Persiapan Tools Kit / Peralatan Bengkel Sepeda Motor Lengkap

Modifikasi.co.id –  Bagi anda yang mempunyai keinginan untuk membuka usaha bengkel sepeda motor  maka hal yang paling utama adalah untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar usaha bengkel berjalan dengan lancar. Nah salah satunya yaitu dengan mempersiapkan peralatan bengkel sepeda motor

Dalam melakukan aktifitas per bengkelan maka mau tidak mau peralatan sepeda motor yang kita miliki harus lengkap ,jika tidak lengkap tentunya kita akan kesulitan dalam melakukan pembongkaran pada motor dan hal lainya yang berhubungan dengan motor.

Ada 2 jenis peralatan bengkel sepeda motor yang harus dipersiapkan saat ini untuk membuka usaha bengkel sepeda motor,nah peralatan tersebut diantaranya yaitu

  1. Peralatan Bengkel Sepeda Motor manual
    Peralatan ini yaitu masih menggunakan atau memakai tenaga tangan (hand tool)
  2. Peralatan Bengkel Sepeda Motor Mesin
    Perlatan yang umumnya sudah menggunakan bantuan mesin (mesin tools or power tool)

Nah dibawah ini ada gambaran beberapa perlengkapan (tool kit) yang akan dijelaskan satu persatu ,apa saja yang harus disediakan peralatanya untuk membuka usaha bengkel, jika pelaratan bengkel motor kita minim atau kurang lengkap maka tentunya saat kita menjalankan usaha tersebut tidak akan berjalanan dengan lancar dan tentunya akan membuat konsumen kecewa karena pelayanan kita kurang memuaskan dalam menyelesaikan masalah pada motornya. Untuk itu perlunya persiapan yang matang dalam membuka usaha bengkel motor dan peralatan bengkel sepeda motor yang lengkap agar dalam menekuni bisnis ini berjalan sebagaimana yang di planingnya

Dibawah ini juga akan dijelaskan beberapa tools yang digunakan untuk melakukan aktifitas perbengkelan , nah peralatan tersebut diantaranya peralatan bengkel sepeda motor manual yaitu dengan menggunakan tenagan tangan (hand tools) dan yang kedua yaitu dengan menggunakan peralatan bengkel sepeda motor dengan bantuan mesin atau bisa juga disebut dengan machine tools or power tools . Ingat dalam membuka usaha bengkel harus niat yang manteb, dan peralatan yang lengkap ditambah segala persiapannya juga.

Peralatan bengkel sepeda Motor dengan alat manual yaitu memakai tenaga tangan (Hand Tools)

  1. Kunci T

    Nama Kunci Ukuran
    Kunci T 7 mm
    8 mm
    9 mm
    10 mm
    12 mm
    14 mm
    17 mm
  2. Kunci Pas Ring
    Nama Kunci Ukuran
    Kunci Pas Ring 8 mm
    9 mm
    10 mm
    12 mm
    14 mm
    17 mm
    19 mm
    21 mm
    22 mm
    24 mm
    27 mm
    32 mm
  3. Kunci Ring
    Nama Kunci Ukuran
    Kunci Ring 8 dan 9 mm
    8 dan 10 mm
    10 dan 12 mm
    12  dan 14 mm
    14 dan 17 mm
    17 dan 19 mm
  4. Kunci Pas
    Nama Kunci Ukuran
    Kunci Pas 8 mm
    10 mm
    12 mm
    14 mm
    17 mm
    19 mm
    21 mm
    22 mm
    24 mm
    27 mm
    32 mm
  5. Kunci Bintang
    Kunci bintang ini harus dimiliki karena biasanya digunakan untuk membuka baut pada cakram motor yang terpasang di bagian tabung shock depan, biasanya dijual per paket atau set.
  6. Kunci Shock dan Tangkainya
    Nama Kunci Ukuran
    Kunci Shock 8 mm
    9 mm
    10 mm
    12 mm
    14 mm
    17 mm
    19 mm
    21 mm
    22 mm
    24 mm
    27 mm
    32 mm
  7. Kunci L
    Untuk pembelian kunci L ini sebaiknya jangan membeli eceran , tapi membeli satu set atau satu paket ,jadi lebih lengkap dan lebih murah.
  8. Kunci Inggris
    Untuk kunci inggris ini anda bisa membeli dengan ukuran minimal 300 mm
  9. Kunci Busi
    Anda juga bisa membeli perlengkapan kunci busi untuk 2 jenis motor yaitu untuk motor bebek 4 tak , motor sport 4 tak dan motor 2 tak.
  10. Obeng
    Untuk obeng sendiri ada 2 macam jenis yaitu obeng plus (+) dan obeng min (-) , usahakan kedua obeng tersebut ada dan sesuaikan dengan keperluan
  11. Obeng Ketok
    Anda juga bisa mencari obeng ketok yang dilengkapi dengan mata obeng ketoknya
  12. Tang
    Anda bisa membeli beberapa macam jenis tang, diantaranya yaitu tang biasa, tang buaya, yang potong, tang sllip buka, tang sklip tutup dan tang steel
  13. Palu
    Untuk palu ini juga sangat penting untuk mendukung peralatan bengkel , untuk palunya sendiri ada 2 jenis yaitu palu besi dan juga palu karet usahakan keduanya ada.
  14. Pahat
  15. Gergaji Besi
  16. Kikir
    Untuk kikir sendiri ada 2 jenis yaitu kikir plat dan kikir bulat
  17. Snei dan Tap
    Peralatan yang satu ini digunakan untuk merubah drat yang rusak atau sudah dol
  18. Ragum
  19. Kunci Y Cabang Tiga
    Nama Kunci Ukuran
    Kunci Y 8 – 10- 12 mm
    12-14-17 mm

