Keinginan Untuk Bertualang Keindahan Palangka Raya Dengan Daihatsu Terios

Modifikasi.co.id – Sebagai seorang blogger otomotif yang suka dengan dunia otomotif rasanya tidak sah kalau perjalanan touring tidak di dokumentasikan melalu blog/websitenya. Sudah lama sekali saya mempunyai keinginan untuk berpetualang melihat keindahan Palangka Raya dengan mengendarai mobil daihatsu terios yang cocok sekali untuk “Sahabat Petualang”¬†walaupun belum bisa nyetir hehe ūüėÄ tapi jika sudah memiliki mobil tersebut tentunya saya akan belajar dan bisa menyetir mobil sendiri.

Well, rasa iri ketika melihat teman teman blogger berpetualang dan berfoto dengan tunggangannya baik menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil, salah satu yang membuat saya iri dan rasa yang terbakar bakar adalah melihat foto foto liburan e kang iwb (iwan banaran) founder iwanbanaran.com

Iwan banaran touring

Liburan Iwan Banaran

Foto foto diatas adalah foto yang saya ambil dari profile facebook kang iwb

Ditambah lagi beberapa fotone wak haji (taufik hidayat) founder tmcblog.com

Taufik Hidayat TMCblog

Taufik Hidayat TMCblog.com

2 Blogger otomotif kondang diatas sedang berfoto di tempat seng mbuh aq aja gak dong hahaha..! Jall piye perasaan mu nek lihat foto foto kyak gitu ,pasti pengen to hehe ūüėÄ saya aja pangen..! tapi sampai saat ini keinginan saya tersebut belum tercapai semoga aja dengan mengikut lomba blog yang diadakan oleh¬†viva.co.id¬†( klik disini http://log.viva.co.id/terios7wonders2015 untuk melihat halaman lomba blog ¬†) dengan Tema Borneo Wild Adventure, saya bisa menang.. !

Sebenarnya sebelum saya menulis artikel ini ,saya sempat bingung kira kira menulis artikel tentang apa ya..? soalnya pengalaman untuk piknik/berwisata ditempat tempat destinasi yang di lombakan belum pernah ada pengalaman sama sekali. Tempat 7 Destinasi Borneo Wild Adventure sama sekali belum pernah ada yang saya kunjungi seperti¬†Palangkaraya, Kruing, Pulau Kaget & Kandangan ,Amuntai & Balik papan, Samarinda, TN Kutai, Maratua sedih tenan bro..! :3 wes jomblo, ra tahu piknik , melaseee jiannn…! ūüôĄ .

Sebagai Blogger otomotif hal yang paling banyak dan sering ¬†saya lakukan adalah menulis dan melakukan review kendaraan baik sepeda motor atau¬†mobil.¬†Oya Informasi lomba blog yang akan saya ikut ini yaitu #terios7wonders2015¬†pertama kali saya mengetahuinya informasinya yaitu melalui group facebook, group tersebut¬†bernama¬†Koboys¬†. Koboys adalah group facebook yang berisi komunitas blogger motor yang berdomisil di jogjakarta . Kepanjangan dari Koboys sendiri adalah¬†“Kanggo Ngraketke Paseduluran ”¬†(Untuk Merekatkan Tali Persaudaraan)¬†wahana silaturahmi anak bangsa yang memiliki kesamaan visi dan semangat memelihara persatuan, persaudaraan dan kebersamaan jika anda penasaran bisa berkunjung di¬†http://koboys.wordpress.com/

Koboys Jogjakarta

Kemudian saya komen untuk menuju TKP karena penasaran …! xixix¬† ūüėé

Dari group tersebut saya tiba tiba terpacu untuk membuat tulisan dan mengikuti lomba blog yang diadakan oleh viva.co.id. Oya alasan yang paling kuat saya membuat tulisan ini adalah ingin berfoto foto saat berpetualang di palangkaraya dengan daihatsu terios selain itu tentunya laptop mac book pro karena laptop yang saya miliki sudah tua dan untuk spesifikasinya udah K.O . Dengan laptop mac book pro tersebut harapanya saat saya ngeblog aktifitas saya lancar jaya dan semakin produktif untuk menulis artikel yang bermanfaat buat pembaca blog yang saya kelola.

Perlu diketahui bahwa di halaman ini kurang lebih saya akan menulis keinginan saya mengenai berpetualang dengan mobil¬†Daihatsu Terios dengan menikmati keindahan kota palangkaraya dan mereview mobil dari pabrikan daihatsu karena pengalaman saya belum ada sama sekali untuk 7 tempat destinasi¬†Borneo Wild Adventure¬†tersebut ,jadi yang saya tulis di blog ini hanya keinginan dan juga review mobil terios¬† ¬†xixixi ūüėÄ Lha gimana …?¬†Mau ikutan kontes lomba blog gak punya pengalaman kan jadi masalah ūüôĀ sebenarnya sedih ,tapi dengan NIAT>TEKAD>PASSSION¬†saya optimis memberanikan diri untuk mengikuti lomba blog. Belum adanya pengalaman bukan menjadi hambatan saya untuk mencoba mengikuti lomba yang diadakan viva.co.id

1. Kota Palangka Raya

OK¬†sekarang kita akan melakukan review dulu kota palangkaraya sebelum benar benar berpetualang kalau MENANG Lomba blognya.. hehe ūüėĬ†,btw emang ada apa saja sih kota tersebut kok katanya memiliki keindahan tersendiri, makanan khas dan juga budaya yang unik.

