6 Tips Jitu Merawat Wiper Mobil dan Cara Membersihkannya

Modifikasi.co.id – Hujan adalah salah satu halangan yang sering terjadi saat kita melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 , hal ini tentunya menjadi halangan juga untuk kendaraan beroda 4 . Nah untuk roda empat sendiri peran wiper sangat berguna sekali untuk membersihkan kaca bagian depan.Wiper pada mobil jika anda belum mengetahuinya yaitu berfungsi untuk membantu pengemudi membersihkan air ketika terjadi hujan atau debu yang menempel pada kaca depan sehingga menghalangi pandangan pengemudi.

Wiper yang seret pergerakanya sejatinya bukan hanya pada bagian karet wipernya saja , akan tetapi bisa juga mencangkup seluruh komponen yang menunjangnya misalnya saja seperti komponen sistem mekanik wiper, dinamo, gigi serta sistem kelistrikannya.
Agar fungsi wiper bisa maksimal dan sempurna selalu bekerja optimal tentunya harus dilakukan perawatan akan lebih optimal yaitu dengan cara membersihkan agar awet. Sangat di anjurkan untuk melakukan perawatan rutin ,nah untuk perawatanya sendiri ada banyak , anda bisa lihat beberapa tips dibawah ini yang bisa anda jadikan referensi .

Tips merawat wiper mobil dan cara membersihkan wiper mobil

  1. Yang pertama anda bisa cek kondisi terlebih dahulu pada karet wiper mobil anda , bila ditemukan retakan atau karet yang sudah lapuk, maka sebaikbnya anda melakukan pergantian pada karet wiper mobil tersebut.
  2. Saat anda membersihkan wiper pada mobil , jangan mengelap pada pinggiran karet karena disitu akan terdapat bagian komponen lapisan kimia yang akan menjaga elastisitasnya
  3. Saat anda melakukan pembersihan pada wiper mobil , maka dianjurkan untuk memasang stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil .
  4. Untuk membersihkan karet wiper pada mobil anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih wiper yang biasa di jual di toko toko atau bengkel motor dan mobil.
  5. Setelah anda membeli cairan wiper yang di beli di toko bengkel mobil anda bisa tuangkan cairan wiper tersebut “JANGAN LUPA BACA CARA MENGGUNAKANYA” bersama dengan air ke dalam wadah yang akan di gunakan untuk untuk membersihkan wiper mobil tersebut.
  6. Setelah itu anda bisa periksa secara berkala pada bagian poros wiper. Anda bisa semprotkan perlumas khusus untuk menjaga agar wiper tetap lancar dalam pergerakanya. Anda bisa menggunakan cairan pelumas seperti semprotan WD cleaner

Perlu anda ketahui bahwasanya karet pada wiper mobil biasanya selalu mempunyai batas waktu pemakaian. Masa kelayakan karet wiper memang tidak bisa dipastikan , namun tentunya bisa kita kenali ciri cirinya untuk mengetahui apakah masih layak pakai atau tidak yaitu dengan cara melihat dari fungsinya apakah sudah tidak menyapu air dengan baik atau masih bisa bekerja sebagaimana mestinya. Biasanya kerusakan pada karet wiper ini menyebabkan masalah pada kinerja wiper itu sendiri yaitu seret bergetar saat digunakan istilahnya dalam menyampu kurang keset (kurang bersih dan tidak maksimal)

Nah beda lagi jika kita mengalami wiper mobil tidak bergerak atau wiper mobil tidak bekerja dengan baik sebagai mana mesti fungsinya. tentu saja ini terdapat masalah pada mekanik , maka sebaiknya anda bisa segera bawa mobil anda ke bengkel service mobil terdekat untuk membetulkan wiper pada mobil tersebut yang tidak bisa bekerja sesuai fungsinya.
Nah jika anda ingin mempunyai mobil yang wiper mobilnya awet dan normal tentunya anda bisa lakukan tips tips diatas untuk merawat wiper pada mobil anda , sekaligus membersihkanya . Semoga artikel diatas dapat membantu anda ,semoga bermanfaat terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id ,jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

6 Tips Jitu Merawat Wiper Mobil dan Cara Membersihkannya | sutopo | 4.5

Leave a Reply