3 Tips Memperbaiki Motor Mati Mendadak Saat Panas dan Mengetahui Penyebabnya

Modifikasi.co.id – Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi atau yang menyebabkan motor mati mendadak saat suhu pada mesin meningkat (panas) dan mungkin anda pernah mengalami hal yang saya maksud yaitu motor tiba tiba mengalami masalah mati mendadak saat kondisi suhu mesin panas. Umumnya hampir semua orang yang mengalami hal tersebut pasti akan langsung panik dan bingung hehe dan dibenaknya sempat berfikir apa ya kira kira yang menyebabkan motor saya ini mati mendadak saat suhu panas mesin panas dan bagaimana solusi memperbaikinya..?

Untuk itu saya akan bahas tahap demi tahap hanya di www.modifikasi.co.id tempat belajar bengkel sepeda motor, dibawah ini akan dibahas hal hal yang menyebabkan motor mati mendadak dan hal ini perlu anda ketahui juga . Oiya sebagai tambahan bahwa kendaraan motor itu berbeda beda jenis permasalhanya , beda merek , beda solusinya. Tapi jika anda sudah mengetahui detail apa penyababnya maka solusi memperbaikinya sekaligus mencegahnya biasanya lebih mudah.

Anda juga bisa membaca artikel yang berhubungan dengan Bengkel Motor dibawah ini :

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda periksa saat anda mengalami masalah motor mati mendadak saat mesin panas atau kondisi suhu pada mesin meningkat bisa juga dinamakan dengan istilah Overheat

  1. Kekurangan Oli
    Kenapa oli pada mesin motor bisa berkurang..? ya hal ini biasanya disebabkan karena kendaraan atau motor tersebut sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh yang menyababkan terjadi uap panas yang bisa mengakibatkan oli bisa keluar melalui pori pori endapan mesin. Penyabab kekurangan oli mesin yang lain bisa juga dikarenakan lemahnya piston ring yang mengakibatkan motor mengeluarkan asap putih melalui knalpot *ciri ciri pada motor 4 T sehingga busi dibasahi oleh oli mesin dan juga kemungkinan busi tidak tahan lama dan akhirnya mengakibatkan mesin makan oli . Dengan begitu tentunya olinya akan berkurang terus sehingga disaat mengendarai sepeda motor pada temperatur yang panas mengakibatkan motor mati mendadak atau bisa juga orang bilang mengakibatkan motor ngejem. *ngancing.
  2. Pengapian Motor Lemah
    Kemungkinan yang lain yang menyebabkan motor mati saat kondisi suhu mesin panas selain kekurangan oli yaitu lemahnya pengapian pada motor.Dari informasi yang saya baca di internet dan dari beberapa pengalaman mekanik bengkel motor pengapian motor yang sering lemah atau tidak tahan panas adalah pada komponen spool apinya yang melemah sehingga hal tersebut bisa menyebabkan saat mesin dalam kondisi memiliki suhu yang panas maka motor akan mati dengan tiba tiba karena penyebabnya yaitu komponen motor spool yang sudah dimakan usia atau bisa juga diakibatkan krena spoolnya ada yang error/cacat sehingga beradu api antara satu dengan yang lainya. Untuk cara mengecek komponen yang satu ini apakah ada apinya atau tidak yaitu anda bisa periksa kabel hitam list merah dari spool bawah , caranya cukup simple yaitu tempelkan kabel tersebut ke bagian mesin dengan sambil memutar mesin motor yaitu dengan cara melakukan kick starter (mengenkol motor) maka dari situ nanti akan terbukti bahwa ada apinya atau tidak.
    Kemungkinan yang kedua yaitu pada pengapian komponen yang bernama CDI , nah komponen yang satu ini juga rawan jika posisi motor mendadak mati saat kondisi mesin panas, jadi anda bisa cek apakah CDI tersebut masih berfungsi atau tidak. Sedangkan untuk komponen koil kemungkinan sangat kecil karena dari beberapa pengalaman mekanik bengkel kondisi koil masih bagus .
    Jika permasalahnya belum ketemu juga mungkin bisa disebabkan pada bagian kepala ujung busi/palak busi sudah longgar atau basah atau bisa juga rusak ,maka anda bisa mengganti busi dengan yang baru ,atau jika masih bagus mungkin posisinya kurang pas, jadi hal hal tersebut bisa anda lakukan dan periksa pada motor anda.
  3. Saluran Bahan Bakar
    Nah kemungkinan yang ke tiga yaitu setelah melakukan pemeriksaan pada oli motor, kemudian pengapian motor selanjutnya yaitu pada Saluran Bahan bakarnya. Saat motor mogok gak mau hidup karena suhu mesin yang panas hal ini bisa juga mengakibatkan saluran bahan bakar bensin yang masuk ke komponen (karburator) terjadi penyumbatan ,nah hal ini maka menyebabkan minyak (bensin) tidak lancar . Terjadinya penyumbatan ini mungkin karena ada kotoran dibagian selang minyak yang mengaliri besin menuju karburator sehingga minyak (bensin) tidak normal atau bahkan tidak mengalir
    Selanjutnya kemungkinan yang lain yaitu adanya kotoran didalam komponen motor yaitu karburator. Komponen motor yang satu ini yaitu karburator biasanya sering sekali didalamnya terdapat kotoran yang berasal dari tangki minyak (bensin) motor. Nah minyak atau bahan bakar yang kotor didalam tangki motor maka akan mengakibatkan jarum spuyer dalam karburator mengalami penyumbatan dan motor bisa mati mendadak karena proses aliran bensin atau bahan bakar minyak menuju ruang bakar tidak normal .