Kota Palangkaraya

Kota palangkaraya memiliki slogan yaitu “Palangkaraya kota cantik yang merupakan ibu kota provinvi kalimantan tengah yang menyimpan keindahan alami didalamnya makanya itu saya mempunyai keinginan untuk berfoto foto di tempat ini . Dikota ini terdapat beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi oleh warga kota palangkaraya maupun wisatawan asing. Coba anda perhatikan gambar diatas , indah sekali bukan , gambar diatas saya ambil dari blog¬†https://ristiyono.wordpress.com/ karena untuk documentasi saya sendiri belum ada jadi mengambil referensi dari blog orang lain .

a. Danau Tahai

Danau tahai

Gambar diatas adalah penampakan dari danau Tahai yang terletak di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kotamadya Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah. Danau ini adalah danau alam yang terbentuk karena adanya perubahan aliran sungai Kahayan tapi ada juga yang bilang bahwa Danau Tahai ini terbentuk karena akumulasi genangan air di lokasi penambangan pasir ,dari informasi yang saya dapatkan data diatas belum ada yang valid dan sampai saat ini belum ada data resmi mengenai terbentuknya Danau Tahai ini. Oya Danau ini terletak kurang lebih 30 km dari Kota Palangkaraya menuju ke daerah Sampit. Kata Tahai sendiri berasal dari bahasa Dayak yang berarti danau.

Perlu diketahui juga bahwa danau tahai ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh danau danau lainya .Kenapa memiliki keunikan ..? karena danau ini memiliki air yang berwarna merah yang disebabkan oleh akar akar pohon dilahan yang gambut. Disekitaran danau tersebut pengunjung objek wisata juga bisa menyaksikan pemandangan yang bagus dan uniknya disitu yaitu terdapat rumah rumah terapung yang oleh penduduk setempat disebut dengan nama rumah lanting.
Lokasi danau ini sebenarnya tidak sulit untuk dijangkau karena memang lokasinya berada di pinggir jalan palangkaraya ,anda bisa berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan kendaraan umum. Untuk anda yang menggunakan tranportasi kendaraan seperti Bus jurusan palangkaraya – sampit dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 30 KM dan turun di desa tahai. Dari desa tersebut pengunjung bisa langsung menuju lokasi danau tersebut dengan berjalan kaki.
Danau tahai selain memiliki panorama yang sangat indah , objek wisata yang satu ini juga di mempunyai sarana akomodasi dan fasilitas yang lumayan cukup lengkap diantaranya yaitu , sepeda air angsa, tempat duduk santai,perahu /bermotor yang bisa anda sewa untuk keperluan berkeliling danau, jembatan/titian penghubung, tempat karaoke, rumah makan terapung, dan masih banyak lagi lainya. Oya untuk daerah danau tahai ini juga terdapat rumah rumah penginapan yang di banderol dengan harga lumayan cukup murah yaitu sekitar 75 ribu samapai 200 ribu /malam pada zaman dulu tahun 2008.

Ditempat ini saya mempunyai keinginan untuk berfoto sambil menikmati keindahan alam didanau tahai.semoga aja terkabul ..! Aminnn #keinginanpertama

b. Arboretum Nyaru Menteng

Arboretum Nyaru Menteng

Selanjutnya untuk anda yang sudah bosan dengan pemandangan danau tahai ,maka tidak jauh dari lokasi danau tahai ini ( +/- 1 km ) lokasi pangkaran orang utan nyaru menteng milik yayasan BOS (Borneo Orangutan Survival). Kalau untuk pemandangan yang satu ini dijamin anda akan melihat kelucuan yang dilakukan oleh orang utan yang barada di kandangnya.

Ditempat ini saya ingin berfoto (kalau memungkinkan) sama orang utan , karena seumur hidup belum pernah foto , jadi ingin sekali mengabadikan moment berfoto sama orang utan. #Keinginankedua

Danau tahai keren

Selain anda bisa melihat kelucuan tingkah laku yang dilakukan oleh orang utan ,anda juga bisa mencoba melakukan tracking ke dalam hutan yang masih terjaga kelestariannya khususnya di area penangkaran ini . Untuk tempat penangkaran ini berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari internet bahwa jadwalnya tidak buka setiap harinya , hanya pada hari2 tertentu yaitu hari minggu dan hari hari libur lainya.

Untuk yang ingin masuk ke dalam hutan tersebut anda tidak usah takut dengan tanah yang berupa gambut yang tergenang air karena di sana ada juga lho jalan lain yang disediakan berupa jembatan jembatan kayu yang mengelilingi area hutan contohnya  bisa dilihat dibawah ini

Danau tahai terbaru

c. Museum Balanga

Sepeti yang di kutip dari wikipedia.org , Museum Balanga adalah museum yang berlokasi di Kota Palangka Raya, provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Museum Balanga berlokasi di Jalan Tjilik Riwut, hanya sekitar 2,5 km dari Bundaran Besar. Jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, dengan transportasi umum juga sangat mudah.

