8 Tips Cara Merawat dan Memperbaiki Motor 4 Tak Yang Terendam Air

Modifikasi.co.id – Mungkin diantara kita ada banyak yang mempunyai motor 4 tak atau 4 langkah , dan umumnya motor yang kita miliki tersebut lama kelamaan kalau kita gunakan pasti ada perawatanya agar mesin dan performance motor tetep maksimal dan awet.Berikut ini saya ingin sharing informasi yang membahas mengenai 8 tips yang bisa di praktekan untuk melakukan perawatan pada motor yang mempunyai mesin 4 tak.

Kasus dibawah ini yaitu apa bila mesin yang terdapat pada motor terendam air akibat banjir atau terperosok dalam sungai sehingga mengakibatkan air masuk ke dalam mesin,nah untuk cara memperbaikinya anda tidak perlu melakukan bongkar mesin,tapi anda perlu melakukan beberapa hal dibawah ini :

Perawatan Motor

  1. Anda bisa lepaskan terlebih dahulu filter udara dari sarangannya kemudian setelah itu anda bisa mencoba untuk mengeringkan dengan lap yang bisa meresap sehingga filter yang basah tersebut bisa kering.
  2. Kemudian setelah itu anda bisa keringkan bagian koil dan juga distributor serta kabel busi dari air , anda bisa gunakan lap yang kering untuk mengeringkan bagian bagian tersebut.
  3. Selanjutnya anda bisa menguras oli yang terdapat pada mesin dengan membuka penutup (biasanya letaknya ada dibagian bawah mesin ,anda bisa keluarkan oli tersebut sampai habis agar bisa tuntas anda juga bisa bersihkan filter olinya
  4. Selanjutnya setelah bersih anda bisa mengisi mesin dengan  menggunakan ” Oli spesial yang larut dengan air” yaitu Shell Dromus B , Esso Kutwell 30, 40,45 atau 50 , Mobilmet 122/110. atau TOTAL Lactuca LT2 . Oya umumnya isi oli normal adalah 0.9 liter maka anda harus mengisi oli satu liter full
  5. Next , anda bisa coba untuk gerakkan mesin dengan menggunakan starter kaki (engkol) tanpa dikontak (tanpa di hidupkan) sekitar 30 kali (posisi katup bensin tertutup)
  6. Kemudian setelah langkah diatas anda praktekan ,Kuras oli pelarut tersebut (dengan cara melepas baut dan semprot menggunakan kompresor) sampai  benar benar habis dan jangan lupa anda bisa perhatikan warnanya jika warna oli tersebut memiliki warna putih susu itu menandakan bahwa ada air yang dilarutkannya dan tunggu sekitar satu jam agar semua cairan oli pelarut terkuras habis.
  7. Lanjut langkah berikutnya yaitu setelah oli untuk pelarut air tadi habis anda bisa mengisi Oli mesin motor anda menggunakan Oli dari Pertamina ENDURO atau Mesran Super 20W50. Setelah anda mengisi oli dan dirasa sudah cukup maka anda bisa coba hidupkan mesin dan jalankan mesin sampai 1 jam agar mesin cukup panas. Setelah itu anda kuras kembali oli dari dalam mesin dan pastikan sudah tidak ada air dalam oli dan pada filter oli.
  8. Setelah anda kuras , lanjut dengan cara yang sama yaitu mengisi Oli mesin dengan menggunakan oli Enduro atau Mesran Super 20W/50 dan jalankan mesin seperti biasa.
  9. Semoga Berhasil dan Selamat Mencoba.

Nah itulah 8 Tips bagaimana memperbaiki motor 4 tak jika pada bagian mesin terdapat air karena terendam atau apa hal apa saja.

Demikian informasi yang memabahas mengenai 8 Tips Cara Merawat dan Memperbaiki Motor 4 Tak Yang Terendam Air semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung , jika artikel diatas dirasa bermanfaat anda bisa bagikan melalui facebook,twitter dan google + pada button dibawah ini

8 Tips Cara Merawat dan Memperbaiki Motor 4 Tak Yang Terendam Air | sutopo | 4.5

Leave a Reply