Dari 3 permasalahan tersebut dan anda sudah mengetahui apa penyebab motor anda bisa mogok , apakah pada kondisi oli yang habis , atau pengapian motor yang lemah atau saluran bensin motor yang tidak lancar..? Jika anda sudah mengatahui apa penyebab motor anda mati mendadak maka langkah selanjtunya yaitu solusi memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Motor Mati Mendadak Saat Panas

Sebenarnya dalam hal mengantasi motor yang mati mendadak saat kondisi mesin panas yaitu sudah saya jelaskan diatas hehe ,nah hal hal diatas adalah beberapa kemungkinan penyebab motor mati mendadak, setelah anda mengetahui penyebabnya dengan melakukan beberapa pemeriksaan diantaranya pada pengapian motor yang meliputi , spool, CDI , dan koil ,kemudia juga pengecekan pada kondisi oli mesin motor dan yang terakhir yaitu aliran bahan bakar apakah normal atau tidak.

Dalam proses melakukan pengecekan tersebut maka  anda bisa melakukan proses penggantian atau memperbaikinya.

  1. Kekurangan Oli
    Jika anda sudah mengetahui bahwa oli mesin motor anda berkurang ,maka segeralah untuk membeli oli motor yang baru dan menggantinya dibengkel motor atau dimana saja yang menjual oli mesin untuk motor anda. Kalau yamaha biasanya menggunakan yamalube, kalau honda ahm oil , (oli bawaan pabrikan) tapi kalau saya sendiri menggunakan shell ax 7 hehe karena lebih Joss . Anda juga bisa menambah oli baru jika oli motor mesin anda berkurang dan juga memperbaiki yang menyebabkan oli berkurang dengan sendiri.
  2. Pengapian yang lemah
    Jika anda sudah mengetahui beberapa komponen motor yang menyebabkan pengapian lemah maka anda bisa mengganti dengan membeli komponen alat motor tersebut dengan yang baru , contoh cdinya, spool atau koilnya.
  3. Saluran Bahan Bakar
    Untuk melakukan perbaikan pada komponen ini memang agak rumit khususnya untuk pemula, tapi jika yang memperbaiki komponen ini (karburator ) sudah bisa maka bukan hal yang rumit hehe maksudnya yang sudah bisa service karburator motor sendiri. Anda bisa cek dengan teliti apakah pada bagian selang saluran bahan bakar minyak yang masuk ke karburator ada kotoran atau tersumbat, maka anda bisa bersihkan terlebih dahulu, tapi jika penyakitnya pada karburator maka anda bisa bawa motor anda ke bengkel motor agar bisa di perbaiki, karena untuk memperbaiki karburator ada bagian yang sangat sensitif ,kalau anda salah melakukannya /memperbaikinya maka bukan tambah bagus melainkan tambah rusak.

Nah hal hal diatas yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki motor mati mendadak saat kondisi mesin panas.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Demikian informasi yang membahas mengenai 3 Tips Memperbaiki Motor Mati Mendadak Saat Panas dan Mengetahui Penyebabnya,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa untuk terus kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lengkap seputar bengkel sepeda motor

3 Tips Memperbaiki Motor Mati Mendadak Saat Panas dan Mengetahui Penyebabnya | sutopo | 4.5

Leave a Reply