Keberadaan Museum Balanga memang belum banyak diketahui oleh publik. Bahkan masyarakat Kalteng sendiri banyak yang masih belum mengetahui keberadaan museum ini, padahal museum ini ada sejak 1973. Didirikan oleh Pemda Kalteng mulanya sebagai museum daerah. Seiring dengan kebijakan pemerintah pusat bahwa setiap provinsi memiliki museum yang menampilkan keunikan kebudayaan dan kekayaan alam setempat, maka pada tahun 1990 Museum Balanga menjadi museum provinsi.

http://traveling-kiancantik.blogspot.com/

http://traveling-kiancantik.blogspot.com/

Museum Balanga memiliki berbagai jenis koleksi hasil kebudayaan material (benda budaya) yang dikelompokan menjadi koleksi ethnografi, historika, arkeologi, keramologika, numismatika & heraldika. Sementara benda alam dikelompokan menjadi koleksi biologika dan geologika. Koleksi museum tersebut sebagian dipajang di 2 gedung sebagai pameran tetap, selebihnya ditata di gundang koleksi.

Ketika anda memasuki ruang pameran maka anda akan merasakan suasana kehidupan tradisional suku Dayak. Koleksi ditata berdasarkan daur hidup, dimulai dari peralatan upacara fase kelahiran, perkawinan dan terakhir kematian. Pemandu tak akan lupa menceritakan kepada anda tentang keunikan upacara Tiwah. Di sini anda akan melihat keunikan senjata tradisional seperti Sumpit, Duhung, Mandau, miniatur rumah panjang yang disebut Betang, alat pengundang ikan yang disebut Mihing, patung Sapundu danHampatung Karuhei, jimat Penyang, aneka barang kuningan, aneka tempayan keramik asal Cina dari dinasti Ming dan Ching yang disebut Balanga dan piring Malawen. Masih banyak lagi koleksi unik lainnya.

Museum Balanga juga menerima sekitar seribu buah senjata sitaan yang digunakan saat konflk etnis di Sampit tahun 2001 sebagai koleksi historika.

Museum Balanga melayani kunjungan perorangan maupun rombongan pada saat jam kerja, yakni :

  • Senin-Kamis¬†: 07.00 – 14.00
  • Jumat¬†: 07.00-10.30
  • Sabtu¬†: 07.00-2.30

Untuk rombongan sebaiknya anda menghubungi museum via surat, fax ataupun telpon agar pelayanan selama kunjungan di museum dapat maksimal. #Keinginanketiga Berfoto happy

2. Makanan Khas Kalimatan Tengah

Jika anda ingin berwisata dan juga ingin berpetualang berikut ini adalah beberapa tempat yang harus anda kunjungi.
Jika anda pergi ke palangkaraya jangan lupa untuk berwisata di susur sungai kahayan yang menggunakan kapal dari kayu besi. Nanti disana anda akan melewati yang namanya kampung khas yang berada di kalimantan misalnya saja rumah diatas sebuah batang kayu apabila lagi naik rumahnya pun ikut naik juga dan apa bila airnya surut maka rumahnya pun ikut turun mengikuti air , cukup keren bukan….?
Next selanjutnya untuk makanan khas kuliner di palangkaraya tentu anda akan kaget seperti sayur asam dari umbut rotan atau pucuk dari tumbuhan yang disayur diberi nama sayur kalakai. Sayur sayur tersebut sepertinya terlihat enak dan ternyata berkhasiat sangat bagus juga buat anda yang kekurangan darah atau yang di kenal yang namanya gula darah.Kota palangkaraya ini juga dilintasi oleh sebuah sungai kahayan dan juga ini adalah termasuk urat nadi dari palangkaraya sebelum adanya jalan transkalimantan. Untuk sungai yang ada disana tentunya ada berbagai macam jenis ikan dan juga berbagai macam jenis udang.
Ikan yang sangat enak untuk santapan menurut yang saya baca dari banyak referensi adalah : ikan baung, ikan patin , ikan lais, ikan papuyu dan ikan gabus. Ikan ikan tersebut ini bisa hidup secara liar dan tentunya memiliki rasa yang lezat sekali jika dimasak dengan resep ala chef top cer…! Kalau untuk udang sendiri tentunya yang paling khas di palangkaraya yaitu udang galah yang memiliki bentuk yang lumayan cukup besar. Untuk urusan resep bahan bahan dasar seperti ikan gabus, ikan baun, udang galah dan sebagainya sangat enak jika disajikan dalam bentuk di panggang dan yang tambah enaknya lagi yaitu dimakan dibawah pepohohan dan juga di pinggir pinggir sungai sehingga anda akan menyatu dengan alam xiixi , kok jadi pengen beneran nih kesana….!

Untuk kuliner ditempat ini saya mempunyai keinginan untuk makan udang galah sambil berfoto dibawah pepohonan dan juga di pinggir pinggir sungai . 2 kenikmatan yang tiada tara yaitu menikmati keindahan alam + menikmati udang galah hehe …:D Emmm mantab nyooss tur yo joss tenan..!¬†#Keinginanempat

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi dan juga makanan khas kuliner yang bisa anda santap jika ada berkunjung berwisata berpetualang di kota palangkaraya tersebut.

Wisata yang ada di Palangkaraya

  1. Wisata Susur Sungai Kahayan
  2. Bukit Alam tangkiling
  3. Bundaran Besar, Bundaran Kecil dan Bundaran Burung
  4. Rumah Betang (rumah adat khas dayak ngaju)
  5. Musium Balanga

Rumah Makan Yang Khas di Palangkaraya

  1. RM. Kampung Lauk, jl. Trans Kalimantan arah Gunung Mas di Pahandut Seberang
  2. Kum-Kum, Jl, Tran Kalimantan arah Gunung mas di Pahandut Seberang
  3. RM. Pelangi jl. Dr murjani palangkaraya
  4. Rm. Alan jl. Dr Murjani Palangkaraya
  5. RM Fadli jl. Yos Soedarso Palangkaraya
  6. RM makan AA, jl. Yos soedarso Palangkaraya

Budaya

Berikut ini adalah beberapa budaya yang terdapat di kota palangkaraya yang mungkin bisa menambah wawasan anda.

