Written by 9:23 am Honda, Motor Bekas

Ini Dia Motor Pertama Kali Yang Menggunakan Teknologi Injeksi

Modifikasi.co.id – Bagi anda yang menyukai atau para pecinta motor injection mungkin hal dibawah ini  anda perlu mengetahui ,kenapa…? karena tentunya untuk menambah wawasan kita tentang perkembangan dan juga sejarah tentang dunia otomotif khusunsya sepeda motor.

Cara kerja motor injeksi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang masih menggunakan karburator yaitu sama sama berfungsi untuk memproses bahan bakar ,dan biasanya motor motor yang sudah menggunakan teknologi fuel injeksi tersebut umumnya bahan bakar yang digunakan lebih irit dan juga ramah lingkungan.

Dapat kabar dari bro Anggoro dia menemukan referensi situs yang cukup bagus untuk saya jadikan topik pembahasan di blog modifikasi.co.id yaitu Motor Pertama kali yang menggunakan Teknologi Injeksi.Dari tadi kita membahas mengenai motor injeksi , memang apa sih itu motor injeksi …?

Pengertian Motor Injeksi

Menurut wikipedia pengertian motor injeksi adalah sebagai berikut ini :

Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.

Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen. Hal ini, menjadikan injeksi bahan bakar dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.

Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal, namun sekitar tahun 1980-an mulai banyak menggunakan sistem elektronik. Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu, injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.

Nah untuk kelebihan motor injeksi, nanti saya akan bahas di topik yang lain karena di topik ini saya hanya membahas motor yang pertama kali menggunakan teknologi fuel injection tersebut.

Motor yang menggunakan mesin 2 silinder , 4 stroke yang sudah di bekali dengan OHV turbocharged, liquid-cooled dimana motor ini mempunyai kapasitas mesin 496 cc yang mempunyai tenaga power maksimal bisa sampai 82 hp dengan sekali putaran 8000 rpm sedangkan untuk torsinya sendiri motor ini maksimal bisa sampai 8.1 kgm dengan putaran 5000 rpm. Untuk transmisinya sudah bisa menggunakan 5 speed ,untuk suspensinya sendiri  khussunya untuk bagian depan di bekali dengan menggunakan Telescopic sedangkan untuk bagian belakang dibekali dengan menggunakan swingarm . Motor  pabrikan  Honda yang satu  ini adalah menjadi Motor pencetus Pertama kali yang menggunakan teknologi injeksi. Nah bagi anda yang sudah penasaran Motor apakah yang saya maksud …? Langsung cek dibawah ini

Spesifikasi Motor Honda CX500 TURBO – 1981

Motor Injeksi Pertama Kali

Engine 2-cylinder V 80 ° 4-stroke, OHV turbocharged, liquid-cooled
Displacement 496.9 cc
Bore and stroke 78 x 52 mm
Max power 82 hp at 8000 rev / min
Max torque 8.1 kgm at 5000 rev / min
Supply electronic injection
Exchange 5 speed
Clutch multidisc wet
Start electric
Frame diamond, tubular steel
Front suspension. Telescopic
Rear suspension. swingarm
Front brake. Double disc
Brake post. disc
Weight 239 Kg

Untuk Penampan mesin motornya anda bisa lihat dibawah ini :

mesin cx500

Informasi diatas saya dapat valid dari situs http://www.marrocchimoto.com/en/storia-delle-moto/honda-cx500-turbo-1981.html,anda bisa langsung melihat halaman tersbeut untuk memastikanya.

OK mungkin sampai disini dulu , nantikan postingan selanjutnya yang lebih joss hoho.

Demikian informasi yang membahas mengenai  Motor Pertama Kali Yang Menggunakan Teknologi Injeksi ,semoga informasi diatas bermanfaat buat anda dan menambah wawasan mengenai motor injeksi.

(Visited 126 times, 1 visits today)
Tags: , , , , , , , Last modified: Jun 11, 2015