna lihat pada gambar no 3
  4. Maka langkah berikutnya anda bisa dengan melanjutnya memasang kalipernya.

Cara Memasang kaliper honda

  1. Langkah berikutnya anda bisa masukkan kedua baut kaliper tersebut ,kemudian untuk baut L bintang kaliper ini anda bisa kencangkan menggunakan kunci L bintang T40 ,nah jika perlu anda bisa juga menggunakan kunci T8 sebagai pengait agar baut tersebut terikat dengan kencang.
  2. Untuk gambar no 2, yaitu jangan lupa untuk bagian Baut kaliper kedua di kencangkan juga.
  3. Next step berikutnya yaitu jangan lupa untuk mengencangkan baut pada bagian pengikat kampas kampas rem remnya menggunakan  kunci T8 yang sudah di persiapkan sebelumnya

Nah Mungkin sampai sini aja panduannya,bagaimana…? Cukup Mudah bukan ..! Anda bisa mempraktekan panduan diatas.

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Depan Motor Honda Vario, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id . Oya jangan lupa jika tulisan ini cukup bagus anda bisa share ke sosial media seperti facebook,twitter dan google +.

Sebelum saya tutup anda bisa berkomentar untuk sharing dan berbagi pengalaman…., ditunggu ya mas bro .. ^_^

Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Depan Motor Honda Vario | sutopo | 4.5

Leave a Reply