  1. Ritual Tiwah , apa yang anda pikirkan tentang ritual tersebut..? ya ritual tersebut adalah prosesi yang menghantarkan roh leluhur sanak saudara yang telah meninggal ke alam baka. Berdasarkan yang saya baca baca di internet untuk caranya yaitu dengan menyucikan dan memindahkan sisa sisa jasad dari liang kubur ke tempat yang disebut dengan sandang. Pada ritual ini tentunya kesiapan keluarga untuk finansialnya sangat penting .
  2. Rumah Betang.
    Rumah Betang
    Rumah betang ini berada di kalimantan tengah dimana memiliki bentuk yang cukup unik yaitu dengan memiliki bentuk memanjang ke belakang hingga 200 m ,kemudian bertiang panggung dari kayu ulin dengan diameter lebih dari 50 cm. untuk tingginya sendiri rumah betang ini memiliki tinggi sekitar 1,5 meter yang beratapan sirap dan kayu ilin. Oya biasanya rumah betang yang memiliki ukuran luas ini hanya di bekali dengan satu pintu untuk masuk dan keluar…? Why kok unik ya …? ixixi Ternyata hal ini ada alasanya yaitu supaya penghuni rumah mampu mengenal penghuni lainnya dengan dekat , jadi begitu to ceritanya… ūüėÄ cukup unik juga ya budaya yang ada di kota palangkaraya .
  3. Rumah Lamin
    Rumah lamin
    Rumah Lamin¬†Adalah rumah adat yang menurut saya terlihat agak unik yang berasal dari kalimantan timur. Rumah lamin adalah rumah adat dayak Kata “Rumah Lamin” ini memiliki arti yaitu rumah panjang kita semua.¬†Perlu diketahui bahwa rumah ini digunakan untuk dari beberapa keluarga yang tergabung menjadi satu keluarga besar. Cari yang paling menonjol pada rumah lamin yaitu berbentuk panggung dengan memiliki ketinggian kolong sampai 3 meter. Untuk denahnya sendiri memiliki bentuk segi empat memanjang dengan atap pelana. Pada bagian gevel diberi teritis dengan kemiringan yang lumayan cukup curam. Pada bagian tiang tinga rumahya juga terdiri dari 2 bagian , untuk bagian yang pertama yaitu menyangga rumah dari bawah samapi atas , sedangkan untuk bagian kedua merupakan tiang kecil yang mendukung balok balok lantai panggung . Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, baik desain tiang utama atau tiang pendukung yang berada di bagian kolong terkadang ada yang diukir denganbentuk patung patung yang bertujuan untuk mengusir gangguan roh jahat.
  4. Rumah Banjar
    Rumah Banjar
    Rumah adat berikut ini diberi nama dengan istilah “Rumah Banjar” atau biasa disebut juga dengan ” Rumah bubungan tinggi “ karena memiliki bentuk pada bagian atapnya yang terlihat lancip dengan sudut kurang lebih sekitar 45¬ļ.
    Bangunan gambar diatas diperkirakan sudah ada sejak abad ke 16 , dari data yang saya baca dari berbagai blog . Cerita awalnya yaitu ketika daerah banjar dibawah kekuasaan pengeran samudera yang kemudian memeluk agama islam dan mengubah namanya menjadi sultan suriansyah dengan gelar panembahan batu habang. Sebelum memeluk agama islam Sultan suriansyah tersebut menganut agam hindu . Baliau juga pernah memimpin kerajaan banjar pada tahun 1596 – sampai tahun 1620.
    Untuk adat tariannya juga tidak kalah menarik dan cantik dengan tarian budaya lainya. Contohnya saja ada yang namanya Tari Perang. Tarian yang satu ini juga berasa dari kalimantan timur dimana tarian ini kurang lebih menggambarkan peperangan dua orang pemuda dalam memperebutkan seseorang gadis yang diimpikannya.
  5. Tari Gong
    Tari Gong
    Tarian adat ini berasal dari kalimantan timur. Seperti yang anda lihat pada gambar diatas cukup unik bukan , oya tarian ini biasanya ditarikan hanya saat saat tertentu saja misalnya dalam upacara penyambutan tamu agung atau pada upacara kelahiran anak dari seorang kepala suku. Kok aku jadi pengen foto bareng mbak2nya diatas ya xixi ūüėÜ ¬†¬†#Keinginanlima
  6. Isen Mulang
    Isen Mulang
    Isen Mulang adalah salah satu budaya Tarian khas dan juga kegiatan tahunan yang diadakan oleh pemerintahan propinsi kalimantan tengah untuk memamerkan seni budaya dan hasil kerajinan dan juga keungulan daerah daerah di kalimantan tengah. Selain itu juga kegiatan ini termasuk pementasan seni dan budaya dayak kalimantan tengah juga pameran kreasi dan kerajinan UKMK.
  7. Tari Baksa Kembang
    Tari Baksa Kembang
    Lha nek tarian yang dibawah ini berasal dari daerah kalimantan selatan . Kalau dilihat lihat gambar diatas seperti tarian ini mengenakan pakaian khusus ,yang tak lihat pada gambar diatas menggunakan warna hijau dan tentunya berseragam. Tarian baksa kembang biasanya digunakan untuk menyambut tamu agung yang akan datang ke daerah kalimantan selatan. Para penarinya sendiri terdiri dari para wanita yang dapat ditarikan beramai ramai atau sendirian. Tari baksa kembang ini menggambarkan mengenai seorang putri yang sedang memetik bunga di taman kemudian di iringi dengan tabuhan gamelan khas ala banjar dan busana yang penuh manik manik yang sangat anggun jika dilihat
  8. Wadian
    Wadian Bawo

