4 Tips Merawat Komponen Sistem Kelistrikan Pada Mobil

Modifikasi.co.id – Seperti yang kita lihat perkembangan otomotif di tahun 2015 lumayan cukup pesat, selain itu juga teknologi yang diusung juga semakin maju. Lambat laun tapi pasti itulah perkembangan teknologi. Seperti pada perangkat elektronik lainnya ,mobil juga mempunyai sistem kelistrikan didalamnya yang perlu kita rawat agar awet dan juga ada beberapa komponen fitur yang menggunakan rakayasa elektronik yang terbenam di dalam mobil.

Fitur yang terdapat pada mobil tentunya ada sebagian yang sudah disematkan ke dalamnya dimana fitur tersebut kebanyakan menggunakan fitur elektrikal mobil. Fitur ini memberikan kenyamanan bagi pengguna mobil didalamnya. Fitur yang satu ini berguna untuk sistem kendali dan juga berbasis kecerdasan buatan.
Agar fitur yang terdapat pada mobil khususnya yang mengandung fitur elektrikal mobil agar lebih awet maka anda bisa baca tips dibawah ini :

Kelistrikan pada mobil

  1. Power window mobil
    Fitur yang satu ini tentunya berfungsi untuk membuka dan juga menutup kaca jendela mobil secara elektrik . Ada juga power windows mobil yang sudah otomatis buka nutup kaca jendela mobil , Nah seperti yang kita ketahui , untuk menggerakan kaca jendela mobil tersebut , komponen ini menggunakan alat motor , roda gigi penggerak dan juga switch.
    Bila kinerja naik turun kaca jendela mobil mengalami gangguan misalnya saja seret atau power windows macet, biasanya disebabkan oleh kotoran yang menempel pada kaca atau bisa juga karet kaca sudah getas , Kalau power mobil seret atau macet maka kerja motor dan roda gigi penggerak akan semakin berat kerjanya. nah hal ini lah yang menjadi sebab power windows mobil cepet mati maka anda harus perhatikan hal sederhana tersebut.
  2. Remote kunci mobil
    Selain mobil bisa dikendalikan melalui panel kemudi, central door lock juga dapat dikendalikan melalui remot kunci mobil. Remote kunci mobil ini dapat berfungsi mengendalikan central door lock kira kira lebih dari jarak 5 meteran. Anda tinggal menekan tombol “lock” maka seluruh pintu mobil akan terkunci secara otomatis. remote kunci mobil ini juga di lengkapi dengan tombol kendali aram mobil , sedangkan untuk kerusakan yang sering terjadi pada remote kunci mobil yaitu disebabkan karena baterai yang lemah.
  3. Penggerak jok mobil elektrik
    Ada beberapa mobil yang dilengkapi dengan fitur yang satu ini, fitur ini menjadi kelengkapan standard mobi. Posisi jok mobil juga dapat diatur maju atau mundur sesuai dengan kebutuhan dan juga ketegakan untuk sandaran yang bisa di kontrol elektrik. Semua hal tersebut digerakan dengan motor penggerak atau dinamakan dengan istilah dinamo. Untuk perawatan jok mobil elektrik ,treatmentnya sama dengan perawatan yang terdapat pada power windows mobil yaitu anda bisa coba membersihkan bagian kolong jok dan rel penggeraknya.
  4. Spion mobil elektrik
    Untuk posisi kaca spion ternyata dapat atau bisa diantur dengan mudah di panel control oleh pengemudi . Untuk cara penggunaanya tentunya pengemudi tinggal menekan bagian tombol untuk mengaturnya. Cara merawat spion mobil elektrik sebenarnya cukup mudah anda bisa dengan cara menyemprotkan contact cleaner untuk membersihkannya.

Nah itulah 4 Tips Merawat Komponen Sistem Kelistrikan Pada Mobil yang bisa anda coba dirumah. tips yang lain anda juga bisa berkunjung di halaman tips mobil ,dihalaman tersebut anda akan menemukan banyak tips seputar dunia otomotif khususnya untuk kendaraan roda 4.

Demikian informasi yang membahas mengenai beberapa tips cara merawat komponen sistem kelistrikan pada mobil ,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id jangan lupa juga untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

4 Tips Merawat Komponen Sistem Kelistrikan Pada Mobil | sutopo | 4.5

Leave a Reply