Semua peralatan atau tools yang saya sebutkan diatas adalah peralatan bengkel sepeda motor yang standard yang hukumnya wajib ada dan memang harus disediakan untuk memulai usaha bengkel , dengan menggunakan peralatan bengkel sepeda motor yang manual (hand tools) maka akan mempermudah anda. Sebenarnya masih banyak lagi peralatan bengkel sepeda motor yang lain contohnya seperti trekker buka magnit, trekker buka dan pasang kopling dan masih banyak lagi lainya. Jangan lupa untuk mempersiapkan juga peralatan yang lain jika bengkel anda sudah besar,jadi lengkapi lah peralatan bengkel sepeda motor anda dengan berjalannya waktu.

Peralatan bengkel sepeda motor dengan memakai alat mesin (Machine Tools or Power Tools)

Jika diatas tadi adalah perlengkapan peralatan sepeda motor yang menggunakan tangan maka dibawah ini adalah beberapa peralatan bengkel motor yang menggunakan alat mesin. beberapa alat mesin yang diperlukan bengkel diantaranya bisa dilihat dibawah ini :

  1. Kompressor
    Kompresor sendiri ada 2 macam jenisnya yaitu yang hidupnya dengan menggunakan daya listrik dan ada yang menggunakan bahan bakar minyak bensin atau solar. Nah bagi anda yang ingin membeli kompresor maka sesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan pada bengkel anda. Tapi intinya anda harus memiliki mesin kompresor yang sudah dilengkapi dengan alat penyemprotan angin dan alat untuk pengisian angin ban.
  2. Multester
    Peralatan yang satu ini berfungsi untuk membantu kita dalam melakukan pengecekan kabel,mengetahui pengapian yang lemah dan juga mengetahui tendangan kompresor mesin motor intinya kelistrikan pada motor.
  3. Solder Listrik
    Jangan lupa juga untuk menyediakan Peralatan yang satu ini yang dilengkapi juga dengan timahnya, peralatan ini juga berfungsi untuk menyambung kabel dan perangkat elektronik lainya.
  4. Fuller
    Alat yang satu ini yaitu digunakan untuk mengukur kerenggangan tiang payung klep dengan piano klep (rocker arm)
  5. Bor dan Mata Bor
    Peralatan ini juga berguna untuk mengebor bagian motor yang memang harus di modifikasi , umumnya bor ini digunakan untuk meninggikan motor , membuat lubang pada motor dan lain sebagainya.
  6. Las Listrik
    peralatan yang satu ini digunakan untuk melakukan penyambungan pada besi ,atau kerangka motor , sebaiknya membeli perangkat ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Semua peralatan sepeda motor diatas baik yang menggunakan peralatan bengkel sepeda motor manual yaitu dengan menggunakan tenaga tangan (hand tools) atau dengan menggunakan peralatan bengkel sepeda motor menggunakan bantuan mesin (machine tools of power tools) adalah salah satu persiapaan permulaan dalam menjalani usaha bengkel motor. Untuk melengkapi peralatan sebaiknya dilakukan saat usaha anda semakin sukses,jangan lupa untuk memprioritaskan layanan yang baik agar konsumen puas dan bisa balik lagi ke bengkel anda.

Baca Juga Artikel Yang berkaitan tentang Usaha Bengkel Motor Lainnya :

  1. 3 Tips Memulai Usaha Bengkel Motor
  2. Tips Tentang Peralatan bengkel Sepeda Motor
  3. Tips Tentang Manajemen Bengkel Sepeda Motor
  4. Daftar Nama Alat dan Harga Peralatan Bengkel Sepeda Motor
  5. Belajar dan Kursus Bengkel Motor Gratis
  6. Tips Membuat Proposal usaha bengkel sepeda motor untuk pengajuan pinjaman ke Bank

Demikian informasi yang membahas mengenai Persiapan Tools Kit / Peralatan Bengkel Sepeda Motor Lengkap,mudah mudahan bermanfaat buat siapa saja yang ingin menjalani dan menekuni usaha bengkel sepeda motor . Jangan lupa untuk terus kunjungi website www.modifikasi.co.id untuk mendapatkan informasi terbaik seputar bengkel , modifikasi dan lain sebagainya.

(Visited 1 times, 1 visits today)
sutopo

Seorang Blogger biasa yang suka banget dengan dunia otomotif , mulai dari motor drag ,modifikasi motor dll . Keseharian hanya menulis di website pribadi dan situs besar lainya. Yang Pengen Kenalan Monggo Invite PIN BBMku 5715885A

Artikel Terkait

Leave a Comment