    Wadian Bawo

    Pada Zaman dahulu kala, saat pengobatan medis tidak semaju sekarang, Sebagian orang banyak yang menggunakan dan juga memanfaatkan jasa wadian guna untuk mengobati sakit yang mereka derita. Untuk prosesnya sendiri memakan waktu yang lumayan cukup lama khususnya untuk yang menderia penyakit yang parah sedangkan untuk yang biasa saja biasanya tidak membutuhkan waktu yang lumayan cukup lama. Oya perlu diketahui juga bahwasanya upacara wadian ini ternyata dapat berlangsung selama 1 minggu lebih. Beberapa Jenis tarian wadian antara lain Wadian Pangunraun (Pangunraun Jatuh,Pangunraun Jawa),Wadian Dapa,Wadian Tapu Unru, wadian dadas, wadian bawo, wadian bulat. Selain menjadi media untuk pengobatan tarian wadian juga telah dikembangkan sedemikian rupa menjadi salah satu kesenian daerah yang dapat dinikmati sebagai sebuah atraksi kesenian yang sangat menarik. Nah ini yang bikin saya penasaran dan ingin sekali mengunjungi kota palangkaraya xixixi .

OK Next berikutnya adalah hal yang paling saya tunggu tunggu yaitu perjalanan menuju kota pelangkaraya dengan mobil daihatsu terios..? Kenapa harus menggunakan mobil yang satu ini ..? berikut ini adalah ulasan saya.

Mobil yang satu ini adalah berjenis mini SUV dimana mempunyai desain yang tampak lebih gagah dan juga tampilan karakter yang luar biasa untuk daihatsu terios 2015 dengan penampilan yang tampak eklusif dan juga elegan lha piye kon ora elegan ..? coba anda perhatikan gambar dibawah ini

Mobil daihatsu terios terbaru

Kesan yang pertama saya lihat langsung wahh…! Mobil e ketok megah dan mewah .¬†Mobil buatan daihatsu ini dibekali dengan segudang fitur dan juga memiliki desain exterior dan interior yang tampak lebih modern ,elegant,dan terlihat lebih gagah. Mobil daihatsu terios¬†ini juga bisa memuat sekitar 7 penumpang yang berada di dalamnya.Dengan memuat 7 penumpang tentunya mobil ini sangat cocok untuk digunakan bersama keluarga anda,selain itu juga¬†bisa menemani anda untuk pergi ke manapun anda pergi baik untuk berkunjung ke desa maupun ke kota karena mobil daihatsu terios ini mempunyai spesifikasi mesin yang cukup tangguh karena di dalamnya di bekali dengan mesin yang mempunyai kapasitas 1500cc.

Mobil daihatsu sendiri mengeluarkan beberapa varian atau tipe untuk daihatsu terbaru tipe tersebut diantaranya yaitu New Terios X, New Terios X-Extra, kemudian New Terios R, dan varian terakhir sekaligus tipe yang paling mahal , yaitu New Terios Adventure. Oya untuk setiap beberapa tipe yang saya sebutkan diatas memiliki beberapa keunggulan dan juga kelebihan yang berbeda beda. Mobil daihatsu terios 2015 ini hadir dengan menawarkan 2 pilihan jenis transmisi yaitu matic (automatis) dan juga transmisi manual .

Perbedaan Tipe Daihatsu Terios X, X-Extra, R dan R-Adventure

Terios Rajanya mobil berpetualang

  1. Mobil New Terios X
    Daihatsu Terios X

    Mobil tipe X ini memiliki versi standar new terios untuk segi perubahanya anda bisa lihat pada desain bumper bagian depan dan juga bagian belakang yang baru, headlamp yang sudah menggunakan projector baru , lampu belakang jenis LED, bagian kap mesin dengan desain baru, side body moulding , roof antena , dan dibekali dengan velg kaleng yang berukuran sekitar 16 inci.
    Untuk bagian dalam kabin mobil ini terdapat desain jok baru , sun glass holder , fitur kursi baris kedua yangbisa di geser dan one touch umble . Ac double blower , electric power sterring dan seatbelt dengan high adjuster. Untuk fitur keselamatan juga dibekali dengan dual SRS Airbag, pretension seatbelt , child safety lock, kemudian ada head rest kursi baris ketiga , side impact beatm, dan ditambah juga dengan fitur windows jam protection yang memiliki fungsi agar tangan tidak terjepit saat menutup kaca jendela pada mobil.
    MObil ini dibanderol dengan harga kurang lebih sekitar Rp 186,800.000 juta OTR Jakarta dan untuk transmisi hanya tersedia manual transmission.
  2. New Terios X-Extra
    Daihatsu Terios X-Extra

    Untuk tipe mobil ini sudah memiliki semua kelengkapan yang terdapat pada mobil daihatsu terios tipe x . Yang menjadi perbedaan adalah ada penambahan pada bagian tutup velg , cover ban cadangan , footstep , spion yang sudah di lengkapi dengan lampu sein sehingga tampilan lebih sporty dan elegant.
    Pada bagian interiornya mobil ini terdapat head unit audio 2 DIN , terdapat juga sempat buah speaker untuk fitur hiburan selain itu juga di bekali dengan sensor parkir mundur dan alarm . Cukup lengkap untuk mobil keluarga. Mobil X -Extra hadir dengan 2 pilihan jenis transmisi yaitu manual dan juga automatis. Untuk mobil yang menggunakan tramisi manual dibanderol dengan harga cukup murah yaitu Rp 197 ,100.000 juta sedangkan untuk jenis transmisi automatis dibanderol dengan harga RP 209.000.000 juta
  3. New Terios R
    Daihatsu Terios R

    Untuk Mobil New terios R yang menjadi perbedaan dengan seri sebelumnya yaitu memiliki tampilan yang lebih sporty karena ada beberapa penambahan pada bagian exterior seperti grill krom, frog lamp, roof rail, talang air, body kit sporty, rear spoiler, dan wiper belakang. Sedangkan untuk bagian kaki kaki mobil di balut dengan velg alloy yang mempunyai ukuran 16 inci.
    Bagian interior sendiri terdapat headlamp light warning, head unit touch screen, audio steering switch , spion otomatis yang bisa dilipat.
    Mobil ini hadir juga dengan fitur ABS yang tersedia untuk tipe transmisi jenis automatic. Harga mobil daihatsu terios R di banderol dengan harga Rp 219,400.000 untuk jenis transmisi manual sedangkan untuk jenis transmisi automtic di banderol dengan harga Rp. 233,500.000
  4. New Terios R-Adventure
    Daihatsu Terios R Adventure

    Mobil tipe ini adalah tipe tertinggi dan memiliki fitur yang super komplit. Untuk segi perubahannya tentunya terlihat pada bagian body kit seperti front guard, grill, berlampis crome, muffler cutter, side stone guard, lampu yang di lengkapi dengan fitur Daytie runnning light (DRL).
    Untuk desain interiornya hampir sama dengan yang tipe New Terios R yaitu terdapat fitur kamera mundur. Untuk harganya sendiri mobil New terios R Adventure di banderol dengan harga lumayan yaitu Rp 229,500.000 untuk jenis transmisi manual sedangkan untuk jenis transmisi automatic di banderol dengan harga RP. 243,500.000

Berikut ini pembahasan detail mengenai beberapa yang anda dapatkan jika membeli mobil terios

Dibekali dengan Desain Exterior yang Fresh dan Semakin Gagah.

Selain yang sudah saya jelaskan diatas tadi, daihatsu terios 2015 ini dibakali dengan adanya front bumber guard with skid plat yang terletak pada bagian bumber depan dengan adanya front bumber tersebut daihatsu terios 2015 ini tampak lebih tangguh dan lebih aerodinamis. Tampilan mobil ini juga semakin OK dari versi sebelumnya dengan dimensi mobil yang berukuran 4,385 x 1,695 x 1,695 (mm) untuk tipe TS dan berdiamensi 4,385 x 1,745 x 1,740 (mm) untuk tipe TX. Dimensi mobil tersebut tentunya akan membuat tampil semakin gagah. Untuk Bagian projector headlamp bagian depan juga dibekali dengan cahaya yang maksimal tentunya dengan tidak menyilaukan mata. Untuk bagian kaki kakinya mobil ini di bekali dengan ukuran ban 215 / 65 R15 dan desain allow wheelyang membuat mobil terlihat lebih modern selain itu juga membuat bagian kaki kaki mobil ini terlihat stabil dan mewah.

Untuk Desain Daihatsu terios X memiliki desain kap mesin baru dan juga roof antena baru serta side body moulding. Sedangkan untuk desain daihatsu terios 2015 tipe X-Ektra , daihatsu menambahkan tutup pelek dan lampu sein pada spionnya. Lain halnya untuk yang tipe adventure ,untuk perubahaan pada daihatsu terios 2015 untuk tipe adventure nampak bagian mencolok khususnya bagian perlindungan bumber yang terletak di bagian sisi depan dan juga pada bagian sisi belakang . Selian itu varian daihatsu terios adventure adalah varian yang memiliki harga yang paling mahal karena di rombak dengan adanya grill berlapis crome yang semakin menguatkan style “adventure”. Untuk bagian exterior yang lain spesifikasi daihatsu terios ini tidak terlalu banyak mengalami perbedaan yang mencolok.

Berikut ini adalah penampakan daihatsu terios adventure yang sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh , moga2 aja bisa naik mobil ini kalau menang kontesnya heheh ūüėĬ†#Keinginanlima

New Terios 2015

Dibekali Interior Yang Menghibur dan Kenyamanan yang Mantab

Pada bagian interiornya mobil ini memiliki spesifikasi yang cukup banyak segudang fitur dan juga teknologi canggih disematkan kedalam mobil ini . Fitur fitur tersebut misalnya saja seperti audio/video double din with aux & USB Connector yang membuat berkendara lebih santai dan berwarna . Fitur hiburan yang ditawarkan daihatsu sangat lengkap karena anda bisa menyetel video atau lagu kesukaan di dalam mobil new terios 2015 ini dengan smartphone /tablet yang anda miliki.

Dengan adanya beberapa varian yang ditawarkan mobil daihatsu tentunya pilihan mobil mini SUV ini bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan . Masing masing varian mobil baru racikan daihatsu dibekali dengan fitur fitur canggih yang menjadi unggulannya. Sebagai contoh pada tipe terios X , walaupu varian ini adalah kelas rendah (memiliki harga yang lumayan agak murah) tapi mobil ini disematkan dengan jok baru  ,dan juga sun glass holder. Selain itu juga dari sisi safety mobil ini di bekali dengan dual SRS Airbag dan juga seatbelt khusus buat anak anak. Beda lagi dengan varian tipe X daihatsu terios X-Extra memiliki sistem audio 2 DIN lengkap dengan empat buah speaker yang ada di dalamnya tentunya hal ini akan membuat perjalanan anda lebih asyik lagi . Selai itu untuk tipe X-Ektra dilengkapi juga dengan backsonar atau sensor mundur saat parking mobil. Untuk Daihatsu tipe R ini lengkapi dengan kursi baru pada bagian kemudi mobil yang ada kantungnya, ada handel di pintu yang berlapis krom yang semakin membuat interiornya lebih berkesan elegant. Pada sisi safety mobil terios R ini juga dilengkapi dengan fitur ABS untuk transmisinya juga tersedia automatic dan juga alarm. Nah untuk tipe yang terakhir yaitu daihatsu terios adventure adalah varian yang paling memiliki harga cukup mahal dan juga fitur yang lebih lengkap.

Dibekali dengan Mesin VVT-I DOHC 1500cc yang Bertenaga

Kita lanjutkan pada bagian sisi mesin mobil ini memiliki 2 jenis transmisi yaitu manual transmission dan automatic transmission . Dibekali dengan mesin bertipe 3SZ-VE DOHC dengan kapasitas 1495cc dan Teknologi VVT-I, dengan mesin tersebut bisa menghantarkan tenaga yang optimal selain itu untuk bahan bakarnya lebih irit. Perusahaan daihatsu sendiri mengklaim bahwa mobil All new terios 2015 ini lebih irit sekitar 6 % dari versi sebelumnya. Oya mobil ini mempunyai tenaga maksimal bisa mencapai sekitar 109PS/6000 rpm dengan torsi maksimal sekitar 14,4 /4400 . Kemampuan mobil daihatsu terios ini memang sangat mumpuni dan sangat cocok untuk diajak jalan jalan diarea yang ada banyak belokan , turunan dan tanjakan. Untuk melihat detail spesifikasi yang ditawarkan oleh daihatsu anda bisa lihat tablet dibawah ini :

SPECIFICATIONTSTX
A/TM/TA/TM/T
DIMENSI
Panjang x Lebarx Tinggi keseluruhan(mm)4385 x 1695 x 16954,385 x 1,745 x 1,740
Jarak sumbu roda(mm)2685
Jarak pijak roda depan/belakang(mm)1445/1460
Tinggi dari tanah(mm)200
BERAT
Berat kosong/Total Kendaraan(kg)1,180 / 1,6151,170 / 1,5901,215 / 1,6251,200 / 1,615
KAPASITAS TEMPAT DUDUK7
PERFORMA
Radius putar minimum(m)5.2
MESIN
Tipe3SZ-VE DOHC VVT-i Berpendingin air
Kapasitas silinder(cc)1495
Jumlah katup16
Diameter x langkah(mm)72.0 x 91.8
Tenaga maksimum(ps/rpm)109/6000
Torsi maksimum(kg – Nm/rpm)14.4/4.400
Sistem bahan bakarEFI (Electronic Fuel Injection)
Jenis bahan bakarBensin Tanpa Timbal
Kapasitas tangki bahan bakar(Liter)45
TRANSMISI
TipeOtomatis, 4 kecepatan majuManual, 5 kecepatan majuOtomatis, 4 kecepatan majuManual, 5 kecepatan maju
Perbandingan gigiI: 2,731I: 3,769I: 2,731I: 3,796
II: 1,526II: 2,045II: 1,526II: 2,045
III: 1,000III: 1,376III: 1,000III: 1,376
IV: 0,696IV: 1,000IV: 0,696IV: 1,000
V: 0,838V: 0,838
R: 2,290R: 4,128R: 2,290R: 4,128
Rasio gigi akhir5.8575.5715.8575.571
SISTEM KEMUDI
TipeRack & Finion dengan Electric Power Steering
REM
Depan / Belakang / Rem ParkirCakram (disc) dengan booster drum,leading & trailing
SUSPENSI
DepanMacPherson Strut dengan per keong & stabilizer
Belakang5-link, rigid-axle dengan per keong
BAN
Ukuran215/65 R16
TipeAlloy Wheel

Tips Memilih Mobil Untuk Berpetualang

Tips Memilih dan ciri Mobil Berpetualang

Perjalanan Saya Kalau Menang

Terios 7 Wonders

Kesimpulan:

Secara keseluruhan sudah saya jabarkan semuanya baik itu mengenai tempat wisata palangkaraya ,makanan khasnya , budayanya selain itu juga beberapa keunggulan mobil daihatsu terios . Mobil ini adalah salah satu mobil impian yang ingin saya miliki karena cocok sekali untuk keluarga.

Bagi anda yang mempunyai keinginan pergi ke palangkaraya baik itu untuk berwisata atau menambah wawasan ,cobain deh enaknya naik mobil daihatsu terios ini. Walaupun saya belum pernah kesana tapi saya sebagai blogger otomotif tahu mobil mana yang cocok untuk perjalanan wisata anda. Mobil daihatsu terios juga memiliki ketinggian dari tanah sekitar 200 mm kalau di cm kan kurang lebih sekitar 20 cm jarak tanah ke area mobil yang sangat cocok untuk di ajak berpetualang.

Mengexplore Pulau Kalimantan memang tidak ada habisnya banyak sekali tempat wisata disana , Kalimantan atau Borneo adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi

Daihatsu Terios memang sangat cocok untuk mengexplore tempat tempat wisata dan Sahabat Petualang

Sebagai tambahan dan sekaligus penutup postingan ini saya akan memberikan beberapa daftar tempat menarik yang ada di pulau kalimantan/borneo. Ajaibnya tempat ini adalah yang di rekomendasikan google.com ..? What….! Google mesin pencari saja memberikan rekomendasi itu artinya tempat tempat dibawah ini wajib untuk dikunjungi ..!

Ini dia Tempat Menarik di kalimantan

 

 

Ini dia Tempat yang Menarik di kalimantan

 

Sebagai tambahan lagi untuk anda yang masih bingung ingin mencari tempat wisata yang bagus monggo baca tips saya dibawah ini :

  1. Pertama anda bisa buka browser kesayanganmu (Crome, firefox,opera) di smarthone atau laptop
  2. Kemudian kunjungi mesin pencari google.com
  3. Setelah itu anda tinggal ketik saja¬†query atau keyword di kotak pencarian ” tempat menarik di kalimantan” jika ingin mencari tempat wisata yang ada di pulau kalimantan, terus bagaimana untuk pulau2 yang lain ..? hampir sama tinggal ketik aja ” tempat menarik di jawa “
    Tempat Wisat di jawa
  4. Hasilnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini , semua tempat wisata yang ada di pulau jawa langsung nampil dengan seketika, contohnya borobudur. Hebatnya lagi setiap tempat wisata yang anda klik sudah ada penjelasannya bahasa gaulnya sih deskripsinya ¬†heheh ūüėÄ ,anda cukup melakukan klik pada tempat wisata yang anda inginkan pada gambar dibawah ini , sebagai contoh dibawah ini saya melakukan klik tempat menarik dipulau jawa “borobudur”,maka nanti disebelah kanan muncul kotak yang isinya tentang semua penjelasan tempat wisata borobudur.
    Tempat wisata di pulau jawa
  5. Oiya perlu diingat bahwa untuk melakukan tips diatas , saya anjurkan anda untuk meng sign out dulu akun google + (email anda) apa bila anda masih dalam keadaan masuk akun email maka tidak bisa tampil seperti gambar diatas.

Nah kira kira begitu caranya hehe ūüėÄ cukup simple dan mudah bukan, apa lagi bagi anda yang sudah memiliki mobil daihatsu terios anda bisa menjelajah (berpetualang) ke tempat tempat yang anda inginkan diatas. Tapi ya itu ..! Ujung ujungnya Uang ūüôĀ , jangan sedih dulu ,kalau sudah namanya hobi tentunya kita akan berfikir bagaimana memutarkan uang .

Traveling itu gak segampang yang dipikirkan dan juga gak sesulit untuk dilakukan #opoiyo

Intinya jika kita ingin mengejar impian maka hal yang harus kita lakukan adalah NIAT > TEKAD > PASSION. begitulah ilmu yang saya dapatkan dari mas setia furqon kholid seorang trainer termuda di indonesia.

Niat¬†yang saya maksudkan disini tentunya harus niat dengan sungguh sungguh ,yang membara bara contohnya saat saya mengikuti kontes blog ini niat saya adalah ingin sekali menang kontes dan bisa berfoto foto sama blogger traveller dibawah ini selain itu bisa berfoto sama mobil daihatsu terios impian saya hehe ūüėÄ ,jadi nanti serasa punya mobil sendiri ixixixi ūüėÄ
Blogger TravellerTekad yang membara bara akan membuat kita semangat dan memberikan energi yang positif kepada diri kita untuk menggapai impian. Contoh tekad adalah apapun yang terjadi ,hambatan dan rintangan yang mungkin akan terjadi pada diri kita (maksudnya adalah bersaingan dengan kompetitor/blogger lain ) maka tetep optimise dengan karya terbaik kita.

Passion¬†adalah kuncinya, karena saya seorang blogger otomotif jadi sudah sedikit tahu passion saya dimana dengan begitu menulis berapapun kata ya tetap enjoy aja xixixi ūüėÄ .Passion ini sangat penting untuk pengembangan diri kita agar apa yang akan kita ciptakan , sesuatu karya yang dihasilkan dengan potensi yang kita miliki maka dengan hasil terbaik ,fokus pada solusi terbaik.!

OK semoga tulisan saya diatas berguna dan bermanfaat untuk referensi pecinta traveller. Salam buat blogger traveller hehe ūüėÄ

Baca Juga Artikel :

  1. Oli Mobil Terbaik di Indonesia ‚Äď Total Quartz
  2. Oli Motor Terbaik ‚Äď Total Hi-Perf

  3.  Cara Pembayaran Listrik

Referensi :  traveling-kiancantik.blogspot.com,  www.yukmakan.com,syifaamalia.wordpress.com, temyboy.blogspot.com,semisena.com,daihatsu.co.id

Keinginan Untuk Bertualang Keindahan Palangka Raya Dengan Daihatsu Terios | sutopo | 4.5

Leave a Reply